HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI DOSEN DAN DISIPLIN DIRI MAHASISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this study to determine correlation between (1) students perceptions about lecturer competencies with learning achievement; (2) students' self-discipline and learning achievement; and (3) students perception of lecturer competence and student self-discipline with learning achievement. The research method used descriptive quantitative. The sample used in this study was 58 students of 2016. The data collection techniques used in this study are using questionnaire and documentation. Analysis of the data used in this study is the correlation test and multiple regression test with a significance level of 0.05. The results showed that: (1) there was no positive and significant relationship between students perceptions of lecturer competencies with learning achievement (-0.003 <0.218 and 0.983 > 0.05); (2) there is a positive and significant relationship between student self-discipline and learning achievement (0.342> 0.218 and 0.009 <0.05); and (3) there is a positive and significant relationship between students perceptions of lecturer competence and student self-discipline with learning achievement, which is shown through the Sig. F change 0.028 <0.05. The relationship model between the three variables is Y = 3,016 – 0,002 X1 + 0,027 X2.
Keywords: lecturer competence, self-discipline, learning achievement
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1) persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dengan prestasi belajar; (2) disiplin diri mahasiswa dengan prestasi belajar; dan (3) persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dan disiplin diri mahasiswa dengan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 58 mahasiswa angkatan 2016.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji korelasi dan uji regresi ganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dengan prestasi belajar (-0,003 < 0,218 dan 0,983 > 0,05); (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin diri mahasiswa dengan prestasi belajar (0,342 > 0,218 dan 0,009 < 0,05); dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dan disiplin diri mahasiswa dengan prestasi belajar, yang ditunjukkan melaui nilai Sig. F change 0,028 < 0,05. Model hubungan antara ketiga variabel tersebut yaitu Y = 3,016 – 0,002 X1 + 0,027 X2.
Kata Kunci: kompetensi dosen, disiplin diri, prestasi belajar
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, A & Supriyono, W. (2013). Psikologi
Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Manajemen Pengajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Astrini. (2010). Hubungan Antara Kompetensi
Guru dan Kedisiplinan Siswa dengan
Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS
SMA Muhammadiyah 1 Klaten Tahun
Ajaran 2009/2010. Surakarta: Univer
sitas Sebelas Maret.
Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan
Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.
Gorbunovs, A., Kapenieks, A., & Cakula, S.
(2016). Self-discipline as a key indica
tor to improve learning outcomes in e-
learning environment. Procedia Social
and Behavioral Sciences. 231 (2016),
-267.
Isnaeni, S N & Sumilah. (2018). Hubungan
Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar
terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal
Kreatif, 8 (2), 129-137.
Mahasin, M N. (2017). Pengaruh Persepsi
Mahasiswa Tentang Kinerja Dosen dan
Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar
Ekonomi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan
Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Yogyakarta: Universitas Negeri
Yogyakarta.
Ma’sumah, S. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar
terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas
IV Sekolah Dasar Negeri Se- Daerah
Binaan II Kecamatan Pertanahan Kabu
paten Kebumen. Semarang: Univer
sitas Negeri Semarang.
Mubasiroh, R.Z. (2016). Pengaruh Persepsi
tentang Profesi Guru Program Pen
galaman Lapangan terhadap Minat
Menjadi Guru pada Mahasiswa Pro
gram Studi Pendidikan Akuntansi FKIP
UNS Tahun 2016. Surakarta: Univer
sitas Sebelas Maret.
Njoroge, P.M & Nyabuto, A.N. (2014). Disci
pline as a Factor in Academic Perfor
mance in Kenya. Journal of Educational
an Search Research. 4 (1), 289-307.
Prasojo, R.J. (2014). Pengaruh Perhatian Orang
Tua dan Kedisiplinan Belajar terhadap
Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS.
Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran
Semarang, 2 (1), 1-11.
Rahartiwi, M. (2016). Hubungan Antara Kedi
siplinan dengan Hasil Belajar Siswa Kelas
V SD Gugus Srikandi Semarang Barat.
Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang
Republik Indonesia Tentang Guru dan
Dosen. Jakarta: Kementrian Pendidikan
Nasional.
Rusdiana, & Heryati, Y. (2015). Pendidikan
Profesi Keguruan. Bandung: Pustaka
Setia.
Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada.
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan
Siswa terhadap Prestasi Belajar Ma
tematika. Jurnal Formatif, 7(1), 83-
Wulandari, N. (2015). Pengaruh Computer
Knowledge, Computer Attitude, dan
Fasilitas Laboratorium Komputer ter
hadap Hasil Belajar Komputer
Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi
SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pen
didikan Akuntansi, 0 (0)
Refbacks
- There are currently no refbacks.