UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF AKUNTANSI MELALUI MODEL SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN MEDIA KARTU DI SMK
Abstract
ABSTRACT
This research aimed to obtain empirical evidence regarding the application of small group discussion model with card media to improve accounting cognitive learning outcomes of accounting students in class X at one of State Vocational High School in Karanganyar regency. This research was a classroom action research conducted in two cycles. The research subjects were students of class X Accounting 1. Data collection in this research was obtained through tests, observation, and documentation. Data validity test used was content validity. Data analysis used descriptive statistics. Based on the result of the research, the learning outcomes of students in the first cycles experienced an improve compared to the pre -action cycle, but the increase did not meet the indicators of success, hence the second cycles was carried out. The learning outcomes of the second cycle have improved and met the indicators of success. In term of learning outcomes, 83.33% of students were able to pass the minimum standard. The conclusion in this study was, the application of the model of small group discussion with card media could improve accounting cognitive learning outcomes in students of class X Accounting 1 at one of State Vocational High School in Karanganyar regency.
Keywords: Small Group Discussion, Card Media, Learning Outcomes.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empirik penerapan model small group discussion dengan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar kognitif akuntansi pada siswa kelas X di salah satu SMK di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 1. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi. Teknik analisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil belajar siswa siklus I mengalami peningkatan dari pra tindakan akan tetapi belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga dilakukan siklus II. Hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan dan telah memenuhi indikator keberhasilan. Hasil belajar siswa sebesar 83,33% siswa mampu mencapai KKM. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model small group discussion dengan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 1 di salah satu SMK di Kabupaten Karanganyar.
Kata Kunci : Small Group Discussion, Media Kartu, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aisah, S., Shari, H. & Akhdinirwanto, R., W.
(2013). Penggunaan Model Pembelajaran
Cooperative Learning Tipe Think Pair
Square Berbantuan Kartu Soal untuk
Meningkatkkan Aktivitas Belajar Siswa
Kelas VII B SMP Negeri 5 Purworejo.
Radiasi Vol. 3 No. 1. Purworejo:
Universitas Muhammadiyah Puworejo.
Arofah, A., A. (2015). Penerapan Pembelajaran
Kooperatif Tipe Learning Together (LT)
Menggunakan Media Ular Tangga untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi.
Jurnal Tata Arta UNS Vol. 1 No. 1.
Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Bethan, D., S. (2016). Penggunaan Permainan
Kartu Soal untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika di SD Negeri Jarakan.
Jurnal PGSD Edisi 5. Yogyakarta:
Universitas Negeri Yogyakarta.
Christiani, A. (2014). Penerapan Metode Small
Group Discussion dengan Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JPGSD
Vol.2 No.2. Universtitas Negeri Surabaya.
Crawford, T., et al. (2013). Assessment of Student Preferences for Small Versus Large
Discussion and Access to Learning Materials. Currents in Pharmacy Teaching and
Learning 5. University of Illinois,
Chicago.
Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Freire, P. (2007). Politik Pendidikan:
Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Read.
Hardiansyah, H. (2014). Penggunaan Model
Pembelajaran Small Group Discussion untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS
Terpadu di MTs. Artikel Penelitian FKIP
UNTAN. Universitas Tanjungpura
Pontianak.
Hayadi, F. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar
Melalui Metode Pembelajaran Small Group
Discussion pada Mahasiswa Akademi Kebidanan Manna. Jurnal Ilmiah Multi Science
Kesehatan Vol. 10. Akademi Kebidanan
Manna.
Indriana, M. (2009). Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Akuntansi dengan Penerapan
Metode Pembelajaran Berbalik (Reciprokal
Teaching) pada Pokok Bahasan Jurnal
Penyesuaian Perusahaan Dagang Siswa
Kelas X Akuntansi SMK Teuku Umar Semarang. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Ismail. (2008). Strategi Pembelajaran Agama
Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSail
Media Group.
Kinanti, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Kompetensi Dasar Menyusun
Laporan Keuangan dengan Menggunakan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Numbered Heads Together (NHT) Siswa
Kelas X Akuntansi 2 di SMK Koperasi
Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Yogyakarta.
Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Jakarta:
PT. Grasindo.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran
(Kajian Terhadap Langkah-langkah
Pemilihan Media dan Implementasinya
dalam Pembelajaran). Riau: Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP). Bandung: PT REMAJA
ROSDAKARYA.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan
Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
Munandi, Y. & Hamid, F. (2009). Strategi dan
Model-Model Pembelajaran Aktif, Inovatif,
Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTIK)
UIN Syarif Hidayatullah.
Mundia, L., & Metussin, H. (2019). Exploring
Factors That Improve Mathematics
Achievement in Brunei. Studies in Educational Evaluation 60 (214-222). Bandar Seri
Begawan: University of Brunei Darussalam.
Puteriyani, D. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion dalam
Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan
Materi Ciri-ciri Tumbuhan Terkait Habitatnya di Kelas VI-B SD Negeri 8 Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah Tahun
Ajaran 2017/2018. Jurnal Media Inovasi
Edukasi Vol. 04 No. 16. Yayasan Media
Inovasi Edukasi Banda Aceh.
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, A., S. (2010). Media Pendidikan.
Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor
yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulistyowati, N. W. (2016). Implementasi Small
Group Discussion untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI Madiun.
Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol. 5 No.
IKIP PGRI Madiun.
Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Zuriati. (2018). Penerapan Metode Small Group
Discussion dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam: Dampak Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X
SMA. Jurnal LP3M Vol. 4 No. 1. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.