PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI AKTIVA TETAP DI KELAS AKL 2 SMK SURAKARTA

Desi Safitri, Siswandari Siswandari, Lies Nurhaini

Abstract

Abstract The aims of this study to obtain empirical evidence regarding to the implementation of the cooperative learning model of Student Teams Achievement Division (STAD) type to improve students' collaboration skills in learning fixed asset accounting in AKL 2 class of State Vocational High School 1 Surakarta. This research was a Classroom Action Research. The subjects of this study were 35 students of XI class State Vocational High School 1 Surakarta. Data collection techniques were observation sheets, questionnaires, documentation, and interviews. The validity test technique used with content validity. Content validity was used to validating data.The results showed that the implementation of fixed asset accounting learning with a cooperative learning model type Student Teams Achievement Division (STAD) can improve the collaboration ability of students. This can be seen from the results of observations the first cycle of 68.48%, then increased in the second cycle to 83.64%. Meanwhile, the questionnaire also showed an increase in cycle I of 63.64%, then an increase in cycle II of 83.64%. Keywords: Cooperative learning, Student Teams Achievement Division (STAD), collaboration, fixed asset accounting, class action research. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran akuntansi aktiva tetap di kelas AKL 2 SMK Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI AKL 2 SMK Surakarta yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik uji validitas yang digunakan adalah validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran akuntansi aktiva tetap dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yakni pada siklus I sebesar 68,48%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83, 64%. Sementara itu, pada angket juga menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I sebesar 63,64%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 83,64%. Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif, Student Teams Achievement Division (STAD), kolaborasi, akuntansi aset tetap, penelitian tindakan kelas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.