Penerapan Cooperative Learning “Model Examples Non Examples” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pelaksanaan Operasi Penanganan dan Pengangkatan Secara Manual

Felix Christian Guba, Danar Susilo, Indah Widiastuti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pelaksanaan Operasi Penanganan dan Pengangkatan Secara Manual melalui penerapan model examples non exampes pada siswa kelas X TP1 SMK Murni 1 Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat   tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TP1 SMK Murni 1 Surakarta yang berjumlah 30 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik Pengumpulan data (data collection), Reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display), Penarikan simpulan (dataverification). Peningkatan hasil belajar tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa dan jumlah siswa yang tuntas belajar pada setiap siklusnya, berdasarkan kriteria  ketuntasan minimal (KKM)    sebesar 75 pada kondisi awal nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68 dengan siswa yang tuntas belajar sebanyak 9 siswa (30%). Kemudian siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 16 siswa (53,33%) dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79 dengan siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa (86,67%).

 

Kata kunci: Model examples non examples, hasil belajar, Teknik Pemesinan

Full Text:

PDF

References

Anni, Catharina Tri dan Achmad Rifa’i. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamzah.(2008). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Lusita Afrisanti. (2011). Juru Sukses Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif dan Inovatif, Araska, Yogyakarta.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.