PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DI SMK PANCASILA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Aslizar Aslizar, Danar Susilo Wijayanto, Basori Basori

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Untuk Siswa Kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.  Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru,siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan ahli media.  Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa  penggunaan media pembelajaran dengan alat peraga pada mata pelajaran gambar teknik mesin dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kondisi awal  adalah 46,6 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 26,7%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,06 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 53,33%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 79,86 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 86,67%.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Alat Peraga, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.