HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN LOCUS OF CONTROL DENGAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKTAHUN AJARAN 2019/2020

Temaram Sendyakala Jiwatami, Ngadiman Ngadiman, Asri Diah Susanti

Abstract

ABSTRACT The study aims to examine (1) the correlation between self-concept with accounting learning achievement of students in class XI SMK Accounting; (2) the correlation between locus of control and accounting learning achievement of students of in class XI SMK Accounting; (3) the correlation between self-concept and locus of control with the learning achievement of students ofin class XI SMK Accounting. The research method used in this research is correlational quantitative. The population in this research were students in grade XI of accounting skills program in SMK. The sample used in this research was 39 students with a sampling technique using saturation sampling. Technique data collection was carried out using a questionnaire and documentation.The data analysis technique used simple correlation analysis and multiple correlation. The results of this research showed that (1) there was a positive and significant correlation between the self-conceptwith accounting learning achievementof of students of Class XI SMK Accounting. This state indicated by the significant value of simple correlation of 0,000 (0,000< 0,05); (2)there was a positive and significant correlation between locus of control with accounting learning achievement of students of Class XI SMK Accounting. This state indicated by the significant value of simple correlation of 0,000(0,000< 0,05); (3) there was a positive and significant correlation between the self-concept and locus of controlo with accounting learning achievement ofstudents of Class XI SMK Accounting SMK. This state indicated by the significant value of F test of 0,000 (sig < 0,05). Keywords: Digital Literacy, Teacher Competence, Industrial Revolution 4.0 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji(1) hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK; (2) hubungan antaralocus of control dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK; (3) hubungan antara konsep diri dan locus of control dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional.Populasiwdalam penelitian ini adalahnsiswa kelas XI program keahlian Akuntansi SMK. Sampelddalamppenelitianiinissejumlah 39 siswa yang diambil dengannteknik samplingjenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar akuntansi siswaKelas XI Akuntansi SMK. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada korelasi sederhana sebesar 0,000 (0,000 < 0,05);(2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara locus of control dengan prestasi belajar akuntansi siswa Kelas XI Akuntansi SMK Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada korelasi sederhana sebesar 0,000 (0,000< 0,05);(3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan locus of control dengan prestasi belajar akuntansi siswa Kelas XI Akuntansi SMK. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000(0,000 <0,05). Kata Kunci : Konsep Diri, Locus of Control, Prestasi Belajar Akuntansi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.