UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA AKUNTANSI SMK
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this research was to improve cognitive learning outcomes through the application of a combination of Problem Based Learning and Numbered Head Together models in Class X Accounting in SMK. The subjects of this research were 36 students in grade X of Accounting B at SMK. Data collection techniques used were documentation, testing, and observation. The research performance indicators applied were 75%. The outcomes of this study indicate an increase in cognitive learning outcomes with the percentage of pre-action KKM achievement by 50%, an increase to 63.89% after the action in cycle I. The increase in learning outcomes also occurred in cycle II with a percentage of 86.11%. The learning outcomes at each meeting increased gradually in the evaluation cycle I and cycle II. It can be concluded that the application of the combination of the Problem Based Learning model with Numbered Head Together can improve student cognitive learning outcomes in the form of the ability to remember, understand, apply and analyze so that students can explore new knowledge, be actively involved in group work, focus and understand learning material, and be able to discuss in problem solving, and be responsible for the task.
Keywords: Problem Based Learning, Numbered Head Together, Learning Outcome.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif melalui penerapan kombinasi model Problem Based Learning dengan Numbered Head Together pada siswa kelas X Akuntansi di SMK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi B SMK yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi. Indikator kinerja penelitian yang diterapkan sebesar 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif dengan persentase ketercapaian KKM dari pra tindakan sebesar 50%, mengalami peningkatan menjadi 63,89% setelah dilakukannya tindakan pada siklus I. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada siklus II dengan persentase 86,11%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model Problem Based Learning dengan Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa berupa kemampuan mengingat, memahami, menerapkan dan menganalisis sehingga siswa dapat menggali pengetahuan baru, terlibat aktif dalam kerja kelompok, berfokus dan paham materi pembelajaran, serta mampu berdiskusi dalam pemecahan masalah, dan bertanggung jawab terhadap tugas.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Numbered Head Together, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, A. G., & Ridwan, T. (2008). Implementasi Problem Based Learning (PBL)
pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung. Jurnal Prosiding UPI, 1-10.
Bloom, Benjamin S., etc. (1956). Taxonomy of
Educational Objectives: The Classification
of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York: Longmans, Green
and Co.
Davidson, N., & Major, C. H. (2014). Boundary
crossings: Cooperative learning, collaborative learning, and problem-based learning.
Journal on excellence in college teaching,
Fazira, A., Sukayasa, S., & Tandiayuk, M. B.
(2018). Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menentukan Nilai Limit Fungsi
Aljabar Kelas XI IPA 3 SMAN 1 SINDUE. Jurnal Aksioma, 7(2).
Fitriyah, N. L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadu
dengan Numbered Heads Together untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi
Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium
Universitas Negeri Malang. SKRIPSI Jurusan Akutansi-Fakultas Ekonomi UM.
Fikroturrofiah. (2015). Model Pembelajaran
Kooperatif: Numbered Head Together
(NHT). Jurnal eureka pendidikan, 15(1).
Diperoleh 29 Januari 2019, dari http://
www.eureka pendidikan.com/2015/10/
model-pembelajaran kooperatifnumbered.html.
Heryanto, H. (2018). Perbandingan Hasil Belajar
Matematika Siswa Menggunakan Model
Pembelajaran Kooperatif Struktural NHT
Dan Model Pembelajaran Ekspositori.
Jurnal Curere, 2(1).
Hunter, W. C., Dieker, L. A., & Whitney, T.
(2016). Consultants and coteachers affecting student outcomes with numbered heads
together: Keeping all engaged. Journal of
Educational and Psychological Consultation, 26(2), 186-199. Diperoleh 3 Oktober
, dari https://www.tandfonline.com/
doi/abs/10.1080/10474412.2015.1108200.
Isjoni. (2012). Cooperative Learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta.
Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati,
S. E. (2013). Pengaruh problem based
learning dipadu strategi numbered heads
together terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, dan kognitif biologi.
Jurnal Penelitian Kependidikan, 23(1), 33.
Kuniasari, I. R., Susilo, H., & Hastuti, U. S.
(2016). Kajian Penerapan Problem Based
Learning Dipadu Numbered Head Together Berbasis Lesson Study. Prosiding
SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan dan
Saintek), 579-583.
LA MISU, M. P. (2014). Mathematical problem
solving of student by approach behavior
learning theory. In This paper has been
presented at International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics
Education, Yogyakarta, Indonesia.
Maman, M., & Rajab, A. A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model" Number Heads Together"(" NHT") in
Improving the Students' Ability in Reading
Comprehension. International Journal of
Evaluation and Research in Education, 5
(2), 174-180.
Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A.
K. (2016). Penerapan model kooperatif
tipe numbered heads together (NHT) untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan sosial budaya.
Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331-340.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasruddin, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head
Together (NHT) untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada
Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI
MAN Kota Mojokerto. UNESA Journal of
Chemical Education, 7(3).
Piaget, J. (1968). Le point de vue de Piaget. International Journal of Psychology, 3(4),
-299.
Rakasiwi, S. (2016). Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered
Heads Together (NHT) Dengan Problem
Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta
Didik Pada Mata Pelajaran Administrasi
Humas & Keprotokolan Kelas XI AP 2
SMK N 1. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1).
Rahmawati, H. M. (2012). Penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk
meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV semester ganjil TA 2011/2012 MI
Miftahul Hidayah Gogourung Kademangan Blitar. Skripsi Tidak Dipublikasikan.
Malang: FIP Universitas Malang
Rofiqoh, F., Mahardika, I. K., & Yushardi, Y.
(2015). Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai Media Monopoli Games
Terintegrasi Pendekatan Problem Solving
pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal
Pembelajaran Fisika, 4(3), 198-203.
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran
berorientasi standar proses pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A.
(2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu
Numbered Heads Together terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan
Berpikir Kritis Geografi Siswa SMA.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan
Pengembangan, 2(3), 440-447.
Siew, N. M., Chin, M. K., & Sombuling, A.
(2017). The Effects of Problem Based
Learning With Cooperative Learning On
Preschoolers' Scientific Creativity. Journal
of Baltic Science Education, 16(1).
Simatupang, M. A., & Simatupang, S. (2015).
Pengaruh Model Problem Based Learning
Berbantu Peta Konsep Terhadap Hasil
Belajar Siswa SMA. Jurnal INPAFI
(Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(1).
Simanungkalit, E. F. (2014). Implementasi Kolaborasi Model Pembelajaran Problem
Based Learning Dengan Numbered Heads
Together Untuk Meningkatakan Aktivitas
Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas
XI Ak Smk Negeri 1 Patumbak Tp
/2014. (Doctoral dissertation,
UNIMED).
Sulastri, I. S. (2015). Penerapan Pembelajaran
Strategi Problem Based Learning (PBL)
untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil
Belajar IPA/Biologi Bagi Siswa Kelas XI
Ak 1 SMK Negeri 1 Banyudono Kabupaten Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran
/2012. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan
Biologi, 8(1), 8-15.
Sulfiani, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA1 SMA
Negeri 3 Watampone (Studi pada Materi
Pokok Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur dan Bentuk Molekul). Chemica: Jurnal
Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 17
(1), 1-13.
Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.
Syahdani, F., Wiwit, W., & Bahar, A. (2014).
Perbandingan Hasil Belajar Siswa
Menggunakan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe NHT Dikombinasikan
Dengan Model Pembelajaran PBL Dengan
Model Pembelajaran Konvensional di
MAN 1 Model Kota Bengkulu. Sumatera:
Universitas Bengkulu.
Tanjung, I. F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
(TPS) dan Numbered Heads Together
(NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi
Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan.
Jurnal Nizhamiyah, 6(1)
Vygotsky, L. S. (1997). The collected works of
LS Vygotsky: Problems of the theory and
history of psychology (Vol. 3). Springer
Science & Business Media.
Wardani, C. K., & Siswanto, S. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif
Numbered Heads Together (NHT) Untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal
Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2)
Refbacks
- There are currently no refbacks.