Pembuatan Genteng Beton Berkonsep Eco-Friendly Materials Menggunakan Abu Sekam Padi dan Limbah Polyethylene Terephthalate (PET)

Febriesa Tri Nugroho, Muhammad Faisal Husaen, Eko Wahyu Rully Prabowo

Abstract

Atap merupakan bagian bangunan yang sangat penting, karena berfungsi sebagai “dinding” kelima suatu bangunan. “Dinding” kelima ini memiliki fungsi sebagai payung dan pelindung dari panasnya terik matahari. Bahan penutup atap sangat beragam diantaranya genteng keramik, genteng beton, dan genteng tanah liat. Genteng beton memiliki kelemahan dalam sisi bobot yang terlalu berat dan sering terjadi kebocoran (karena adanya retak pada genteng beton). Masalah lain yang timbul adalah material-material yang dipakai dalam pembuatan genteng beton tidak selamanya tersedia, sehingga penulis berupaya untuk mengatasi hal di atas dengan penggantian sebagian semen dengan abu sekam padi, dan mengganti sebagian pasir dengan limbah polimer polyethylene terephthalate (PET). Dengan penggantian sebagian material dengan bahan di atas, maka diharapkan genteng beton menjadi lebih ringan dan kedap air (tidak mudah bocor). Dikarenakan, iklim di Indonesia yang tropis (2 musim) sehingga sangat cocok dengan inovasi ini. Selain itu penggantian sebagian material di atas bisa mengatasi kelemahan genteng beton serta mengurangi jumlah limbah plastik PET, sehingga menjadikan beton suatu material eco-friendly. Metode yang kami gunakan dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini adalah metode kajian pustaka, yaitu menggunakan hasil-hasil penelitian atau pengujian pihak lain sebagai dasar pengembangan ide atau gagasan kami. Hasil dari pengembangan ini didapatkan bahwa berdasarkan beberapa penelitian yang dijadikan bahan pengembangan penambahan abu sekam padi bisa menambah kekuatan tekan beton dan Polyethylene Terephthalate (PET) bisa menambah daya tahan genteng terhadap rembesan air dan menjadikan genteng beton lebih ringan.

 

Kata Kunci : Genteng Beton. Abu Sekam Padi, Limbah Polyethylene Terephthalate (PET), Eco-friendly

Full Text:

PDF

References

Lakum. C, K (2008). Pemanfaatan abu sekam padi sebagai campuran untuk peningkatan kekuatan beton.

Lubis, L.S.K (2004). Pengaruh penggunaan abu sekam padi sebagai material pengganti semen terhadap kuat tekan dan kuat tarik beton.

Rofiqi, M.A (2015). Penggunaan abu sekam padi sebagai material Pengganti semen dan limbah serbuk marmer Sebagai pengisi pada campuran beton.

SNI 0096-2007 Genteng Beton

Suprasman. Errniyati (2006). Kuat tekan mortar dengan penambahan abu sekam padi sebagai pengganti sebagian semen.

Wicaksono, A.P(2014). kajian kuat tekan, kuat tarik, kuat lentur, dan redaman bunyi pada panel dinding beton ringan dengan agregat limbah plastik pet dan limbah sekam padi.

Zacoeb, A. (2013). Pemanfaatan Limbah bottom ash sebagai pengganti semen pada genteng beton ditinjau dari segi kuat lentur dan perembesan air. JTS Universitas Brawijaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.