UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA AKUNTANSI SMK

Septiana Isnad Pertiwi, Ngadiman . ., Binti Muchsini .

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this research was to improve cognitive learning outcomes through the application of a combination of Problem Based Learning and Numbered Head Together models in Class X Accounting in SMK. The subjects of this research were 36 students in grade X of Accounting B at SMK. Data collection techniques used were documentation, testing, and observation. The research performance indicators applied were 75%. The outcomes of this study indicate an increase in cognitive learning outcomes with the percentage of pre-action KKM achievement by 50%, an increase to 63.89% after the action in cycle I. The increase in learning outcomes also occurred in cycle II with a percentage of 86.11%. The learning outcomes at each meeting increased gradually in the evaluation cycle I and cycle II. It can be concluded that the application of the combination of the Problem Based Learning model with Numbered Head Together can improve student cognitive learning outcomes in the form of the ability to remember, understand, apply and analyze so that students can explore new knowledge, be actively involved in group work, focus and understand learning material, and be able to discuss in problem solving, and be responsible for the task.
Keywords: Problem Based Learning, Numbered Head Together, Learning Outcome.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif melalui penerapan kombinasi model Problem Based Learning dengan Numbered Head Together pada siswa kelas X Akuntansi di SMK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi B SMK yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi. Indikator kinerja penelitian yang diterapkan sebesar 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif dengan persentase ketercapaian KKM dari pra tindakan sebesar 50%, mengalami peningkatan menjadi 63,89% setelah dilakukannya tindakan pada siklus I. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada siklus II dengan persentase 86,11%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model Problem Based Learning dengan Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa berupa kemampuan mengingat, memahami, menerapkan dan menganalisis sehingga siswa dapat menggali pengetahuan baru, terlibat aktif dalam kerja kelompok, berfokus dan paham materi pembelajaran, serta mampu berdiskusi dalam pemecahan masalah, dan bertanggung jawab terhadap tugas.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Numbered Head Together, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, A. G., & Ridwan, T. (2008). Implementasi Problem Based Learning (PBL)

pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung. Jurnal Prosiding UPI, 1-10.

Bloom, Benjamin S., etc. (1956). Taxonomy of

Educational Objectives: The Classification

of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York: Longmans, Green

and Co.

Davidson, N., & Major, C. H. (2014). Boundary

crossings: Cooperative learning, collaborative learning, and problem-based learning.

Journal on excellence in college teaching,

Fazira, A., Sukayasa, S., & Tandiayuk, M. B.

(2018). Penerapan Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menentukan Nilai Limit Fungsi

Aljabar Kelas XI IPA 3 SMAN 1 SINDUE. Jurnal Aksioma, 7(2).

Fitriyah, N. L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadu

dengan Numbered Heads Together untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi

Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium

Universitas Negeri Malang. SKRIPSI Jurusan Akutansi-Fakultas Ekonomi UM.

Fikroturrofiah. (2015). Model Pembelajaran

Kooperatif: Numbered Head Together

(NHT). Jurnal eureka pendidikan, 15(1).

Diperoleh 29 Januari 2019, dari http://

www.eureka pendidikan.com/2015/10/

model-pembelajaran kooperatifnumbered.html.

Heryanto, H. (2018). Perbandingan Hasil Belajar

Matematika Siswa Menggunakan Model

Pembelajaran Kooperatif Struktural NHT

Dan Model Pembelajaran Ekspositori.

Jurnal Curere, 2(1).

Hunter, W. C., Dieker, L. A., & Whitney, T.

(2016). Consultants and coteachers affecting student outcomes with numbered heads

together: Keeping all engaged. Journal of

Educational and Psychological Consultation, 26(2), 186-199. Diperoleh 3 Oktober

, dari https://www.tandfonline.com/

doi/abs/10.1080/10474412.2015.1108200.

Isjoni. (2012). Cooperative Learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati,

S. E. (2013). Pengaruh problem based

learning dipadu strategi numbered heads

together terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, dan kognitif biologi.

Jurnal Penelitian Kependidikan, 23(1), 33.

Kuniasari, I. R., Susilo, H., & Hastuti, U. S.

(2016). Kajian Penerapan Problem Based

Learning Dipadu Numbered Head Together Berbasis Lesson Study. Prosiding

SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan dan

Saintek), 579-583.

LA MISU, M. P. (2014). Mathematical problem

solving of student by approach behavior

learning theory. In This paper has been

presented at International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics

Education, Yogyakarta, Indonesia.

Maman, M., & Rajab, A. A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model" Number Heads Together"(" NHT") in

Improving the Students' Ability in Reading

Comprehension. International Journal of

Evaluation and Research in Education, 5

(2), 174-180.

Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A.

K. (2016). Penerapan model kooperatif

tipe numbered heads together (NHT) untuk

meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan sosial budaya.

Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331-340.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasruddin, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head

Together (NHT) untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada

Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI

MAN Kota Mojokerto. UNESA Journal of

Chemical Education, 7(3).

Piaget, J. (1968). Le point de vue de Piaget. International Journal of Psychology, 3(4),

-299.

Rakasiwi, S. (2016). Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered

Heads Together (NHT) Dengan Problem

Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta

Didik Pada Mata Pelajaran Administrasi

Humas & Keprotokolan Kelas XI AP 2

SMK N 1. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1).

Rahmawati, H. M. (2012). Penggunaan model

pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk

meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV semester ganjil TA 2011/2012 MI

Miftahul Hidayah Gogourung Kademangan Blitar. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Malang: FIP Universitas Malang

Rofiqoh, F., Mahardika, I. K., & Yushardi, Y.

(2015). Pengaruh Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) disertai Media Monopoli Games

Terintegrasi Pendekatan Problem Solving

pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal

Pembelajaran Fisika, 4(3), 198-203.

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran

berorientasi standar proses pendidikan.

Jakarta: Kencana.

Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A.

(2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu

Numbered Heads Together terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan

Berpikir Kritis Geografi Siswa SMA.

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan

Pengembangan, 2(3), 440-447.

Siew, N. M., Chin, M. K., & Sombuling, A.

(2017). The Effects of Problem Based

Learning With Cooperative Learning On

Preschoolers' Scientific Creativity. Journal

of Baltic Science Education, 16(1).

Simatupang, M. A., & Simatupang, S. (2015).

Pengaruh Model Problem Based Learning

Berbantu Peta Konsep Terhadap Hasil

Belajar Siswa SMA. Jurnal INPAFI

(Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(1).

Simanungkalit, E. F. (2014). Implementasi Kolaborasi Model Pembelajaran Problem

Based Learning Dengan Numbered Heads

Together Untuk Meningkatakan Aktivitas

Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas

XI Ak Smk Negeri 1 Patumbak Tp

/2014. (Doctoral dissertation,

UNIMED).

Sulastri, I. S. (2015). Penerapan Pembelajaran

Strategi Problem Based Learning (PBL)

untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil

Belajar IPA/Biologi Bagi Siswa Kelas XI

Ak 1 SMK Negeri 1 Banyudono Kabupaten Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran

/2012. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan

Biologi, 8(1), 8-15.

Sulfiani, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA1 SMA

Negeri 3 Watampone (Studi pada Materi

Pokok Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur dan Bentuk Molekul). Chemica: Jurnal

Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 17

(1), 1-13.

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Syahdani, F., Wiwit, W., & Bahar, A. (2014).

Perbandingan Hasil Belajar Siswa

Menggunakan Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe NHT Dikombinasikan

Dengan Model Pembelajaran PBL Dengan

Model Pembelajaran Konvensional di

MAN 1 Model Kota Bengkulu. Sumatera:

Universitas Bengkulu.

Tanjung, I. F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

(TPS) dan Numbered Heads Together

(NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi

Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan.

Jurnal Nizhamiyah, 6(1)

Vygotsky, L. S. (1997). The collected works of

LS Vygotsky: Problems of the theory and

history of psychology (Vol. 3). Springer

Science & Business Media.

Wardani, C. K., & Siswanto, S. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif

Numbered Heads Together (NHT) Untuk

Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal

Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.