PENGARUH MINAT BACA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK DI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Abstract The purpose of this study is to determine (1) the influence of reading interest on student achievement, (2) the influence of study habits on student achievement, (3) the influence of reading interest and study habits on learning achievement of class XI Vocational High School students in the department of accounting and institutional finance in Surakarta. This research is a quantitative research. Data collection techniques using a questionnaire to examine reading interest and study habits. The sample of this research is the students of Vocational High School Class XI majoring in Accounting and Institutional Finance in Surakarta, totaling 184 students. The data analysis technique used multiple regression analysis. The results of this study: (1) Reading Interest has a negative effect on Student Achievement as indicated by the value of Sig. 0.049 < 0.05 and the value of tcount > ttable is -1.985 > 1.653; (2) Study Habits has a positive effect on student achievement as indicated by the value of Sig. 0.001 < 0.05 and the value of tcount > ttable is 3.347 > 1.653; (3) Reading Interest and Study Habits together have a positive effect on Student Achievement as indicated by the value of Sig. 0.002 < 0.05 and the value of Fcount > Ftable is 6.695 > 3.045. Keywords: Reading Interest, Study Habits, Accounting Learning Achievement Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) pengaruh minat baca dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK kelas XI program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan kuisioner untuk meneliti minat baca dan kebiasaan belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa SMK kelas XI program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di Surakarta yang berjumlah 184 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini: (1) Minat Baca berpengaruh kearah negatif terhadap Prestasi Belajar Siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,049 < 0,05 dan nilai thitung> ttabel yaitu -1,985 > 1,653; (2) Kebiasaan Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dan nilai thitung> ttabel yaitu 3,347 > 1,653; (3) Minat Baca dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,002 < 0,05 dan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 6,695 > 3,045. Kata Kunci: Minat Baca, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.