Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Talking Stick Untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Siswa Kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif type talking stick dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi kegiatan belajar mengajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data dilaksanakan dengan cara analisis tes, dan analisis rata-rata nilai siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dari bulan April 2017 sampai dengan bulan Mei 2017.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative type talking stick dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Hal ini dapat dibuktikan pada kegiatan observasi prasiklus persentase nilai sikap siswa sebesar 20%, setelah penerapan model pembelajaran Cooperative type talking stick pada siklus I meningkat menjadi 50%, kemudian pada siklus II meningkat hingga 80%. Sedangkan prestasi belajar siswa juga terjadi peningkatan dari nilai tes setiap siklus. Pada prasiklus dengan penerapan metode ceramah rata-rata prestasi belajar ranah kognitif sebesar 20% kemudian di siklus I meningkat menjadi 50% dan di siklus II meningkat sampai 80%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative type talking stick dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta.
Kata kunci : Prestasi belajar, Cooperative, Talking Stick.
Full Text:
PDFReferences
Fujioka, K. “The Talking Stick: An American Indian Tradition in the ESL Classroom”, dalam The Internet TESL Journal Vol. IV No. 9, http://iteslj.org/, diakses 21 Maret 2017.
Hilgard, Ernest R. (1984). Theories of learning. New York: Appleton Century, Crafts Inc.
Isjoni, (2011). Cooperative Learning. Bandung; Alfabeta
Kagan (2000) Cooperative Learning Structure.Numbered Heads Together. Diperoleh pada 21 Maret 2017 dari: http;//Alt.Red/clnerwork/numbered.htm
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, R.E.(1995) Cooperative Learning Theory, Research, and Practice Masssachusett. USA: Allymand & Bacon
Slavin, R.E. (2009) Cooperative learning Teori, riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Smith, S. (1970). Educational Psychology. New York: Harper and Row Publishers
Suryabrata, Sumadi. (2002) Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali
Refbacks
- There are currently no refbacks.