PENGARUH KEHADIRAN SOSIAL PADA PERKULIAHAN DARING TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA
Abstract
ABSTRACT The research aimed to examine the effect of social presence in online course towards students learning satisfaction of Accounting Education Program Faculty of Education and Teacher Training Sebelas Maret University. The research method used in this research is a correlational quantitative method. The population in this study were 231 accounting education students batch 2017-2020. The sample calculated by using slovin formula and taken 146 of 231 students. Sample taken by using Random Sampling technique. Data collection technique used in this research is using questionnaires. The questionnaires used to measure the social presence and students learning satisfaction degree. Descriptive statistic analysis and simple regression analysis used as data analysis technique. The result of this research showed that there was positive and significant effect of social presence in online course towards students learning satisfaction. It’s proved by simple regression test with equation model Y=25,767 + 0,505X and the significancy value is 0,017 (0,017<0,05). Keywords: Social Presence, Online Course, Learning Satisfaction ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kehadiran sosial pada perkuliahan daring terhadap kepuasan belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Sebelas Maret. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Sebelas Maret angkatan 2017-2020 sebanyak 231 mahasiswa. Sampel yang diperhitungkan dengan menggunakan rumus slovin dan diambil sebanyak 146 dari 231 Mahasiswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket yang digunakan untuk mengukur tingkat kehadiran sosial dan tingkat kepuasan belajar mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran sosial pada perkuliahan daring memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Sebelas Maret. Hal ini ditunjukkan dengan pengujian regresi sederhana yang menghasilan model Y=25,767 + 0,505X dan nilai signifikansi yang dihasilkan yaitu sebesar 0,017 (0,017<0,05). Kata Kunci: Kehadiran Sosial, Perkuliahan Daring, Kepuasan Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.