HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI DOSEN DAN DISIPLIN DIRI MAHASISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR

Juwita Sari ., Ngadiman . ., Renata Zoraifi .

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study to determine correlation between (1) students perceptions about lecturer competencies with learning achievement; (2) students' self-discipline and learning achievement; and (3) students perception of lecturer competence and student self-discipline with learning achievement. The research method used descriptive quantitative. The sample used in this study was 58 students of 2016. The data collection techniques used in this study are using questionnaire and documentation. Analysis of the data used in this study is the correlation test and multiple regression test with a significance level of 0.05. The results showed that: (1) there was no positive and significant relationship between students perceptions of lecturer competencies with learning achievement (-0.003 <0.218 and 0.983 > 0.05); (2) there is a positive and significant relationship between student self-discipline and learning achievement (0.342> 0.218 and 0.009 <0.05); and (3) there is a positive and significant relationship between students perceptions of lecturer competence and student self-discipline with learning achievement, which is shown through the Sig. F change 0.028 <0.05. The relationship model between the three variables is Y = 3,016 – 0,002 X1 + 0,027 X2.
Keywords: lecturer competence, self-discipline, learning achievement

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1) persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dengan prestasi belajar; (2) disiplin diri mahasiswa dengan prestasi belajar; dan (3) persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dan disiplin diri mahasiswa dengan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 58 mahasiswa angkatan 2016.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji korelasi dan uji regresi ganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dengan prestasi belajar (-0,003 < 0,218 dan 0,983 > 0,05); (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin diri mahasiswa dengan prestasi belajar (0,342 > 0,218 dan 0,009 < 0,05); dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dan disiplin diri mahasiswa dengan prestasi belajar, yang ditunjukkan melaui nilai Sig. F change 0,028 < 0,05. Model hubungan antara ketiga variabel tersebut yaitu Y = 3,016 – 0,002 X1 + 0,027 X2.
Kata Kunci: kompetensi dosen, disiplin diri, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, A & Supriyono, W. (2013). Psikologi

Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Manajemen Pengajaran.

Jakarta: Rineka Cipta.

Astrini. (2010). Hubungan Antara Kompetensi

Guru dan Kedisiplinan Siswa dengan

Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS

SMA Muhammadiyah 1 Klaten Tahun

Ajaran 2009/2010. Surakarta: Univer

sitas Sebelas Maret.

Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan

Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.

Gorbunovs, A., Kapenieks, A., & Cakula, S.

(2016). Self-discipline as a key indica

tor to improve learning outcomes in e-

learning environment. Procedia Social

and Behavioral Sciences. 231 (2016),

-267.

Isnaeni, S N & Sumilah. (2018). Hubungan

Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar

terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal

Kreatif, 8 (2), 129-137.

Mahasin, M N. (2017). Pengaruh Persepsi

Mahasiswa Tentang Kinerja Dosen dan

Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar

Ekonomi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan

Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Yogyakarta: Universitas Negeri

Yogyakarta.

Ma’sumah, S. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar

terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas

IV Sekolah Dasar Negeri Se- Daerah

Binaan II Kecamatan Pertanahan Kabu

paten Kebumen. Semarang: Univer

sitas Negeri Semarang.

Mubasiroh, R.Z. (2016). Pengaruh Persepsi

tentang Profesi Guru Program Pen

galaman Lapangan terhadap Minat

Menjadi Guru pada Mahasiswa Pro

gram Studi Pendidikan Akuntansi FKIP

UNS Tahun 2016. Surakarta: Univer

sitas Sebelas Maret.

Njoroge, P.M & Nyabuto, A.N. (2014). Disci

pline as a Factor in Academic Perfor

mance in Kenya. Journal of Educational

an Search Research. 4 (1), 289-307.

Prasojo, R.J. (2014). Pengaruh Perhatian Orang

Tua dan Kedisiplinan Belajar terhadap

Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS.

Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran

Semarang, 2 (1), 1-11.

Rahartiwi, M. (2016). Hubungan Antara Kedi

siplinan dengan Hasil Belajar Siswa Kelas

V SD Gugus Srikandi Semarang Barat.

Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang

Republik Indonesia Tentang Guru dan

Dosen. Jakarta: Kementrian Pendidikan

Nasional.

Rusdiana, & Heryati, Y. (2015). Pendidikan

Profesi Keguruan. Bandung: Pustaka

Setia.

Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada.

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan

Siswa terhadap Prestasi Belajar Ma

tematika. Jurnal Formatif, 7(1), 83-

Wulandari, N. (2015). Pengaruh Computer

Knowledge, Computer Attitude, dan

Fasilitas Laboratorium Komputer ter

hadap Hasil Belajar Komputer

Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi

SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pen

didikan Akuntansi, 0 (0)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.