PENERAPAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN KARTU KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SIMPANAN GIRO DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Rizky Yuniar Sururi, Muhtar . ., Sri Sumaryati .

Abstract

Abstract

This study aims to improve the problem-solving ability of current accounts by applying the Creative Problem Solving learning model assisted by work cards. This research is a class action research. This research is done in two cycles each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The subjects were 33 X Grade Accounting 3's students. The data collection techniques using tests, observation, interviews, and documentation. The validation techniques used source triangulation. The results showed there was an increase in problem-solving ability from cycle 1 to cycle 2. It is indicated by an increase in the percentage of problem-solving abilities from 73% (medium categories) in the first cycle increasing to 84% (high categories) in the second cycle. Besides, the teacher's performance in implementing the learning model also increased from the "good" category in the first cycle to an increased "very good" in the second cycle.
Keywords: Creative Problem Solving, Work Cards, Problem Solving Ability, Current Account;

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah simpanan giro dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan kartu kerja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas X Akuntansi 3 SMK N 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari siklus I ke siklus 2. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan presentase kemampuan pemecahan masalah dari 73% (kategori sedang) pada siklus 1 meningkat menjadi 84% (kategori tinggi) pada siklus 2. Selain itu kinerja guru dalam menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan kartu kerja juga mengalami peningkatan dari kategori “baik” pada siklus I, meningkat “sangat baik” pada siklus II.
Kata Kunci : Creative Problem Solving, Kartu Kerja, Kemampuan Pemecahan Masalah, Simpanan Giro.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal (2009). Penelitian Tindakan

Kelas untuk Guru. Bandung:

Yrama Widya.

Evendi, Hanif & Umayah, Yayah.

(2018). Peningkatan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematika

Dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Pada

Peserta didik Kelas VIII A SMPN

Ciruas. Jurnal Mitra Pendidikan, 10 (2), 1978-1088.

Hu, Ridong. & Shieh, Chich-Jen. (2017). A

Study on the Application of Creative Problem Solving Teaching to Statistics Teaching. EURASIA Journal of Mathematics

Science and Technology Education, 13 (7),

-3149.

Kade, Amiruddin.,Fihrin H & Cahyani

Nur. (2016). Penerapan Model

Pembelajaran Creative Problem

Solving Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Pada Siswa Kelas

XMIPA 4 SMA Negeri 5 Palu.

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4 (2), 31-35.

Ilyas, Suhrawardi., Halim A., & Mayasari Putri (2013). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Generic Sains Siswa SMP.

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 1 (1), 58-67.

Pepkin L Karen. (Eds). (2004). Creative

Problem Solving in Math. Houston

Teachers Institute. (hlm. 1-14).

Texas: University of Houston :

Pudjiastutik, Hernik., & Udiyah Ika

N.M. (Ed). (2017). Penerapan

Model Pembelajaran Creative

Problem Solving (CPS) terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah

IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Tuban. Proceeding Biology Education

Conference, hlm 540-544. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas

Maret.

Purwanto, Andik., Medriati R., & Sagita

I. (2018). Penerapan Creative

Problem Solving Model untuk

Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Fisika Peserta didik Kelas XI MIA 4 MAN 2

Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan

Fisika, 1(3), 1-6.

Rahmani, J., Ahmad, Qomariyah N., & Lubis,

N.A. (2018). Peningkatan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Materi

SPLDV di kelas VII SMP Negeri 2 Takengon. Jurnal As-Salam, 2 (2),22-32

Sofa, Insani,M., Septian, Ari., & Muhammad M.G. (2018).

Penggunaan Model Pembelajaran

Creative Problem Solving Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis

Peserta didik. Jurnal Pendidikan

Matematika, 7 (3), 315-326.

Syariffudin, Hendra., & Sisriwati, Y.Y. (2019).

The Validity of learning Devices with

Creative Problem Solving Models to Improve Mathematical Problem-Solving

Ability. International Journals of Science

and High Technologies ,13 (1), 67-73.

Veronica, B.R., Kartono,K., & Anggarini, D.

(2015). Keefektifan Pembelajaran Core

Berbantuan Kartu Kerja Pada Pencapaian

Kemampuan Masalah Matematika dan

Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4

(2) , 1-9.

Zubaidah (2017). Pembelajaran

Kontekstual Berbasis Pemecahan

Masalah Untuk Mengembangkan

Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Berwawasan Konservasi dalam Mewujudkan Sumber Daya Manuia yang Berkarakter. Hlm. 1-17. Makassar: FKIP

Universitas Muhammadiyah Makassar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.