PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SISWA KELAS X TPM 2 SMK PANCASILA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Ahmad Satria Ramadhan Betawi, Ranto Ranto, Agung Pambudi

Abstract

Ahmad Satria Ramadhan Betawi. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW  UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA SISWA KELAS X TPM 2 SMK PANCASILA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017, Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas X TMP 2 SMK Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penilitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TPM2 SMK Pancasila Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data  dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data dilaksanakan dengan cara  deskriptif komparatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dari bulan Januari 2017 sampai bulan Mei 2017. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Keaktifan belajar siswa pada prasiklus belum ada target yang tercapai, kemudian setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada  siklus 1 ada 2 indikator yang memenuhi target, dan pada siklus 2 semua indikator memenuhi target. Pada prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa 33%. Setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siklus 1 ketuntasan siswa meningkat menjadi 63%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 87%. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja kelas X TPM 2 SMK Pancasila Surakarta.

 

Kata Kunci: keaktifan belajar, hasil belajar, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, kooperatif tipe Jigsaw.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Bahri, Djamarah Syaiful. (2011). Hasil Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Dimyati & Mudjiono.(2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Given, Lisa M. (editor). (2008). The Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods. Thousand Oaks: Sage

Hizam, Ibnu. (2006). Kooperatif Learning Metode Jigsaw (Orientasi dan Aplikasinya Dalam KBM). Jurnal Studi Pendidikan STAI Muhammadiyah Bima, III(2), 64

Ifa, Maria. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2 (2), 715-722

Jihad, A. & Haris, A. (2013).Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Marno & M, Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Martinis Yamin. (2007). Klat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Perss

Masitoh, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan IslamDepartemen Agama Republik Indonesia, hal. 233

Nugroho, S. Adi. (2015). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Wondershare Quiz Creator Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SD Negeri 2 Pacarmulyo. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Nurhayati, Ayu Mei. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Jenis Tanah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Siswa Kelas V SDN Bakipandeyan 01 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta

Pranata, Angga. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Cahaya.Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Poros Penggerak Roda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Tkr Di Smk Pgri 1 Lamongan. JPTM, 02 (03) Tahun 2014, 92-96

Rahman, M. W. Fathur. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik Pada Materi Lagu Nusantara Kelas VIII E SMPN 3 Sidayu Gresik.Jurnal Pendidikan Sendratasik, Vol.3, 138-163

Rahmat, Pupu Saeful. (2009). Penelitian Kualitatif.Equilibrium, 05 (09), 1 – 8

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rusno. (2011). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Akuntasi Universitas Kanjuruhan Malang Tahun 2011. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, 107 – 116

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Situmorang, Chaidir. (2003). Mengikuti Prosedur Menjaga Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Slavin, E. Robert.(2008). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Susanti, Dewi. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X TKJ 1 SMK Negeri Kayuagung. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta

Susanti, Dewi. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas X Tkj 1 SMK Negeri 1 Kayuagung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik InformatikaUniversitas Negeri Yogyakarta

Sutrisno dan Rusmawan Ruswandi. (2007). Prosedur Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Yudistira

Tarwaka. (2008). Keselamatan Dan Kesehatan Kerja: Manajemen Dan Implementasi K3 Di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliatun, Tri. (2014). Hubungan Minat Belajar Dan Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Ekonomi Pada SMA N 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. FKIP Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.