PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS PROYEK DAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA PADA PEMBELAJARAN SPREADSHEET DI SMK

Ahmad Wahyudi ., Ngadiman . ., Dini Octoria .

Abstract

ABSTRACT

The objective of this research is to determine the differences in learning outcomes using a project based learning and peer tutoring type cooperative in spreadsheets learning at State Vocational High School. This research used the quasi-experimental research method with randomized control group pretest-posttest design. The population in this research were students of class X accounting expertise program at State Vocational High School, totaling 108 students. The sample in this research was students in grade X AK 1 as control class and those in grade X AK 2 as experimental class, each of which consisted of 36 students. The data of the research were collected through tests and documentation. The data of the research were analyzed by using Independent sample T-Test. The results of the reserach showed there were differences in learning outcomes using the project-based learning and the cooperative type of peer tutors in spreadsheets learning at State Vocational High School as indicated by the value of Sig. (2-tailed) < α (0,000 <0.05). Learning outcomes Spreadsheet using a project-based learning are higher than learning outcomes spreadsheet using a peer tutoring cooperative model.
Keywords : Learning Outcomes, Project Based Learning, Cooperative Type Peer Tutoring

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model berbasis proyek dan kooperatif tipe tutor sebaya pada pembelajaran spreadsheet di SMK. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan model the randomized control group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian akuntansi (AK) di SMK N yang berjumlah 108 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X AK 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X AK 2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 36 peserta didik dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Independent sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model berbasis proyek dan kooperatif tipe tutor sebaya pada pembelajaran spreadsheet di SMK. Hal tersebut dapat dilihat melalui hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) < α (0,000<0,05). Hasil belajar spreadsheet menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dari pada hasil belajar spreadsheet yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe tutor sebaya.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kooperatif Tipe Tutor Sebaya

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

AbdilRaheem, Yusuf., Yusuf,Hamdallat T.,and

Odutayo, Adesegun O.,(2017) Effect of

Peer Tutoring on Students Academic

Performancein Economics in Ilorin

South, Nigeria. Journal of Peer

Learning,10(7), 95-102.

Abdullah, S. (2013). Inovasi Pembelajaran.

Jakarta: Bumi Aksara.

Ayan, M. (2012). Proje Tabanli Ogrenme

Yaklasiminin Ilkogretim Ogrencilerinin

Fen Bilgisi Dersi Akademik Basari

Duzeyine Etkisi. Journal of turkish

educational sciences, 10(1), 167-183.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

DPRD Provinsi Jawa Tengah. (2008).

Peraturan Pemerintah Daerah No 3

Tahun 2008 tentang RPJPD Provinsi

Jawa Tengah tahun 2005-2025.

Semarang: DPRD Jawa Tengah.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan

kontekstual dalam Pembelajaran Abad

Bogor: Ghalia Indonesia.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning. Bandung:

Alfabeta.

Kizkapan,O & Bektas, O. (2017). The Effect of

Project based learning on saventh grade

students academic achievement.

International Journal of Instruction, 10

(1), 37-54.

Kunandar. (2013). Penilaian Authentik

(Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik

Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Mills E. J & Treagust. F. (2003). Engineering

Education Is problem Based or Project

Based Learning the Answer?.

Australia: AAEE.

Ndirika, C, M & Ubani, C, C. (2017). Peer

tutoring teaching strategy amd

academic achievement of seconary

school biology students in umuahia

education zone, Nigeria. Journal of

Research & method in Education, 7 (3),

-78.

Noviar, N. (2017). Aplikasi Pengolah Angka/

Spreadsheet. Jakarta: Penerbit

Erlangga.

Prihatin, M, S. Pengaruh Fasilitas

Belajar, Gaya Belajar dan Minat

Belajar Terhadap Hasil Belajar

Mata Pelajaran Ekonomi Peserta

didik Kelas X IIS SMA NEGERI

SEYEGAN Tahun Ajaran

/2017. Skripsi:

Universitas Negeri Yogyakarta.

Putro, W, E. (2014). Penilaian Hasil

Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Republik Indonesia. Undang-Undang No. 20

Tahun 2003 tentang sistem pendidikan

nasional . Jakarta: Sekretariat Negara.

Ruhana, I. (2012). Pengembangan Kualitas

Sumber Daya Manusia VS Daya Saing

Global. Jurnal Profit, 6 (1), 50-56.

Sukmana, A. R. (2015). Pengaruh

Model Pembelajaran Berbasis

Proyek ( Project Based Learning)

Terhadap Hasil Belajar Peserta

didik. Bandung: Universitas

Pendidikan Indonesia.

Suryanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan

anak usia dini. Yogyakarta: Universitas

Negeri Yogyakarta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Kencana Pranada Media

Group.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan

dengan pendekatan baru. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

UNESCO. (2015). Incheon Declaration and

Framework for Action (for

Implemantation sustainable

development goal4), Education 2030).

Seoul : UNESCO

United Nations Development Program. (2018).

Human Development Report 2018.

Diperoleh pada 14 November 2018,

dari http://hdr.undp.org/en/2018-update.

New York : UNDP

Refbacks

  • There are currently no refbacks.