UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING BERBANTU MIND MAP PADA SISWA KELAS XI AKL SMK Y
Abstract
Abstract
This research aims to improve accounting learning outcomes of XI grade students from SMK Y viewed from cognitive and psychomotor aspect by applying mind map assisted scaffolding learning models. The cognitive domain is limited to the fourth level, which is to analyze while the psychomotor domain is limited to the fourth domain, the mechanism. The subject of this research were XI grade students of accounting which consisted of 30 students. The research subject data used in the study were 24 students because they considered the consistency factor in participating in the application of the scaffolding learning model using mind map. This research was belonged to classroom action research which had been done in two cycles. The data was obtained by using the test, observation and documentation. The data analysis technique used in this research was quantitative descriptive and and qualitative data. This research was considered successful when it reached the research performance indicator, which was 75%. Cognitive aspect of student learning results in pre-cycle period were 50%, increased in cycle I to 70,84%, and again increased in cycle II to 95,83%. psychomotor aspect of student learning results in pre-cycle period were 50%. psychomotor aspect of student learning results in cycle I showed 76,25%, increased in cycle II to 83,96%.
Keywords : Scaffolding learning model, mind map, and learning result.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AKL SMK Y dilihat dari aspek kognitif dan psikomotorik dengan penerapan model pembelajaran scaffolding berbantu mind map. Ranah kognitif dibatasi hanya sampai tingkatan keempat, yaitu menganalisis sedangkan untuk ranah psikomotorik dibatasi hanya sampai tingkatan keempat, yaitu mekanisme. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AKL yang terdiri dari 30 siswa. Data subjek penelitian yang akhirnya digunakan dalam penelitian ini sebanyak 24 siswa karena pertimbangan faktor konsistensi dalam partisipasi penerapan model pembelajaran scaffolding berbantu mind map. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif dan data kualitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila mencapai indikator kinerja penelitian yaitu 75%. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa melalui penerapan model pembelajaran scaffolding berbantu mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar aspek kognitif siswa pada pratindakan diperoleh sebesar 50%, meningkat pada siklus I menjadi 70,84%, dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 95,83%. Hasil belajar aspek psikomotorik pada pratindakan diperoleh sebesar 50%. Hasil belajar aspek psikomotorik pada siklus I menunjukkan 76,25%, meningkat pada siklus II sebesar 83,96%.
Kata Kunci : Model pembelajaran scaffolding, mind map, dan hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi
Aksara.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map.
Jakarta: Gramedia.
DPRD Provinsi Jawa Tengah. (2008). Peraturan
Pemerintah Daerah No 3 Tahun 2008
tentang RPJPD Provinsi Jawa Tengah
tahun 2005-2025. Diperoleh pada 14
November 2018, dari http://
dprd.jatengprov.go.id/.
Fathiyah, A.N, dkk. (2018). Penerapan Strategi
Pembelajaran Scaffolding pada Materi
Gelombang Bunyi dan Cahaya Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas
XI di MAN 1 INHIL. JOM FKIP, 5 (2).
Irliyani, dkk. (2018). Implementasi Model
Discovery Based Learning Berbantuan
Mind Mapping terhadap Sikap Ilmiah
dan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Materi Koloid. JCAE: Journal Of
Chemistry and Education, 2 (1).
Diperoleh pada 20 Agustus 2019 dari
http://jtam.ulm.ac.id.
Mamin, R. (2008). Penerapan Metode
Pembelajaran Scaffolding pada Pokok
Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal
Chemica, 10 (2), 55-60.
Mansyur, M. (2017). Metode Pembelajaran
Jigsaw Menggunakan Peta Konsep untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Siswa Sekolah Menengah Pertama. Suara
Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial,
Sains, dan Humaniora, 3 (1).
Martinis. (2014). Teaching materials
development scaffolding learning based
models in arabic education students.
International Journal of Science and
Research (IJSR) ISSN: 2319 - 7064.
Diperoleh pada 15 November 2018 dari
https://ijsr.net/.
Mulder, dkk. (2016). Scaffolding learning by
modelling: the effects of partially worked
-out models. Journal of research in
science teaching, 53 (3), 502-523.
Diperoleh pada 15 November 2018 dari
https://onlinelibrary.wiley.com.
Pemerintah Republik Indonesia. (2010).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia
Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar
Akuntansi Pemerintahan. Diperoleh pada
April 2019 dari http://
www.djpk.depkeu.go.id/attach/post-ppno-71-tahun-2010-tentang-standar akuntansi-pemerintahan/PP71.pdf.
Sari & Surya. (2017). Efektivitas Penggunaan
Teknik Scaffolding dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika pada Siswa
SMP Swasta Al - Washliyah Medan.
Edumatica,
Schunk, D.H. (2012). Teori-teori pembelajaran:
perspektif pendidikan. Yogyakarta: : Pustaka Pelajar.
Sinulingga & Munte, D. (2012). Pengaruh
Model Pembelajaran Advance Organizer
Berbasis Mind Map Terhadap Hasil
Belajar Fisika Siswa pada Materi Pokok
Besaran dan Satuan di Kelas X SMA.
Jurnal Pendidikan Fisika Unimed.
Diperoleh pada 26 September 2018, dari
www.neliti.com.
Subagya & Susiati. (2017). Application Of
Accounting Scaffolding Learning Using
Fingertips To Increase Learning Result.
Dinamika Pendidikan, 12 (1) 1-12.
Diperoleh pada 14 November 2018 dari
http://journal.unnes.ac.id/
Sumarta, I.G.B. (2017). Pengaruh Pembelajaran
Berbasis Masalah Berbantuan Mind Map
terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif
dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa
SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan
Pembelajaran, 1 (1). Diperoleh pada 15
November 2018 dari https://
ejournal.undiksha.ac.id.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan
Kelas sebagai Pengembangan Profesi
Pendidik dan Keilmuan. Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Tanujaya, B., & Mumu, J. (2016). Penelitian
Tindakan Kelas. Yogyakarta: Media
Akademi.
United Nations Development Program (UNDP).
(2018). Human Development
Report 2018. Diperoleh pada 09
Desember 2018, dari http://
hdr.undp.org/en/2018-update
Refbacks
- There are currently no refbacks.