Peran Alumni Sebagai Public Private Partnership Dunia Pendidikan

Nur Aini Susanti, Muchlas Samani

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Semakin maju pendidikan maka semakin maju pula suatu negara. Melalui pendidikan masyarakat memperoleh pengetahuan dan kompetensi sebagai bekal bekerja di industri. Pendidikan harus selaras dengan kemajuan teknologi serta berorientasi pada dunia kerja yang menghasilkan lulusan yang berkompeten sesuai kebutuhan dunia industri. Lulusan atau alumni merupakan produk yang telah melewati proses panjang pembelajaran. Lembaga pendidikan tidak bisa bekerja sendiri untuk meningkatkan mutu pendidikan, perlu adanya kemitraan yang sinergi antara pemerintah, industri dan alumni. Alumni sebagai sasaran mutu pendidikan, merupakan  media evaluasi pembelajaran, sebagai tolak ukur kualitas dari lembaga pendidikan dan sebagai public private partnership pendidikan. Alumni diharapkan memberikan informasi tentang kompetensi yang dibutuhkan dunia industri sehingga mampu menjembatani industri dan dunia pendidikan. Alumni merupakan informan tentang kebutuhan industri merupakan tujuan utama pendidikan vokasi. Rumusan masalah sebagai berikut: 1) Apa arti alumni sebagai public private partnership pada dunia pendidikan? 2) Bagaimana peran alumni sebagai public private partnership pada pendidikan vokasi? Penelitian ini merupakan kajian literatur menggunakan analisis deskriptif. Tujuan penulisan makalah ini adalah: 1) untuk mengetahui arti alumni sebagai public private partnership pada dunia pendidikan. 2) untuk mengetahui peran alumni sebagai public private partnership pada pendidikan vokasi.

 

Kata Kunci: public private partnership, pendidikan vokasi, kompetensi, alumni, industri.

Full Text:

PDF

References

Anggraeni. ND, Yoto, Basuki. (2015). Studi Tentang Peran serta Orang Tua dan Dunia Usaha/Industri Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK I Negeri Singosari. Malang: Universitas Negeri malang

Muhson. A, Wahyuni. D, Supriyanto dan Mulyani. E (2012). Analisis Relevansi lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Okeye. KRE, Chijioke. OP. (2013). Private-Public Partnership And Technical Vocational Education And Training (TVET) In A Developing Economy. Arabian Journal of Business and Management Review (OMAN Chapter). Vol.2, No.10; May 2013.

Patrions. HA, Osorio. FB, Guaqueta. J. (2009). The Role and Impact of Public-Private Partnerships in Education. Washingtn DC: The world Bank.

The Science Businnes. (2012). Making Industry-University Partnerships Work Lessons from Successful Colaborations. London: Science Businnes.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.