HUBUNGAN PERPSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
Abstract
Abstract
This study aims to investigate: correlation between the students perception of teaching as a profes sion with the interest in becoming a teacher of Accounting education StudentsFaculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University; 2) correlation between the family environment and the interest in becoming a teacher in the Accounting Education StudentsFaculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University;3) the correlation between the students perception of teaching as a profession and family environment with the interest in becoming a teacher of Accounting education StudentsFaculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University.The research method used in this study is a quantitative method with the type of ex post facto research. The population in this study were students of the Sebelas Maret University Accounting Education Study Program 2016-2018 with 222 students. Sampling in this study uses a formula developed by Slovin. Data collection was carried out byinterview and questionnaire. Analysis of the data used in this study is a simple correlation, multiple correlation, F test and the coefficient of determination with a significance level of 0.05. Data was processed with the help of the SPSS (Statistical Product and Service Solution) data processing program version 22.00 for Windows.The results are as follows: (1) there is a positive and significant relationship between students' perceptions about the teaching profession and the interest in becoming a teacher in FKIP UNS Accounting Education students (rstat. = 0.723 > rcrit.= 0.1648 and the p-value < 0.05);. (2) there is a positive and significant relationship between the family environment and the interest in becoming a teacher in the FKIP UNS Accounting Education students (rstat. = 0.802> rcrit.= 0.1648 and the p-value < 0.05); (3) there is a positive and significant relationship between students' perceptions about the teaching profession and the family environment with an interest in becoming a teacher in Accounting students at Sebelas Maret University (F change = 209,177and that of sig. F change= 0,000 < 0,05).
Keywords: Student Perceptions of Teacher Profession, Family Environment, Interest in becoming a Teacher
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan persepsi mahasiswa tentang profesi guru dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; 2) hubungan lingkungan keluarga dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; 3) hubungan persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan lingkungan keluarga dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret angkatan 2016-2018 sebanyak 222 mahasiswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuisioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi sederhana, korelasi berganda, Uji F dan koefisien determinasi dengan taraf signifikansi 0,05. Data diolah dengan bantuan program pengolahan data SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 22.00 for Windows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS (rhitung = 0,723> rtabel= 0,1648; p < 0.05);(2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS (rhitung = 0,802 > rtabel= 0,1648; p < 0.05); (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan lingkungan keluarga dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret (F change = 209,177dan sig. F change= 0,000 < 0,05).
Kata kunci: Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Minat menjadi Guru
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta:
Rineka Cipta.
Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior (2nd edition). Berkshire, UK:
Open University Press – McGraw Hill
Education.
Ardyani, A., & Latifah, L. (2014). Analisis
Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat
Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan
Akuntansi Angkatan 2010 Universitas
Negeri Semarang. Economic Analysis
Journal, 3 (2), 232-240.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: PR Rineka Cipta.
Bakar, I., & Hamzah. (2014). Teaching as a Career Choice: a discriminant Analysisof
Factors as Perceived by Technical and
Vocational Education (TVE) Student
Teachers in Malaysia. Middle-East J.
Sci., 69-75. Retrieved from http://
www.idosi.org/mejsr/mejsr19(icmrp)
/11.pdf
Destria, Y., Effendi, M., & Armiati. (2015).
Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Program Pendidikan Profesi Guru Terhadap Minat
Menjadi Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 15-21.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariant Dengan Program SPSS. Semarang:
BP Universitas Diponegoro.
Hasanah, A. (2012). Pengembangan Profesi
Guru. Bandung: Pustaka Setia.
Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga: Teori
dan Praktis. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Hurlock, E. (2010). Perkembangan Anak Jilid 2.
Jakarta: Erlangga.
Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik
Dalam Proses Pembelajaran Berbasis
Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama
Islam, 69-80.
Kusnandar. (2009). Guru Profesional
(Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi
Guru). Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.
Muhibbin, S. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta:
Rajawali Press.
Mulyana, A., & Waluyo, I. (2016). Pengaruh
Persepsi tentang Profesi Guru dan Informasi Dunia Kerja terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Kajian Pendidikan
Akuntansi Indonesia Edisi 8, 1-10.
Mustagfirin. (2019, Agustus). Lima Langkah
Kemendikbud Jawab Kekurangan Guru
Produktif SMK. Retrieved from Kemendikbud: https://
jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/
lima-langkah-kemendikbud-jawab kekurangan-guru-produktif-smk
Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan
Pendukung Konseling. Padang: FIP
UNP.
Rahadian, D. (2015). Peran Dan Kedudukan
Guru Dalam Masyarakat. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi, 26-37.
Rahmanto, A. (2011). Hubungan Natara Locus
of Control Internal dengan Kematangan
Karir Pada Siswa Kelas XII SMKN Purworejo. Jurnal Pendidikan, 15-31.
Sami'an, S. A., & Premana, A. (2014). Hubungan Antara Peran Guru Pamong dan
Minat Mahasiswa Menjadi Guru dengan
Prestasi Program Pengalaman Lapangan
(PPL) Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS. Jurnal
Pendidikan Ilmu Sosial, 47-53.
Santoso, C. B. (2014). Pengaruh Lingkungan
Keluarga, Motivasi dan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Akuntan Publik
Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik
Pada Mahasiswa Program Studi
Akuntansi Universitas Riau Kepulauan
Batam. Jurnal Measurement Vol.8 No.1,
-11.
Sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengalaman PPP,
Lingkungan Keluarga, dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Pada
Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. JUPE.
Volime 6 Nomor 3, 161-168.
Setiono, K. (2011). Psikologi Keluarga. Bandung: PT Alumni.
Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Siregar, S. (2016). Statistik Parametrik untuk
Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi
Aksara.
Siswoyo, D., & dkk. (2013). Ilmu Pendidikan.
Yogyakarta: UNY Press.
Situmorang, J. B., & Winarno. (2008). Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik.
Klaten: Saka Mitra Kompetensi.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. ( 2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suprahatiningrum, J. (2013). Guru Profesional:
Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sutama. (2012). Metode Penelitian Pendidikan
Kuantitatif, Kualitatif, PTK dan R & D.
Kartasura: Fairus Media.
Wahyudi, I. (2012). Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Prestasi
Pustakarya.
Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh
Persepsi Profesi Guru, Lingkungan
Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat
Menjadi Guru. Economic Education
Analysis Journal, 669-682.
Wildan, M., & dkk. (2016). Faktor-Faktor yang
Memengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi
Guru pada Prodi Pendidikan Akuntansi
FKIP UNS. Jurnal "Tata Arta" UNS
Vol.2 No.1, 12-26.
Yuniarti, R., & Setyorini, D. (2017). The Effect
Of Teacher Profession Perception And
Family Environment Toward Accounting
Teacher Interest. Kajian Pendidikan
Akuntansi Indonesia, 5, 1-11.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang
Memengaruhinya . Jakarta : PT Rineka
Cipta.
Stoltz, P. (2004). Adversity Quotient: Mengubah
Hambatan Menjadi Peluang. Terj. T.
Hermaya. Jakarta: PT Grasindo. (Buku
asli diterbitkan 1997).
Suryabrata, S. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suryadi, B & Santosa, T. I. (2017). Self-Efficacy, Adversity Quotient and Students' Achievment in Mathematics. International Education Studies, 10, 12-19.
Suwardjono. (2014). Teori Akuntansi:
Perekayasaan Pelaporan Keuangan .
Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta .
Thomas, S. (2012). A Study of Adversity Quotient of Secondary School Students in
relation of Their Academic Self Concept and Achievement Motivation. Thesis.
Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pendidikan dan
Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Umum.
Zumbrunn, S. (2011). Encourage Self Regulated
Learning in the Classroom. Metropolitan
Educational Research Consortium
Refbacks
- There are currently no refbacks.