PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KOMBINASI SNOWBALL THROWING BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK S
Abstract
ABSTRACT
This research intended to improve creative thinking ability of student by the implementation of PBL and the combination of Snowball Throwing based on e-learning for 10th grade accounting students. This research used CAR which was conducted in two cycles. The subject of this research were 23 students. The techniques of collecting data were observation, test, and documentation. The techniques of data analyzed used qualitative and quantitative data. This research has decided the key performance indicators 75% from the whole students who could get the creative thinking ability 61% from the category of creative. The average from the pre-test was 39,63%, included in the low category. In the first cycle, the result from the observation has increased to 55,65%, and the result of the test showed that 34,8% included in the good category. In the second cycle, the result from the observation has increased up to 70,83%, and the result of the test, the amount of students has increased up to 78,3% included in the good category. This research conluded that the implementation of PBL and the combination of snowball throwing based on e-learning could increase creative thinking ability.
Keywords: problem based learning, snowball throwing, e-learning, creative thinking ability.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui penerapan model pembelajaran problem based learning kombinasi snowball throwing berbasis e-learning pada peserta didik kelas X AK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 23 peserta didik kelas X AK . Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dokumentasi. Analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menetapkan indikator capaian keberhasilan yaitu sebesar 75% dari keseluruhan peserta didik mencapai kemampuan berpikir kreatif dalam kategori baik sebesar 61%. Pada pra tindakan diperoleh rata-rata persentase hasil observasi sebesar 39,63%. Pada siklus I, hasil observasi mengalami peningkatan menjadi 55,65%, masuk dalam kategori cukup dan hasil tes menunjukkan bahwa pada siklus I sebesar 34,8% peserta didik mencapai kategori baik dalam kemampuan berpikir kreatif. Pada siklus II, hasil observasi mengalami peningkatan menjadi 70,83%, termasuk dalam kategori baik dan hasil tes menunjukkan bahwa siklus II meningkat menjadi 78,3% peserta didik mencapai kategori baik dalam kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan penelitian ini, model pembelajaran Problem based learning kombinasi snowball throwing berbasis e-learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.
Kata kunci : problem based learning, snowball throwing, e-learning, kemampuan berpikir kreatif.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, I.H. (2016). Penggunaan Model
Pembelajaran Aktif dengan Strategi
Snowball Throwing untuk
Meningkatkan Kreativitas Matematis
Siswa SMP. Jurnal Matematika dan
Pendidikan Matematika, Volume 4
No.1.
Amalina, I. (2016). Investigasi Kemampuan
Berpikir Kreatif Siswa dalam
Pengajuan Masalah Matematika. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Matematika, 2
(5), 54-63.
Astori. (2010). Pengertian Pendekatan Strate
gi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model
Pembelajaran. PT Bumi Aksara: Ja
karta
Chan, Z.C. (2012). Role-Playing in the Problem Based Learning Class. Nurse Education in Practice 12, 21-27.
Hasnawi., Ikman., & Astuti, A. (2016). Effectivenes Model of Auditory Intellectually
repetition (AIR) to Learning Outcomes of Math Student. International
Journal Of Education and Research, 4
(5):249-258.
Hu, A., Scheuch, K., Schwartz, R., Gayles,
J.G., & Li, S. (2008). Reinverting
Undergraduate Education: engaging
College Students in Research and
Creativity Activity. Wiley, San Fran
sisco, CA Report, 33(4), 1- 103
Hullinger. (1973). Evaluation of Student Performance in the Health Professions. Purdue
University, School of Vaterinary Science
and Medicine, Lafayette, IN.
Kusmana, A. (2011). E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan, Vol 14, No. 1.
Malaka, S. (2011). 99 Tips Cerdas dan Efektif
Berpikir Positif dan Berjiwa Besar.
Yogyakarta: Araska
Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka
Cipta.
Nasution, P. (2015). Perbedaan Peningkatan
Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa
pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan
Pembelajaran Konvensional di SMPN
Padangsidempuan. Jurnal Pendidikan, 8(3), 38-50.
Purnamaningrum, A., Dwiastuti, S., Probosari,
M.P., & Noviawati. (2012). Peningkatan
Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui
Problem Based Learning (PBL) pada
Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X/10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun
Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan
Biologi, 4 (1), 39-51
Santoso, F.G.I. (2012). Keterampilan Berpikir
Kreatif Matematis Dalam Pembelajaran
Berbasis Masalah (PBM) Pada Siswa
SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2012: 453-459
Sihalolo, R.R., Sahyar, & ginting, E. M. (2017).
The Effect of Problem Based Learning
(PBL) Model Toward Student”s Creative Thinking and Problem Solving
Ability in Senior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education
(IOSR_JRME), 7 (1), 11-18.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. AR- ruzz Media.
Yogyakarta
Warsono. (2017). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakaryas.
Widodo, S. (2009). Meningkatkan Motivasi
Siswa Bertanya Melalui Snowball Throwing dalam Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Penabur, 8
(13), 42- 55
Refbacks
- There are currently no refbacks.