PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS PROYEK DAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA PADA PEMBELAJARAN SPREADSHEET DI SMK
Abstract
ABSTRACT
The objective of this research is to determine the differences in learning outcomes using a project based learning and peer tutoring type cooperative in spreadsheets learning at State Vocational High School. This research used the quasi-experimental research method with randomized control group pretest-posttest design. The population in this research were students of class X accounting expertise program at State Vocational High School, totaling 108 students. The sample in this research was students in grade X AK 1 as control class and those in grade X AK 2 as experimental class, each of which consisted of 36 students. The data of the research were collected through tests and documentation. The data of the research were analyzed by using Independent sample T-Test. The results of the reserach showed there were differences in learning outcomes using the project-based learning and the cooperative type of peer tutors in spreadsheets learning at State Vocational High School as indicated by the value of Sig. (2-tailed) < α (0,000 <0.05). Learning outcomes Spreadsheet using a project-based learning are higher than learning outcomes spreadsheet using a peer tutoring cooperative model.
Keywords : Learning Outcomes, Project Based Learning, Cooperative Type Peer Tutoring
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model berbasis proyek dan kooperatif tipe tutor sebaya pada pembelajaran spreadsheet di SMK. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan model the randomized control group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X program keahlian akuntansi (AK) di SMK N yang berjumlah 108 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X AK 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X AK 2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 36 peserta didik dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Independent sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model berbasis proyek dan kooperatif tipe tutor sebaya pada pembelajaran spreadsheet di SMK. Hal tersebut dapat dilihat melalui hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) < α (0,000<0,05). Hasil belajar spreadsheet menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dari pada hasil belajar spreadsheet yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe tutor sebaya.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kooperatif Tipe Tutor Sebaya
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
AbdilRaheem, Yusuf., Yusuf,Hamdallat T.,and
Odutayo, Adesegun O.,(2017) Effect of
Peer Tutoring on Students Academic
Performancein Economics in Ilorin
South, Nigeria. Journal of Peer
Learning,10(7), 95-102.
Abdullah, S. (2013). Inovasi Pembelajaran.
Jakarta: Bumi Aksara.
Ayan, M. (2012). Proje Tabanli Ogrenme
Yaklasiminin Ilkogretim Ogrencilerinin
Fen Bilgisi Dersi Akademik Basari
Duzeyine Etkisi. Journal of turkish
educational sciences, 10(1), 167-183.
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
DPRD Provinsi Jawa Tengah. (2008).
Peraturan Pemerintah Daerah No 3
Tahun 2008 tentang RPJPD Provinsi
Jawa Tengah tahun 2005-2025.
Semarang: DPRD Jawa Tengah.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan
kontekstual dalam Pembelajaran Abad
Bogor: Ghalia Indonesia.
Isjoni. (2011). Cooperative Learning. Bandung:
Alfabeta.
Kizkapan,O & Bektas, O. (2017). The Effect of
Project based learning on saventh grade
students academic achievement.
International Journal of Instruction, 10
(1), 37-54.
Kunandar. (2013). Penilaian Authentik
(Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik
Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
Mills E. J & Treagust. F. (2003). Engineering
Education Is problem Based or Project
Based Learning the Answer?.
Australia: AAEE.
Ndirika, C, M & Ubani, C, C. (2017). Peer
tutoring teaching strategy amd
academic achievement of seconary
school biology students in umuahia
education zone, Nigeria. Journal of
Research & method in Education, 7 (3),
-78.
Noviar, N. (2017). Aplikasi Pengolah Angka/
Spreadsheet. Jakarta: Penerbit
Erlangga.
Prihatin, M, S. Pengaruh Fasilitas
Belajar, Gaya Belajar dan Minat
Belajar Terhadap Hasil Belajar
Mata Pelajaran Ekonomi Peserta
didik Kelas X IIS SMA NEGERI
SEYEGAN Tahun Ajaran
/2017. Skripsi:
Universitas Negeri Yogyakarta.
Putro, W, E. (2014). Penilaian Hasil
Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Republik Indonesia. Undang-Undang No. 20
Tahun 2003 tentang sistem pendidikan
nasional . Jakarta: Sekretariat Negara.
Ruhana, I. (2012). Pengembangan Kualitas
Sumber Daya Manusia VS Daya Saing
Global. Jurnal Profit, 6 (1), 50-56.
Sukmana, A. R. (2015). Pengaruh
Model Pembelajaran Berbasis
Proyek ( Project Based Learning)
Terhadap Hasil Belajar Peserta
didik. Bandung: Universitas
Pendidikan Indonesia.
Suryanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan
anak usia dini. Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta: Kencana Pranada Media
Group.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan
dengan pendekatan baru. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
UNESCO. (2015). Incheon Declaration and
Framework for Action (for
Implemantation sustainable
development goal4), Education 2030).
Seoul : UNESCO
United Nations Development Program. (2018).
Human Development Report 2018.
Diperoleh pada 14 November 2018,
dari http://hdr.undp.org/en/2018-update.
New York : UNDP
Refbacks
- There are currently no refbacks.