PENERAPAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN KARTU KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SIMPANAN GIRO DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
Abstract
Abstract
This study aims to improve the problem-solving ability of current accounts by applying the Creative Problem Solving learning model assisted by work cards. This research is a class action research. This research is done in two cycles each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The subjects were 33 X Grade Accounting 3's students. The data collection techniques using tests, observation, interviews, and documentation. The validation techniques used source triangulation. The results showed there was an increase in problem-solving ability from cycle 1 to cycle 2. It is indicated by an increase in the percentage of problem-solving abilities from 73% (medium categories) in the first cycle increasing to 84% (high categories) in the second cycle. Besides, the teacher's performance in implementing the learning model also increased from the "good" category in the first cycle to an increased "very good" in the second cycle.
Keywords: Creative Problem Solving, Work Cards, Problem Solving Ability, Current Account;
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah simpanan giro dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan kartu kerja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas X Akuntansi 3 SMK N 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari siklus I ke siklus 2. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan presentase kemampuan pemecahan masalah dari 73% (kategori sedang) pada siklus 1 meningkat menjadi 84% (kategori tinggi) pada siklus 2. Selain itu kinerja guru dalam menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan kartu kerja juga mengalami peningkatan dari kategori “baik” pada siklus I, meningkat “sangat baik” pada siklus II.
Kata Kunci : Creative Problem Solving, Kartu Kerja, Kemampuan Pemecahan Masalah, Simpanan Giro.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Zainal (2009). Penelitian Tindakan
Kelas untuk Guru. Bandung:
Yrama Widya.
Evendi, Hanif & Umayah, Yayah.
(2018). Peningkatan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika
Dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Pada
Peserta didik Kelas VIII A SMPN
Ciruas. Jurnal Mitra Pendidikan, 10 (2), 1978-1088.
Hu, Ridong. & Shieh, Chich-Jen. (2017). A
Study on the Application of Creative Problem Solving Teaching to Statistics Teaching. EURASIA Journal of Mathematics
Science and Technology Education, 13 (7),
-3149.
Kade, Amiruddin.,Fihrin H & Cahyani
Nur. (2016). Penerapan Model
Pembelajaran Creative Problem
Solving Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Pada Siswa Kelas
XMIPA 4 SMA Negeri 5 Palu.
Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4 (2), 31-35.
Ilyas, Suhrawardi., Halim A., & Mayasari Putri (2013). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Generic Sains Siswa SMP.
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 1 (1), 58-67.
Pepkin L Karen. (Eds). (2004). Creative
Problem Solving in Math. Houston
Teachers Institute. (hlm. 1-14).
Texas: University of Houston :
Pudjiastutik, Hernik., & Udiyah Ika
N.M. (Ed). (2017). Penerapan
Model Pembelajaran Creative
Problem Solving (CPS) terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah
IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Tuban. Proceeding Biology Education
Conference, hlm 540-544. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas
Maret.
Purwanto, Andik., Medriati R., & Sagita
I. (2018). Penerapan Creative
Problem Solving Model untuk
Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Fisika Peserta didik Kelas XI MIA 4 MAN 2
Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan
Fisika, 1(3), 1-6.
Rahmani, J., Ahmad, Qomariyah N., & Lubis,
N.A. (2018). Peningkatan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Materi
SPLDV di kelas VII SMP Negeri 2 Takengon. Jurnal As-Salam, 2 (2),22-32
Sofa, Insani,M., Septian, Ari., & Muhammad M.G. (2018).
Penggunaan Model Pembelajaran
Creative Problem Solving Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis
Peserta didik. Jurnal Pendidikan
Matematika, 7 (3), 315-326.
Syariffudin, Hendra., & Sisriwati, Y.Y. (2019).
The Validity of learning Devices with
Creative Problem Solving Models to Improve Mathematical Problem-Solving
Ability. International Journals of Science
and High Technologies ,13 (1), 67-73.
Veronica, B.R., Kartono,K., & Anggarini, D.
(2015). Keefektifan Pembelajaran Core
Berbantuan Kartu Kerja Pada Pencapaian
Kemampuan Masalah Matematika dan
Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4
(2) , 1-9.
Zubaidah (2017). Pembelajaran
Kontekstual Berbasis Pemecahan
Masalah Untuk Mengembangkan
Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Berwawasan Konservasi dalam Mewujudkan Sumber Daya Manuia yang Berkarakter. Hlm. 1-17. Makassar: FKIP
Universitas Muhammadiyah Makassar
Refbacks
- There are currently no refbacks.