HUBUNGAN GREED, OPPORTUNITY, NEED DAN EXPOSURE DENGAN TINGKAT KECURANGAN AKADEMIK SISWA

Ditta Sekar Melati, Siswandari . ., Nurhasan Hamidi .

Abstract

ABSTRACT

The objectives of this research was to find out: (1) correlation between greed and the level of student academic dishonesty; (2) correlation between opportunity and the level of student academic dishonesty; (3) correlation between needs and the level of student academic dishonesty; (4) correlation between exposure and the level of student academic dishonesty; and (5) correlation between greed, opportunity, need and exposure with the level of student academic dishonesty.. This research used descriptive quantitative methodology. The population in this study were all students majoring in accounting at Vocational High School X. Samples of research were 140 students who were selected using proportional stratified random sampling technique. SPSS was used to test validity and reliability. Data of research were collected through questionnnaire and analyzed using regression and correlation analysis. The results of the research show that: (1) there is a positive and significant correlation between greed and academic dishonesty; (2) there is a positive and significant correlation between opportunity and academic dishonesty; (3) there is a positive and significant correlation between need and academic dishonesty (4) there is a negative and significant correlation between exposure and academic dishonesty; and (5) there is a positive and significant correlation between greed, opportunity, need, exposure together with academic dishonesty. The regression model is Y= 25.899+ 0.068X1+ 0.005X2+ 1.116X3-0.829X4.
Keywords: greed, opportunity, need, exposure, and academic dishonesty.

ABSTRAK

Tujuan adanya penelitian ini untuk mengetahui: (1) hubungan antara keserakahan dan tingkat kecurangan akademik siswa; (2) hubungan antara kesempatan dan tingkat kecurangan akademik siswa; (3) hubungan antara kebutuhan dan tingkat kecurangan akademik siswa; (4) hubungan antara pengungkapan dan tingkat kecurangan akademik siswa; dan (5) hubungan keserakahan, kesempatan, kebutuhan, dan penungkapan dengan tingkat kecurangan akademik siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK X yang berjumlah 214 peserta didik. Sampel ditentukan dengan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling yang berjumlah 140 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa angket dan analisis data menggunakan uji regresi dan uji korelasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan software SPSS for windows versi 16. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan positif antara keserakahan dan tingkat kecurangan akademik siswa; (2) terdapat hubungan positif antara kesempatan dan tingkat kecurangan akademik siswa; (3) terdapat hubungan positif antara kebutuhan dan tingkat kecurangan akademik siswa; (4) terdapat hubungan negatif antara pengungkapan dan tingkat kecurangan akademik siswa; dan (5) terdapat hubungan keserakahan, kesempatan, kebutuhan, dan pengungkapan secara bersama-sama dengan tingkat kecurangan akademik siswa. Model persamaan regresi yaitu Y= 25.899+ 0.068X1+ 0.005X2+ 1.116X-0.829X4.
Kata Kunci: Keserakahan, Kesempatan, Kebutuhan, Pengungkapan, dan Kecurangan Akademik

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Albrecht, W. Steve., Albreht, Chad. O.,

Albrecht, Conan C..,& Zimbelman, Mark

F.(2011).Fraud Examination. South

Western: Pamedia Global.

Anfas, Mahdi & Umasugi. (2018) Pengaruh

Gone Theory Terhadap Kecurangan

Akademi Mahasiswa Di Lingkungan

Universitas Terbuka. Jurnal

Universitas Terbuka Ternate, 2(2).

Artani, Ketut. & Wetra, I Wayan. (2017).

Pengaruh Academic Self Efficacy Dan

FraudDiamond Terhadap Perilaku

Kecurangan Akademik Mahasiswa

Akuntansi Di Bali. Bali: Jurnal

Riset Akuntansi, 7(2), 123-126.

Budiman, Nita Andriyani. (2018). Perilaku

Kecurangan Akademik Mahasiswa: DimensiFraud Diamond dan Gone Theory.

Universitas Muria Kudus. Jurnal Ilmu

Akuntansi, 11(1), 75 – 90.

Diatama, Viska Tria. (2019). Analisis Pengaruh

Dimensi Gone Theory Terhadap Academic Fraud (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Swasta

DiSurakarta). Jurnal Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Hasanah, Naimatul dan Diana, Nur. (2018).

Analisis Pengaruh Fraud Diamond

Dan Gone Theory Terhadap

Academic Fraud (Studi Kasus Terhadap

Mahasiswa Program Studi

Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri

DanPerguruan Tinggi Swasta Di

Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi,

(2).

Ismatullah, Ismet & Eriswanto, Elan. (2018).

Analisa Pengaruh Teori Gone Fraud

Terhadap Academic Fraud Di Universitas

Muhammadiyah Sukabumi. Riset

Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 1(2).

Kushartanti, Anugrahening. (2009). Perilaku

Menyontek Dintinjau Dari Kepercayaan

Diri. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala

Psikologi, 11(2), 38-46.

McCabe, L Donald., Trevino, Linda Klebe.,&

Butterfield. (2011). Cheating in

Academic Institutions: A Decade of Research. Ethics & Behavior.

Lawrence Erlbaum Associaties. 11(3),

-232.

Munirah, Anisatul & Nurkhin, Ahmad. (2018).

Pengaruh Faktor-Faktor Fraud

Diamond Dan Gone Theory

Terhadap Kecurangan Akademik.

EconomicEducation Analysis Journal, 3

(1).

Murdiansyah, Isnan., Sudarma, Made.,&

Nurkholis. (2017). Pengaruh Dimensi

FraudDiamond Terhadap Perilaku

Kecurangan Akademik (Studi Empiris

Pada Mahasiswa Magister Akuntansi

Universitas Brawijaya). Jurnal

Akuntansi Aktual, 4(2), 121-133.

Nurfarhanah. (2018). Perspektif Teori

Behavioristik Dalam Belajar Dan

Pembelajaran. Jurnal Universitas

Negeri Padang.

Pratama, Reza Yuka. (2017). Analisis Dimensi

Fraud Diamond Dan Gone Theory

Terhadap Academic Fraud (Studi

Kasus Mahasiswa Akuntansi Fakultas

Ekonomi Dan Bisnis Universitas

Muhammadiyah Surakarta). Jurnal

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setiyani, Luluk. (2018). Determinan Academic

Fraud Dalam Dimensi Fraud

Diamond Dan Gone Theory

(Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi

Angkatan 2014 Fakultas Ekonomi

Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah

Surakarta). Jurnal Universitas

Muhammadiyah Surakarta

Zaini, Mohammad., Carolina, Anita., &

Setiawan, Achdiar Redy. (2015). Analisis

Pengaruh Fraud Diamond Dan Gone

Theory Terhadap Academic Fraud

(Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi

Se-Madura). Jurnal Universitas

Trunojoyo Madura

Refbacks

  • There are currently no refbacks.