HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Abstract This research aims to examine the relationship between learning interest and learning motivation in students of Accounting and Finance Expertise Program in Vocational High School. The selected sample was 139 students using Combined sampling namely stratified proportionale random sampling type. This research design uses a descriptive method with a quantitative approach. Data on learning interest and learning motivation were obtained through questionnaires. The data analysis technique used is simple correlation analysis. The results showed that there was a positive and significant relation between learning interest and learning motivation. This is indicated by a significance value of 0.000 < 0.05. The regression equation is Y = 20.231 + 0.870X. The coefficient of determination is 0.452. This means that learning interest has an influence of 0.426 or 43% on the learning motivation variable and the remaining 57% is influenced by other factors not explaine in this research. Keywords: Learning Interest, Learning Motivation, Student Interest and Motivation Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara minat belajar dengan motivasi belajar pada peserta didik program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga Sekolah Menengah Kejuruan. Sampel yang terpilih sebanyak 139 peserta didik dengan menggunakan Combined sampling dengan jenis stratified propotionale random sampling. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data minat belajar dan motivasi belajar diperoleh melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan motivasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Persamaan regresinya adalah Y = 20,231+ 0,870X. Besarnya koefisien determinasi sebesar 0,452. Artinya minat belajar memiliki pengaruh sebesar 0,426 atau 43% terhadap variabel motivasi belajar dan sisanya sebesar 57% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Kata kunci: Minat Belajar, Motivasi Belajar, Minat dan Motivasi Peserta Didik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.