HUBUNGAN PERPSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Rizal Adhetya Kurniawan, Siswandari . ., Jaryanto . .

Abstract

Abstract

This study aims to investigate: correlation between the students perception of teaching as a profes sion with the interest in becoming a teacher of Accounting education StudentsFaculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University; 2) correlation between the family environment and the interest in becoming a teacher in the Accounting Education StudentsFaculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University;3) the correlation between the students perception of teaching as a profession and family environment with the interest in becoming a teacher of Accounting education StudentsFaculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University.The research method used in this study is a quantitative method with the type of ex post facto research. The population in this study were students of the Sebelas Maret University Accounting Education Study Program 2016-2018 with 222 students. Sampling in this study uses a formula developed by Slovin. Data collection was carried out byinterview and questionnaire. Analysis of the data used in this study is a simple correlation, multiple correlation, F test and the coefficient of determination with a significance level of 0.05. Data was processed with the help of the SPSS (Statistical Product and Service Solution) data processing program version 22.00 for Windows.The results are as follows: (1) there is a positive and significant relationship between students' perceptions about the teaching profession and the interest in becoming a teacher in FKIP UNS Accounting Education students (rstat. = 0.723 > rcrit.= 0.1648 and the p-value < 0.05);. (2) there is a positive and significant relationship between the family environment and the interest in becoming a teacher in the FKIP UNS Accounting Education students (rstat. = 0.802> rcrit.= 0.1648 and the p-value < 0.05); (3) there is a positive and significant relationship between students' perceptions about the teaching profession and the family environment with an interest in becoming a teacher in Accounting students at Sebelas Maret University (F change = 209,177and that of sig. F change= 0,000 < 0,05).
Keywords: Student Perceptions of Teacher Profession, Family Environment, Interest in becoming a Teacher

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan persepsi mahasiswa tentang profesi guru dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; 2) hubungan lingkungan keluarga dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; 3) hubungan persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan lingkungan keluarga dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret angkatan 2016-2018 sebanyak 222 mahasiswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuisioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi sederhana, korelasi berganda, Uji F dan koefisien determinasi dengan taraf signifikansi 0,05. Data diolah dengan bantuan program pengolahan data SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 22.00 for Windows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS (rhitung = 0,723> rtabel= 0,1648; p < 0.05);(2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS (rhitung = 0,802 > rtabel= 0,1648; p < 0.05); (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan lingkungan keluarga dengan minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret (F change = 209,177dan sig. F change= 0,000 < 0,05).
Kata kunci: Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Minat menjadi Guru

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta:

Rineka Cipta.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior (2nd edition). Berkshire, UK:

Open University Press – McGraw Hill

Education.

Ardyani, A., & Latifah, L. (2014). Analisis

Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat

Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan

Akuntansi Angkatan 2010 Universitas

Negeri Semarang. Economic Analysis

Journal, 3 (2), 232-240.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: PR Rineka Cipta.

Bakar, I., & Hamzah. (2014). Teaching as a Career Choice: a discriminant Analysisof

Factors as Perceived by Technical and

Vocational Education (TVE) Student

Teachers in Malaysia. Middle-East J.

Sci., 69-75. Retrieved from http://

www.idosi.org/mejsr/mejsr19(icmrp)

/11.pdf

Destria, Y., Effendi, M., & Armiati. (2015).

Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Program Pendidikan Profesi Guru Terhadap Minat

Menjadi Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 15-21.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi

Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariant Dengan Program SPSS. Semarang:

BP Universitas Diponegoro.

Hasanah, A. (2012). Pengembangan Profesi

Guru. Bandung: Pustaka Setia.

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga: Teori

dan Praktis. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Hurlock, E. (2010). Perkembangan Anak Jilid 2.

Jakarta: Erlangga.

Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik

Dalam Proses Pembelajaran Berbasis

Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama

Islam, 69-80.

Kusnandar. (2009). Guru Profesional

(Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi

Guru). Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.

Muhibbin, S. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta:

Rajawali Press.

Mulyana, A., & Waluyo, I. (2016). Pengaruh

Persepsi tentang Profesi Guru dan Informasi Dunia Kerja terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Kajian Pendidikan

Akuntansi Indonesia Edisi 8, 1-10.

Mustagfirin. (2019, Agustus). Lima Langkah

Kemendikbud Jawab Kekurangan Guru

Produktif SMK. Retrieved from Kemendikbud: https://

jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/

lima-langkah-kemendikbud-jawab kekurangan-guru-produktif-smk

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan

Pendukung Konseling. Padang: FIP

UNP.

Rahadian, D. (2015). Peran Dan Kedudukan

Guru Dalam Masyarakat. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi, 26-37.

Rahmanto, A. (2011). Hubungan Natara Locus

of Control Internal dengan Kematangan

Karir Pada Siswa Kelas XII SMKN Purworejo. Jurnal Pendidikan, 15-31.

Sami'an, S. A., & Premana, A. (2014). Hubungan Antara Peran Guru Pamong dan

Minat Mahasiswa Menjadi Guru dengan

Prestasi Program Pengalaman Lapangan

(PPL) Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS. Jurnal

Pendidikan Ilmu Sosial, 47-53.

Santoso, C. B. (2014). Pengaruh Lingkungan

Keluarga, Motivasi dan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Akuntan Publik

Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik

Pada Mahasiswa Program Studi

Akuntansi Universitas Riau Kepulauan

Batam. Jurnal Measurement Vol.8 No.1,

-11.

Sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengalaman PPP,

Lingkungan Keluarga, dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Pada

Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. JUPE.

Volime 6 Nomor 3, 161-168.

Setiono, K. (2011). Psikologi Keluarga. Bandung: PT Alumni.

Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Siregar, S. (2016). Statistik Parametrik untuk

Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi

Aksara.

Siswoyo, D., & dkk. (2013). Ilmu Pendidikan.

Yogyakarta: UNY Press.

Situmorang, J. B., & Winarno. (2008). Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik.

Klaten: Saka Mitra Kompetensi.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. ( 2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprahatiningrum, J. (2013). Guru Profesional:

Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sutama. (2012). Metode Penelitian Pendidikan

Kuantitatif, Kualitatif, PTK dan R & D.

Kartasura: Fairus Media.

Wahyudi, I. (2012). Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Prestasi

Pustakarya.

Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh

Persepsi Profesi Guru, Lingkungan

Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat

Menjadi Guru. Economic Education

Analysis Journal, 669-682.

Wildan, M., & dkk. (2016). Faktor-Faktor yang

Memengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi

Guru pada Prodi Pendidikan Akuntansi

FKIP UNS. Jurnal "Tata Arta" UNS

Vol.2 No.1, 12-26.

Yuniarti, R., & Setyorini, D. (2017). The Effect

Of Teacher Profession Perception And

Family Environment Toward Accounting

Teacher Interest. Kajian Pendidikan

Akuntansi Indonesia, 5, 1-11.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang

Memengaruhinya . Jakarta : PT Rineka

Cipta.

Stoltz, P. (2004). Adversity Quotient: Mengubah

Hambatan Menjadi Peluang. Terj. T.

Hermaya. Jakarta: PT Grasindo. (Buku

asli diterbitkan 1997).

Suryabrata, S. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryadi, B & Santosa, T. I. (2017). Self-Efficacy, Adversity Quotient and Students' Achievment in Mathematics. International Education Studies, 10, 12-19.

Suwardjono. (2014). Teori Akuntansi:

Perekayasaan Pelaporan Keuangan .

Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta .

Thomas, S. (2012). A Study of Adversity Quotient of Secondary School Students in

relation of Their Academic Self Concept and Achievement Motivation. Thesis.

Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pendidikan dan

Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Umum.

Zumbrunn, S. (2011). Encourage Self Regulated

Learning in the Classroom. Metropolitan

Educational Research Consortium

Refbacks

  • There are currently no refbacks.