PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING STRATEGI (CLS) TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN MATA PELAJARAN MESIN GERINDA DI SMK MURNI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Nasrul Nasrul, Budi Harjanto, Basori Basori

Abstract

ABSTRAK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING STRATEGI (CLS)TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINANMATA PELAJARAN MESIN GERINDA DI SMK MURNI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi  : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesrsitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Strategi (CLS) Tipe Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mesin Gerinda kelas XI Teknik Pemesianan SMK Murni 1 Surakarta.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus, disetiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi kegiatan belajar mengajar.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Murni 1 Surakarta yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi,dokumentasi dan tes. Sedangkan analisis data dilaksanakan dengan cara komparatif dan deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Strategi (CLS) Tipe Group Investigationdapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mesin Gerinda. Hal ini dapat dibuktikan pada kegiatan observasi prasiklus presentase keaktifan siswa sebesar 61,85%, setelah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Strategi (CLS) Tipe Group Investigation pada siklus 1 meningkat menjadi 72,26% kemudian di siklus II meningkat sampai 79,73% . Sedangkan hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan dari nilai tessetiap siklus. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar ranah kognitif sebesar 61,53% kemudian di siklus I meningkat menjadi 71,92% dan di siklus II meningkat sampai 79,42%. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Strategi (CLS) Tipe Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Murni 1 Surakarta.

 

Kata kunci :           Keaktifan belajar, hasil belajar, Cooperative Learning Strategi (CLS) Tipe Group Investigation.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.