Pengembangan Modul Ajar Plus Kit Robotika Berbasis Contextual Teaching And Learning Sebagai Pengetahuan Dasar Model Public Private Partnership Bagi Siswa SMK Melalui Lomba Kompetensi Siswa

M. Syariffuddien Zuhrie, Ekohariadi Ekohariadi, Muchlas Samani, Munoto Munoto

Abstract

Obyek penelitian ini merupakan topik yang terus berkembang, dan  perkembangan robotika di Indonesia sudah sangat menggembirakan. Fokus penelitian ini menitikberatkan pada pengembangan rancangan modul ajar plus kit (trainer) robotika berbasis contextual teaching and learning sebagai pengetahuan dasar model public private partnership bagi siswa SMK melalui Lomba Kompetensi Siswa (LKS). Contextual teaching and learning adalah pembelajaran yang membantu guru untuk mengkaitkan isi mata pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi siswa untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sebagai pengetahuan dasar model public private partnership bagi siswa SMK melalui Lomba Kompetensi Siswa (LKS). Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah model 4-D (Thiagarajan, Semmel, dan Semmel,1974).  yang terdiri dari 4 tahap: tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap disseminate. Penelitian dilakukan dengan menerapkan rancangan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa modul ajar dan trainer robotika sebagai alat bantu untuk pengetahuan dasar model public private partnership bagi siswa SMK melalui Lomba Kompetensi Siswa (LKS). Modul yang dikembangkan merupakan hasil-hasil riset dan pemantauan tim peneliti selama beberapa bulan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Surabaya. Hasil dari pengembangan Modul Ajar, dapat memberi harapan ke depan, dalam rangka menghasilkan pengembangan rancangan modul ajar plus kit (trainer) sebagai alat bantu untuk pengetahuan dasar model public private partnership bagi siswa SMK melalui Lomba Kompetensi Siswa (LKS) sehingga dapat diterapkan ke lapangan

 

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Modul Ajar, Kit (trainer), Lomba Kompetensi Siswa, Public Private Partnership.

Full Text:

PDF

References

Adviso F, bernardo (1990). Development Of The National Training Council As The Coordinating Body For Technical And Vocational Trainng, Jakarta: Depdikbud

Blank,WE. (1982). Handbook For Developing Competency Based Training Program. Englewood Cliffs; Prentice Hall.

Bonk CJ, Cummings JA, Hara N, Fischler RB, Lee SM. (2000)A ten level web integration continuum for higher education: new resources, partners, courses, and markets. Abbey B, ed. Instructional and cognitive impacts of web-based education. University of Indiana

Brown S. (1999) Reinventing the university. Assoc Learning Technol J; 6: 30-37. Fender B. The e-university project. London: Higher Education Funding Council for England.

Carr MM, Reznick RK, Brown DH. (1999) Comparison of computer-assisted instruction and seminar instruction to acquire psychomotor and cognitive knowledge of epistaxis management. Otolaryngol Head Neck Surg; 121: 430-434

Depdikbud, (1993) Konsep Sisem ganda pada sekolah menengah Kejuruan di Indonesia,Jakarta, Depdikbud RI.

------, (1998). Keputusan Menteri Pendidikan Menengah Dan Kebudayaan RI No. 323/U/1997 tentang Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta; Direktorat Dikmenjur.

Dit. Dikmenjur, (1996). Kerangka Acuan Studi tentang Pelaksanaan Program Dukungan Pelatihan Industri ( Industrial Training Support Program ). Jakarta: Proyek Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Daniel JS.( 1996) The knowledge media. In: Mega-universities and knowledge media. Technology strategies for higher education. London: Kogan Page,:101-135.

Devitt P, Palmer E. (1999)Computer-aided learning: an overvalued educational resource Med Ed; 33: 136-139

D'Alessandro DM, Kreiter CD, Erkonen WE, Winter RJ, Knapp HR. Longitudinal follow-up comparison of educational interventions: multimedia textbook, traditional lecture, and printed textbook. Acad Radiol 1997; 4:723

Elves AW, Ahmed M, Abrams P. Computer-assisted learning; experience at the Bristol Urological Institute in the teaching of urology. Br J Urol 1997; 80 (suppl 3): 59-62

Erickson, H.L (1998) Concept Based Curriculum Instruction: Teaching Beyond The Thousand Oaks: Corwin

Finch, Curtis R. & john R Crunkilton. 1983. Curriculum Development in Vocational and Technical Education, London: Allyn and Bacon, Inc.

Greinert, WD., 1992. The Dual System Of Vocational Training In The Federal Republic of Germany; Structure and function. Postfach 1, 6101 6326 Eschborn, Federal Republic of Germany

Heywood, John, 1989 Learning Adaptability And Change: The Challenge For Education And Industry, Great Britain: Paul Chapman Publishing Ltd.

Harris, R., Guthrie, H., Hobart, B., dan Ludnberg, D. (1995). Competency-Based Education And Training; Between A Rock And Whirlpool. South Yarra; Macmillan Education Australia.

Loftis, H. A. (1980) “ An Exemplary Model For Change”, Vocational Instruction. Columbus; Flarson Publisher

Mardapi, Djemari. (1999). “Performance Based Evaluation” Bahan Lokakarya Tentang Performance Based Evaluation di Program Pascasarjana UNY.

Norton, R.E (1985). DACUM handbook. Columbus: The National Centre For Research In Vocational The Ohio State University

Sulifan, R. (1995) The Competency Approach To Training. JHPIEGO strategy Paper. www.reproline.jhu.edu /english/6read/6training/cbt/cbt.htm

Slamet PH., 1993. “Pendekatan Alternatif Dalm Penyiapan Dan Pengembangan Tenaga Kerja Profesional Di Indonesia” Disampaikan Pada Seminar Nasional Sistem Permagangan Dalam Pendidikan Dan Kejuruan Dan Penyiapan Tenaga Kerja, Malang 18 Desember

Phillips R. 1996. Developers' guide to interactive multimedia. A methodology for educational applications. Perth: Curtin University Press,.

Haag M, Maylein L, Leven FJ, Tonshoff B, Haux R. 1999. Web-based training: a new paradigm in computer-assisted instruction. Int J Med informatics 1999; 53: 79-90.

Hilger AE, Hamrick HJ, Denny Jr FW. Computer instruction in learning concepts of streptococcal pharyngitis. Arch Pediatr Adolesc Med 1996; 150: 629-631

Kulik JA. Meta-analytic studies of findings on computer-based instruction. In: Baker EL, O'Neil HF, eds. Technology assessment in education and training. Hillsdale, NJ: Erlbaum, 1994:52-66.

Kallinowski F, Mehrabi A, Gluckstein C, Benner A, Lindinger M, Hashemi B, et al. Computer-based traininga new method in surgical education and continuing education. Chirurg 1997; 68: 433-438

Rogers DA, Regehr G, Yeh KA, Howdieshell TR. Computer-assisted learning versus a lecture and feedback seminar for teaching a basic surgical technical skill. Am J Surg 1998; 175: 508-10

Son Kuswadi, Eru Puspita, (2005) Modul Praktikum Interaktif Teknik Digital. Modul praktikum Politeknik Elektronika Negeri Surabaya – ITS, Surabaya

Son Kuswadi, Eru Puspita, (2006) Modul Praktikum Computer Assisted untuk Pengendalian Kecepatan Motor DC, Modul praktikum Politeknik Elektronika Negeri Surabaya – ITS, Surabaya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.