UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN KARTU SOAL PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK NEGERI 3 SURAKARTA

Sahara Fajarini ., Susilaningsih . ., Jaryanto . .

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study is to obtain empirical evidence about improving critical thinking skills of students of class XI AKL 1 SMK Negeri 3 Surakarta through the application of the Think Talk Write (TTW) assisted by question cards on financial accounting subjects. This research is a classroom action research (CAR). The subjects of this study were 36 students of class XI AKL 1. Data collection techniques used were tests, observations and documentation. Data validity test used were content validity and triangulation method. The data analysis technique used were quantitative descriptive analysis and qualitative descriptive. The study was conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. The results showed that the application of Think Talk Write model assisted by question cards can improve critical thinking skills. Increased critical thinking skills seen from the percentage of students who scored above 71.5. In the pre-action, only 14 students or 38.88% who got score above 71,5. However, increasing score occurred in the first and second cycles. In the first cycle the number of students who got score of ≥ 71.5 increased to 18 students or by 50%. In the second cycle the number of students who got score of ≥ 71.5 increased to 28 students or by 77.78%.
Keywords: Think Talk Write, Question Cards, Critical Thinking Ability.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh bukti empiris mengenai peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI AKL 1 SMK Negeri 3 Surakarta melalui penerapan model Think Talk Write (TTW) pada mata pelajaran akuntansi keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas XI AKL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think Talk Write berbantuan kartu soal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dilihat dari persentase peserta didik yang memperoleh nilai diatas 71,5. Pada pra tindakan hanya 14 peserta didik atau sebesar 38,88% yang memperoleh nilai ≥ 71,5, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 18 peserta didik atau sebesar 50% dan pada siklus II jumlah peserta didik yang memperoleh nilai ≥ 71,5 meningkat menjadi 28 peserta didik atau sebesar 77,78%.
Kata kunci: Think Talk Write, Kartu Soal, Kemampuan Berpikir Kritis.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2001). A

Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. (online).

Astuti, H., Martini, S.K., & Yamtinah, S. (2013).

Efektivitas Penggunaan Media TTS dan

Kartu Soal di dalam Metode Diskusi pada Materi Koloid Kelas XI Semester Genap SMA N Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. (Online).

(http://jurnal.fkip.uns.ac.id)

Bezanilla, M.J., Nogueira, D.F., Poblete, M., &

Dominguez, H.G. (2019). Methodologies for teaching-learning critical thinking in higher education: The teacher’s

view. Elsevier. https://doi.org/10.1016/

j.tsc.2019.

Bustami, Y., Riyati, Y., & Julung, H. (2019).

Think Talk Write with Picture Cards on

Human Digestive System: Impact of

Critical Thinking Skills. ResearchGate.

https://www.reserachgate.net/

publication/333559316

Cojocariu, V.M., & Butnaru, C.E. (2014). Asking Questions- Critical Thinking Tools.

Procedia-Social and Behavioral Science. Elsevier.

Ennis, R. (1996). Critical Thinking. Upper Saddle River. NJ: Prentice Hall.

Facione, P.A. (2013). Critical Thinking : What It

Is and Why It Counts. Milbrae: Measured

Reasons and The California Academic

Press.

Gunawan, I.W., Dibla, I.K., & Mahadewi, L.P.

(2016). Penerapan Model Think Talk

Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar

IPA. Jurnal Pendidikan Ganesha, 4 (1),

-12.

Huinker, D. & Laughlin. (1996). Talk You Way

into Writing. In. P. C. Elliot and M.J.

Kenney (Eds)

Iskandar, A. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari

Buana Murni.

Johnson, E. (2009). Contextual Teaching Learning. Terjemahan A Chaedar Alwasilah.

Jakarta: Khaifa Learning

Karim., & Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran

Matematika dengan Menggunakan Model JUCAMA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika.

Vol. 3 (1). 92-104.

Mulyasa. (2008). Manajemen Berbasis Sekolah,

Konsep, strategi dan Implementasi.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Redhana, I.W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan

Kimia Vol 13. No 1: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ririn, F., & Mukarramah, M. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write:

Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis SMKTI Bandarlampung. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. Vol 1 (3) 262-271:

UIN Raden Intan Lampung

Salim, H.A., Santosa, S., & Fatmawati, U.

(2015). Penerapan Model Pembelajaran

Problem Based Learning (PBL) Untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kritis Siswa X MIPA 2 SMA Negeri 6

Surakarta. Jurnal Bio Pedagogi, 4 (2),

-19: Universitas Sebelas Maret.

Sari, D.F. (2014). Pemecahan Masalah Berdasarkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik Dalam Mata Pelajaran

Akuntansi. Universitas Tangjungpura

Pontianak

Sariwati, L.N., Utami, B., & Masykuri, M.

(2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Peserta didik dengan Model Problem Solving Dilengkapi Media Kartu

Pintar Pada Materi Hukum Dasar Kimia

Kelas X MIA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia Vol 4

No 4 Tahun 2015, UNS Surakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suparya, I.K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write

(TTW) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal

Widyacarya, 2 (2) 19-24.

Sutawidjaja, A. & Jarnawi . (2011). Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Tijanah, E.T., Yanthi, N., & Halimah, L. (2016).

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis

Siswa Melalui Penerapan Think Talk

Write pada Pembelajaran IPA. Jurnal

Antologi: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahyuni, R., & Efuansyah. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project

(MMP) Menggunakan Strategi Think

Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan

Pemecahan Masalah. Jurnal Nasional

Pendidikan Matematika Vol 2 No 1 Hal

-36. http://jurnal.unswagati.ac.id/

index.php/JNPM/article/view/778/677

Yanuarta, L., Gofar, A., & Indriwati, E. (2016).

Pemberdayaan Kemampuan Berpikir

Kritis melalui Implementasi Model

Pembelajaran Think Talk Write Dipadu

Problem Based Learning. Prosiding

Pendidikan Biologi Vol 14 No 1 Hal

-271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.