UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN RODA PUTAR AKUNTANSI BERBASIS E-LEARNING

Rachmadani Nastiti ., Sigit Santosa ., Sri Sumaryati .

Abstract

ABSTRACT

 

The objective of this research is to increase in accounting learning motivation of students through the application of the cooperative learning model type Teams Games Tournaments assited by Accounting Rotating Wheels based on e-learning in basic accounting lessons. This research used the classroom action research with two cycles. Each cycle consisted of four stages, namely: planning, implementation, observation, and reflection. Its subjects were the students as many as 35 in Grade X AK 3 SMK. The techniques of collecting data of this research are questionnaire and documentation. Construct validity and triangulation validity is used to validate the data. Data analysis in this study used quantitative data analysis techniques.The result of the research shows that the application of the cooperative learning model type Teams Games Tournaments assited by Accounting Rotating Wheels based on e-learning could increase accounting learning motivation of students in Cycle I and Cycle II. Prior to the treatment, percentage of accounting learning motivation of students was 40,19%. Following the treatments, it became 69,32% in Cycle I and 85,07% in Cycle II..Keywords : Learning motivation, Teams Games Tournament, Accounting Rotating Wheels, ELearning ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments berbantuan media Roda Putar Akuntansi (ROTASI) pada pembelajaran akuntansi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 3 SMK yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas konstruk (construct validity) dan validitas triangulasi metode. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan media Roda Putar Akuntansi berbasis e-learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar baik siklus I maupun siklus II (40,19% pada pra siklus I menjadi 69,32% pada siklus II, dan dari 69,32% pada siklus 1 menjadi 85,07% pada siklus II)Kata Kunci : Motivasi belajar, Teams Games Tournament, Roda Putar Akuntansi (ROTASI), elearning

Full Text:

PDF

References

Aini, L, I, N., Santosa, S., & Sumaryati, S. (2015). Upaya peningkatan motivasi belajar komputer akuntansi melalui penerapan model PBL siswa SMK. Jurnal Tata Arta UNS, 1 (1), 103-113.Alifiani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran NHT-TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Materi Matematika SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4 (1), 11-20.Astri, T, P, Y., Gunarhadi, & Riyadi. (2018). Numbered-Board Quiz with TGT to Improve Students’ Science Achievement based on Learning Motivation. International Journal of Educational Research Review, 3 (4), 68-76.Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.Erawati, N, L, P, F. (2012). Pengaruh Penerapan Aplikasi E-Learning Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Game Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. KARMAPATI, 1 (4), 677-690.Hidayah, N. & Taman, A. (2017). The Implementation Of Team Game Tournament (TGT) Type Cooperative Learning Model To Improve Learning Motivation And Learning Achievement. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(1), 66-75.Ismawati, R. & Isroah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6 (4), 1-16.Jura, M, R., Budi, I, P, H., Napitupulu., & Mery. (2017). The Effect of Cooperative Learning Model of Teams Games Tournament Type in Salt Hydrolysis Material on Student’s Motivation and Learning Outcomes at Class XI SMAN 5 Palu. Education and Humanities Research, 174(1), 424-428.Kustandi., Cecep., Sutjipto., & Bambang. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia. Nadrah, Tolla, I., Ali, M. S., & Mursi. (2017). The Effect of Cooperative Learning Model of Teams Games Tournament (TGT) and Students’ Motivation toward Physics Learning Outcome. International Education Studies, 10 (2), 123-130.Palaoag, T, D., Rodrigo, M, M, T., Andres, J, M, L., Andres, J, M, A, L., & Beck, J, E. (2016). Wheel-Spinning in a Game-Based Learning Environment for Physics. In International Conference on Intelligent Tutoring Systems, 3 (7), 234-239.Prawiradilaga, D. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.Purwaningsih, R., Sugiharto., & Utami, B. (2013). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) dengan Media Roda Impian terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur Kleas X Semester 1 SMA N I Purwantoro Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2), 145-153.Rina, N, I., & Sukanti. (2016). Penerapan Pembelajaran TGT Dengan Roda Putar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa SMKN 1 Tempel. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14 (1), 35–44.Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta_______ (2014). Model-Model Pembelajaran. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.Salam, Abdus., Hossain, Anwar., & Rahan, Shahidur. (2015). Effects of using Teams Games Tournaments (TGT) Cooperative Technique for Learning Mathematics in Secondary Schools of Bangladesh. Malaysian Online Journal Of Educational Technology. 3 (3), 35 – 35.Sandiwarno, S. (2016). Perancangan Model ELearning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien. JURNAL ILMIAH FIFO, 8 (2), 191-200.Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.Sudrajad, B., & Prih, H. (2017). The Applications Teams Games Tournaments and Media Learning Sparkol Video Scribe to Increase Motivation and Study ResultsClassroom.Suparwoto & Aji, S, H. (2018). Pengembangan Media Belajar Mandiri Berbasis Aplikasi Whatsapp Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA N 1 Purwokerto. Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (1), 29-37.Supriadi, A., Alfiah. F., & Fauzan. M.F.N. (2019). Learning Model Of Cooperative Learning Type Team Games Tournament Based On E-Learning In SMK Nusajaya Tangerang. Jurnal TECHNO Nusa Mandiri, 16 (2), 105-111Susanti, P, M., & Sukanti. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Dart Board Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 8, 1(2), 2-17Uno. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.