UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTU MEDIA MONOPOLI AKUNTANSI DI SMK
Abstract
Abstract
This research aims to improve accounting learning outcomes of tenth grade of AKL 1 students of State Vocational High School through the implementation of cooperative learning model, Team Assisted Individualization (TAI) combine accounting monopoly media in basic accounting subject. This research was a classroom action research (CAR) whose subjects were the tenth grade of AKL 1 students consisting of 36 students. Observation, test, and documentation were used as data collecting techniques. Data validity was done through content validity. This research used both quantitative and qualitative data. This research is deemed to be successful if it reaches the indicator of research achievement; 75% of 36 students. The students’ learning outcomes include three domains, which are the cognitive domain, the affective domain, and the psychomotor domain. The students’ cognitive learning outcomes in cycle II amounted to 91%. The students’ affective learning outcomes in the cycle II amounted to 83%. The students’ psychomotor learning outcomes in the cycle II amounted to 88%. The implementation of the TAI learning model using accounting monopoly media in this research could improve knowledge, understanding, application, and analysis. Students were also more enthusiastic, creative, and confident throughout the learning process. Other improvements can be observed in terms of speed, tidiness, and cleanliness in answering accounting related questions.
Keywords: Team Assisted Individualization, Accounting Monopoly, Students’ Learning Outcomes.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AKL 1 di salah satu SMK melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantu media monopoli akuntansi pada mata pelajaran akuntansi dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila telah mencapai indikator capaian penelitian yaitu 75% dari jumlah 36 siswa. Hasil belajar siswa meliputi tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus II sebesar 91%. Hasil belajar ranah afektif siswa pada siklus II sebesar 83%. Hasil belajar ranah psikomotor siswa pada siklus II sebesar 88%. Penerapan model pembelajaran TAI berbantu media monopoli akuntansi dalam penelitian ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penerapan, dan analisis. Siswa juga lebih antusias, kreatif, dan lebih percaya diri selama proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan lain dapat dilihat dari sisi kecepatan, kerapihan, dan kebersihan dalam menjawab soal-soal akuntansi.
Kata Kunci: Team Assisted Individualization, Monopoli Akuntansi, Hasil Belajar Siswa.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Akdon & Ridwan. (2013). Rumus dan Data
dalam Aplikasi Statistika. Bandung:
Alfabeta.
Al-Rahmi, Waleed Mugahed, Akram M. Zeki.
(2017). A model of using social media for
collaborative learning to enhance learners’
performance on learning. Journal of King
Saud University – Computer and
Information Science, Vol. 29, Issue 4.
Hlm. 526-535.
Arikuto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suaru
Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Barge, J. (2012). Teacher key effectiveness
system hanbook. Journal SAGE
Pubication, Vol. 3, No.2
Darmawan & Supriadie. (2012). Komunikasi
pembelajaran. Jakarta: PT Remaja
Rosadakarya
Fatimatuzzahro. (2011). Implementasi Metode
Team Assisted Individualization (TAI)
Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok
Bahasan Laporan Keuangan Pada Siswa
Kelas XI IPS SMA Negeri Bawang
Kabupaten Banjarnegara. Jurnal
Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X. ,
No. 1.
Georgina, M. T. (2015). The Role of Cooperativ
Learning Type Team Assisted
Individualization to Improve the Students
Mathematics Communication Ability in
the Subject of Probability Theory. Jurnal
IISTE, Vol I, No 1.
Indriana, L., M., & Widayati, A. (2012).
Pengembangan Komik Sebagai
Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi
Dasar Persamaan Akuntansi Untuk Siswa
SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan
Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 2
Isjoni. (2013). Cooperative Learning (Efektivitas
Pembelajaran Kelompok). Bandung:
Alfabeta.
Isnaini, A. N. (2016). Pengembangan Media
Pembelajaran Monopoli Akuntansi Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Kelas X AK2 SMK Negeri 4 Klaten Tahun
Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan
Akuntansi Indonesia, Vol. XII, No. 1.
Megawati, Y.D.N dan Annisa R.S. (2012).
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Team Assisted Individualization (TAI) dalam
Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil
Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1
SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun
Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan
Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 1, hlm.
-180.
Nurdin, N. U. (2011). Implementasi Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team
Assisted Individualization) dalam Upaya
Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi
Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1
Nogosari Kabupaten Boyolali Tahun
Pelajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan
Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 5
Kieso, E., D., dkk. (2002). Akuntansi
Intermediete. Terj. Emil Salim. Jakarta:
Erlangga
Permatasari, H. (2012). Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team
Assisted Individualization) untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi
Siswa Kelas XI AK 1 SMK Abdi Negara
Muntilan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal
Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. IV,
No. 1.
Pratiwi, A. (2017). Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Team
Assisted Individualization (TAI) Berbantu
Media Monopoli untuk Meningkatkan
Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas
XI AK2 SMK Negeri Pengasih Tahun
Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan
Akuntansi Indonesia, Vol. XV, No.11.
Rudi, La. (2017). Application of Teaching
Model of Team Assisted Individualization
(TAI) In Basic Chemistry Courses in
Students of Forestry and Science of
Environmental Universitas Halu Oleo.
International Journal of Education and
Research, Vol. 5 No. 11.
Ruhana. (2012). Pengembangan kualitas sumber
daya manusia vs daya saing global.
Journal of brawijaya university, Vol. 6 No
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran:
Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Jakarta: Grafindo Persada.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran:
Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Jakarta: Grafindo Persada.
Sadiman, A., dkk. (2014). Media Pendidikan:
Pengertian, Pengembangan, dan
Pemanfaatannya. Jakarta: Grafindo
Persada.
Saputra, K. Y. (2015). Pengaruh Proses
Pembelajaran dan Motivasi Belajar
Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP
Maulana Pegayaman. Jurnal Mahasiswa
Unesa, Vol. V, No 1
Slavin, R., E., (2009). Cooperative Learning
Teori, Riset, dan Praktik. Terj Narulita.
Bandung: Nusa Media
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning
Teori dan Aplikasinya PAIKEM.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudjana, N. (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.