UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING BERBANTU MIND MAP PADA SISWA KELAS XI AKL SMK Y

Aprilia Wulandari ., Muhtar . ., Jaryanto . .

Abstract

Abstract

This research aims to improve accounting learning outcomes of XI grade students from SMK Y viewed from cognitive and psychomotor aspect by applying mind map assisted scaffolding learning models. The cognitive domain is limited to the fourth level, which is to analyze while the psychomotor domain is limited to the fourth domain, the mechanism. The subject of this research were XI grade students of accounting which consisted of 30 students. The research subject data used in the study were 24 students because they considered the consistency factor in participating in the application of the scaffolding learning model using mind map. This research was belonged to classroom action research which had been done in two cycles. The data was obtained by using the test, observation and documentation. The data analysis technique used in this research was quantitative descriptive and and qualitative data. This research was considered successful when it reached the research performance indicator, which was 75%. Cognitive aspect of student learning results in pre-cycle period were 50%, increased in cycle I to 70,84%, and again increased in cycle II to 95,83%. psychomotor aspect of student learning results in pre-cycle period were 50%. psychomotor aspect of student learning results in cycle I showed 76,25%, increased in cycle II to 83,96%.
Keywords : Scaffolding learning model, mind map, and learning result.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AKL SMK Y dilihat dari aspek kognitif dan psikomotorik dengan penerapan model pembelajaran scaffolding berbantu mind map. Ranah kognitif dibatasi hanya sampai tingkatan keempat, yaitu menganalisis sedangkan untuk ranah psikomotorik dibatasi hanya sampai tingkatan keempat, yaitu mekanisme. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AKL yang terdiri dari 30 siswa. Data subjek penelitian yang akhirnya digunakan dalam penelitian ini sebanyak 24 siswa karena pertimbangan faktor konsistensi dalam partisipasi penerapan model pembelajaran scaffolding berbantu mind map. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif dan data kualitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila mencapai indikator kinerja penelitian yaitu 75%. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa melalui penerapan model pembelajaran scaffolding berbantu mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar aspek kognitif siswa pada pratindakan diperoleh sebesar 50%, meningkat pada siklus I menjadi 70,84%, dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 95,83%. Hasil belajar aspek psikomotorik pada pratindakan diperoleh sebesar 50%. Hasil belajar aspek psikomotorik pada siklus I menunjukkan 76,25%, meningkat pada siklus II sebesar 83,96%.
Kata Kunci : Model pembelajaran scaffolding, mind map, dan hasil belajar.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi

Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi

Aksara.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map.

Jakarta: Gramedia.

DPRD Provinsi Jawa Tengah. (2008). Peraturan

Pemerintah Daerah No 3 Tahun 2008

tentang RPJPD Provinsi Jawa Tengah

tahun 2005-2025. Diperoleh pada 14

November 2018, dari http://

dprd.jatengprov.go.id/.

Fathiyah, A.N, dkk. (2018). Penerapan Strategi

Pembelajaran Scaffolding pada Materi

Gelombang Bunyi dan Cahaya Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas

XI di MAN 1 INHIL. JOM FKIP, 5 (2).

Irliyani, dkk. (2018). Implementasi Model

Discovery Based Learning Berbantuan

Mind Mapping terhadap Sikap Ilmiah

dan Hasil Belajar Peserta Didik pada

Materi Koloid. JCAE: Journal Of

Chemistry and Education, 2 (1).

Diperoleh pada 20 Agustus 2019 dari

http://jtam.ulm.ac.id.

Mamin, R. (2008). Penerapan Metode

Pembelajaran Scaffolding pada Pokok

Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal

Chemica, 10 (2), 55-60.

Mansyur, M. (2017). Metode Pembelajaran

Jigsaw Menggunakan Peta Konsep untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Siswa Sekolah Menengah Pertama. Suara

Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial,

Sains, dan Humaniora, 3 (1).

Martinis. (2014). Teaching materials

development scaffolding learning based

models in arabic education students.

International Journal of Science and

Research (IJSR) ISSN: 2319 - 7064.

Diperoleh pada 15 November 2018 dari

https://ijsr.net/.

Mulder, dkk. (2016). Scaffolding learning by

modelling: the effects of partially worked

-out models. Journal of research in

science teaching, 53 (3), 502-523.

Diperoleh pada 15 November 2018 dari

https://onlinelibrary.wiley.com.

Pemerintah Republik Indonesia. (2010).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia

Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar

Akuntansi Pemerintahan. Diperoleh pada

April 2019 dari http://

www.djpk.depkeu.go.id/attach/post-ppno-71-tahun-2010-tentang-standar akuntansi-pemerintahan/PP71.pdf.

Sari & Surya. (2017). Efektivitas Penggunaan

Teknik Scaffolding dalam Meningkatkan

Hasil Belajar Matematika pada Siswa

SMP Swasta Al - Washliyah Medan.

Edumatica,

Schunk, D.H. (2012). Teori-teori pembelajaran:

perspektif pendidikan. Yogyakarta: : Pustaka Pelajar.

Sinulingga & Munte, D. (2012). Pengaruh

Model Pembelajaran Advance Organizer

Berbasis Mind Map Terhadap Hasil

Belajar Fisika Siswa pada Materi Pokok

Besaran dan Satuan di Kelas X SMA.

Jurnal Pendidikan Fisika Unimed.

Diperoleh pada 26 September 2018, dari

www.neliti.com.

Subagya & Susiati. (2017). Application Of

Accounting Scaffolding Learning Using

Fingertips To Increase Learning Result.

Dinamika Pendidikan, 12 (1) 1-12.

Diperoleh pada 14 November 2018 dari

http://journal.unnes.ac.id/

Sumarta, I.G.B. (2017). Pengaruh Pembelajaran

Berbasis Masalah Berbantuan Mind Map

terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif

dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa

SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan

Pembelajaran, 1 (1). Diperoleh pada 15

November 2018 dari https://

ejournal.undiksha.ac.id.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan

Kelas sebagai Pengembangan Profesi

Pendidik dan Keilmuan. Jakarta:

Penerbit Erlangga.

Tanujaya, B., & Mumu, J. (2016). Penelitian

Tindakan Kelas. Yogyakarta: Media

Akademi.

United Nations Development Program (UNDP).

(2018). Human Development

Report 2018. Diperoleh pada 09

Desember 2018, dari http://

hdr.undp.org/en/2018-update

Refbacks

  • There are currently no refbacks.