PENGARUH KETIDAKNYAMANAN PADA TUGAS DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMK “X” DI SURAKARTA
Abstract
ABSTRACT
This study aims to obtain information about; (1) the effect of task aversiveness on academic procrastination; (2) the effect of self control on academic procrastination; and (3) the effect of task aversiveness and self control on academic procrastination. This research method used in this study is quantitative method. The sample in this study were students of the "X" vocational high school in Surakarta as many as 167 students. The sampling technique using proportional stratified random sampling. Data of the research were collected through questionnaire. Data analyzed using multiple linear regression analysis. The results of the research showed that: (1) there was a positive and significant effect of task aversiveness on academic procrastination (p value 0,000 < 0,05 and t count = 3,819); (2) there was a negative and significant effect of self control on academic procrastination (p value 0,000 < 0,05 and t count = [-13,469]); and (3) there was an effect of task aversiveness and self control simultaneously on academic procrastination (p value 0,000 < 0,05 and Fcount = 173,046).
Keywords:task aversiveness, self control, academic procrastination
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai; (1) pengaruh ketidaknyamanan pada tugas terhadap prokrastinasi akademik; (2) pengaruh pengendalian diri terhadap prokrastinasi akademik; dan (3) pengaruh ketidaknyamanan pada tugas dan pengendalian diri terhadap prokrastinasi akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK “X” di Surakarta sebanyak 167 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan ketidaknyamanan pada tugas terhadap prokrastinasi akademik (nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung = 3,819); (2) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan pengendalian diri terhadap prokrastinasi akademik (nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan thitung = [-13,469]); dan (3) terdapat pengaruh ketidaknyamanan pada tugas dan pengendalian diri secara bersamasama terhadap prokrastinasi akademik (nilai signifikansi 0,000 < 0,05 danFhitung = 173,046).
Kata Kunci: ketidaknyamanan pada tugas, pengendalian diri, prokrastinasi akademik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.