UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MEDIA MONOPOLI AKUNTANSI DI SMK

Ananda Wahyu Yuliastuti, Ngadiman . ., Binti Muchsini .

Abstract

Abstract

This research aims to improve accounting learning outcomes of tenth grade of AKL 1 students of State Vocational High School through the implementation of cooperative learning model, Team Assisted Individualization (TAI) combine accounting monopoly media in basic accounting subject. This research was a classroom action research (CAR) whose subjects were the tenth grade of AKL 1 students consisting of 36 students. Observation, test, and documentation were used as data collecting techniques. Data validity was done through content validity. This research used both quantitative and qualitative data. This research is deemed to be successful if it reaches the indicator of research achievement; 75% of 36 students. The students’ learning outcomes include three domains, which are the cognitive domain, the affective domain, and the psychomotor domain. The students’ cognitive learning outcomes in cycle II amounted to 91%. The students’ affective learning outcomes in the cycle II amounted to 83%. The students’ psychomotor learning outcomes in the cycle II amounted to 88%. The implementation of the TAI learning model using accounting monopoly media in this research could improve knowledge, understanding, application, and analysis. Students were also more enthusiastic, creative, and confident throughout the learning process. Other improvements can be observed in terms of speed, tidiness, and cleanliness in answering accounting related questions.
Keywords: Team Assisted Individualization, Accounting Monopoly, Students’ Learning Outcomes.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL 1 di salah satu SMK melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantu media monopoli akuntansi pada mata pelajaran akuntansi dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila telah mencapai indikator capaian penelitian yaitu 75% dari jumlah 36 siswa. Hasil belajar siswa meliputi tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus II sebesar 91%. Hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus II sebesar 83%. Hasil belajar ranah psikomotor siswa pada siklus II sebesar 88%. Penerapan model pembelajaran TAI berbantu media monopoli akuntansi dalam penelitian ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penerapan, dan analisis. Siswa juga lebih antusias, kreatif, dan lebih percaya diri selama proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan lain dapat dilihat dari sisi kecepatan, kerapihan, dan kebersihan dalam menjawab soal-soal akuntansi.
Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Monopoli Akuntansi, Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Akdon & Ridwan. (2013). Rumus dan Data

dalam Aplikasi Statistika. Bandung:

Alfabeta.

Al-Rahmi, Waleed Mugahed, Akram M. Zeki.

(2017). A model of using social media for

collaborative learning to enhance learners’

performance on learning. Journal of King

Saud University – Computer and

Information Science, Vol. 29, Issue 4.

Hlm. 526-535.

Arikuto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suaru

Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Barge, J. (2012). Teacher key effectiveness

system hanbook. Journal SAGE

Pubication, Vol. 3, No.2

Darmawan & Supriadie. (2012). Komunikasi

pembelajaran. Jakarta: PT Remaja

Rosadakarya

Fatimatuzzahro. (2011). Implementasi Metode

Team Assisted Individualization (TAI)

Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok

Bahasan Laporan Keuangan Pada Siswa

Kelas XI IPS SMA Negeri Bawang

Kabupaten Banjarnegara. Jurnal

Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X. ,

No. 1.

Georgina, M. T. (2015). The Role of Cooperativ

Learning Type Team Assisted

Individualization to Improve the Students

Mathematics Communication Ability in

the Subject of Probability Theory. Jurnal

IISTE, Vol I, No 1.

Indriana, L., M., & Widayati, A. (2012).

Pengembangan Komik Sebagai

Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi

Dasar Persamaan Akuntansi Untuk Siswa

SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan

Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 2

Isjoni. (2013). Cooperative Learning (Efektivitas

Pembelajaran Kelompok). Bandung:

Alfabeta.

Isnaini, A. N. (2016). Pengembangan Media

Pembelajaran Monopoli Akuntansi Untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Kelas X AK2 SMK Negeri 4 Klaten Tahun

Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan

Akuntansi Indonesia, Vol. XII, No. 1.

Megawati, Y.D.N dan Annisa R.S. (2012).

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Team Assisted Individualization (TAI) dalam

Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil

Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1

SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun

Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan

Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 1, hlm.

-180.

Nurdin, N. U. (2011). Implementasi Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team

Assisted Individualization) dalam Upaya

Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi

Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1

Nogosari Kabupaten Boyolali Tahun

Pelajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan

Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 5

Kieso, E., D., dkk. (2002). Akuntansi

Intermediete. Terj. Emil Salim. Jakarta:

Erlangga

Permatasari, H. (2012). Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team

Assisted Individualization) untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi

Siswa Kelas XI AK 1 SMK Abdi Negara

Muntilan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal

Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. IV,

No. 1.

Pratiwi, A. (2017). Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Team

Assisted Individualization (TAI) Berbantu

Media Monopoli untuk Meningkatkan

Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas

XI AK2 SMK Negeri Pengasih Tahun

Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan

Akuntansi Indonesia, Vol. XV, No.11.

Rudi, La. (2017). Application of Teaching

Model of Team Assisted Individualization

(TAI) In Basic Chemistry Courses in

Students of Forestry and Science of

Environmental Universitas Halu Oleo.

International Journal of Education and

Research, Vol. 5 No. 11.

Ruhana. (2012). Pengembangan kualitas sumber

daya manusia vs daya saing global.

Journal of brawijaya university, Vol. 6 No

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran:

Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Jakarta: Grafindo Persada.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran:

Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Jakarta: Grafindo Persada.

Sadiman, A., dkk. (2014). Media Pendidikan:

Pengertian, Pengembangan, dan

Pemanfaatannya. Jakarta: Grafindo

Persada.

Saputra, K. Y. (2015). Pengaruh Proses

Pembelajaran dan Motivasi Belajar

Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP

Maulana Pegayaman. Jurnal Mahasiswa

Unesa, Vol. V, No 1

Slavin, R., E., (2009). Cooperative Learning

Teori, Riset, dan Praktik. Terj Narulita.

Bandung: Nusa Media

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning

Teori dan Aplikasinya PAIKEM.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, N. (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.