UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF AKUNTANSI MELALUI MODEL SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN MEDIA KARTU DI SMK

Dewanti Intan Pratiwi, Ngadiman . ., Asri Diah Susanti

Abstract

ABSTRACT

This research aimed to obtain empirical evidence regarding the application of small group discussion model with card media to improve accounting cognitive learning outcomes of accounting students in class X at one of State Vocational High School in Karanganyar regency. This research was a classroom action research conducted in two cycles. The research subjects were students of class X Accounting 1. Data collection in this research was obtained through tests, observation, and documentation. Data validity test used was content validity. Data analysis used descriptive statistics. Based on the result of the research, the learning outcomes of students in the first cycles experienced an improve compared to the pre -action cycle, but the increase did not meet the indicators of success, hence the second cycles was carried out. The learning outcomes of the second cycle have improved and met the indicators of success. In term of learning outcomes, 83.33% of students were able to pass the minimum standard. The conclusion in this study was, the application of the model of small group discussion with card media could improve accounting cognitive learning outcomes in students of class X Accounting 1 at one of State Vocational High School in Karanganyar regency.
Keywords: Small Group Discussion, Card Media, Learning Outcomes.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empirik penerapan model small group discussion dengan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar kognitif akuntansi pada siswa kelas X di salah satu SMK di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 1. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi. Teknik analisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil belajar siswa siklus I mengalami peningkatan dari pra tindakan akan tetapi belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga dilakukan siklus II. Hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan dan telah memenuhi indikator keberhasilan. Hasil belajar siswa sebesar 83,33% siswa mampu mencapai KKM. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model small group discussion dengan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 di salah satu SMK di Kabupaten Karanganyar.
Kata Kunci : Small Group Discussion, Media Kartu, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Aisah, S., Shari, H. & Akhdinirwanto, R., W.

(2013). Penggunaan Model Pembelajaran

Cooperative Learning Tipe Think Pair

Square Berbantuan Kartu Soal untuk

Meningkatkkan Aktivitas Belajar Siswa

Kelas VII B SMP Negeri 5 Purworejo.

Radiasi Vol. 3 No. 1. Purworejo:

Universitas Muhammadiyah Puworejo.

Arofah, A., A. (2015). Penerapan Pembelajaran

Kooperatif Tipe Learning Together (LT)

Menggunakan Media Ular Tangga untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi.

Jurnal Tata Arta UNS Vol. 1 No. 1.

Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Bethan, D., S. (2016). Penggunaan Permainan

Kartu Soal untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Matematika di SD Negeri Jarakan.

Jurnal PGSD Edisi 5. Yogyakarta:

Universitas Negeri Yogyakarta.

Christiani, A. (2014). Penerapan Metode Small

Group Discussion dengan Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JPGSD

Vol.2 No.2. Universtitas Negeri Surabaya.

Crawford, T., et al. (2013). Assessment of Student Preferences for Small Versus Large

Discussion and Access to Learning Materials. Currents in Pharmacy Teaching and

Learning 5. University of Illinois,

Chicago.

Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Freire, P. (2007). Politik Pendidikan:

Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Read.

Hardiansyah, H. (2014). Penggunaan Model

Pembelajaran Small Group Discussion untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS

Terpadu di MTs. Artikel Penelitian FKIP

UNTAN. Universitas Tanjungpura

Pontianak.

Hayadi, F. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar

Melalui Metode Pembelajaran Small Group

Discussion pada Mahasiswa Akademi Kebidanan Manna. Jurnal Ilmiah Multi Science

Kesehatan Vol. 10. Akademi Kebidanan

Manna.

Indriana, M. (2009). Upaya Meningkatkan Hasil

Belajar Akuntansi dengan Penerapan

Metode Pembelajaran Berbalik (Reciprokal

Teaching) pada Pokok Bahasan Jurnal

Penyesuaian Perusahaan Dagang Siswa

Kelas X Akuntansi SMK Teuku Umar Semarang. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Ismail. (2008). Strategi Pembelajaran Agama

Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSail

Media Group.

Kinanti, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil

Belajar Kompetensi Dasar Menyusun

Laporan Keuangan dengan Menggunakan

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Numbered Heads Together (NHT) Siswa

Kelas X Akuntansi 2 di SMK Koperasi

Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas

Negeri Yogyakarta.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Jakarta:

PT. Grasindo.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran

(Kajian Terhadap Langkah-langkah

Pemilihan Media dan Implementasinya

dalam Pembelajaran). Riau: Fakultas

Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP). Bandung: PT REMAJA

ROSDAKARYA.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan

Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Munandi, Y. & Hamid, F. (2009). Strategi dan

Model-Model Pembelajaran Aktif, Inovatif,

Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTIK)

UIN Syarif Hidayatullah.

Mundia, L., & Metussin, H. (2019). Exploring

Factors That Improve Mathematics

Achievement in Brunei. Studies in Educational Evaluation 60 (214-222). Bandar Seri

Begawan: University of Brunei Darussalam.

Puteriyani, D. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion dalam

Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan

Materi Ciri-ciri Tumbuhan Terkait Habitatnya di Kelas VI-B SD Negeri 8 Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah Tahun

Ajaran 2017/2018. Jurnal Media Inovasi

Edukasi Vol. 04 No. 16. Yayasan Media

Inovasi Edukasi Banda Aceh.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadiman, A., S. (2010). Media Pendidikan.

Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor

yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, N. W. (2016). Implementasi Small

Group Discussion untuk Meningkatkan

Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi

Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI Madiun.

Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol. 5 No.

IKIP PGRI Madiun.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Zuriati. (2018). Penerapan Metode Small Group

Discussion dalam Pembelajaran Pendidikan

Agama Islam: Dampak Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X

SMA. Jurnal LP3M Vol. 4 No. 1. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.