HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU DAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) DENGAN MINAT MENJADI GURU AKUNTANSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS SEBELAS MARET
Abstract
Abstract
This study aims to determine whether there is the correlation between: 1) the perception of teaching as a profession with the interest in becoming a teacher of Accounting Education Students Sebelas Maret University; 2) self-efficacy with the interest in becoming a teacher of Accountung Education Students Sebelas Maret University ;3) the perception of teaching as a profession and self-efficacy with the interest in becoming a teacher of Accounting education Students Sebelas Maret University. The research method used in this study is a quantitative method with ex post facto type of research. The results of this research are as follows: First, there were a positive and significant correlation between the perception of teaching as a profession with the interest in becoming a teacher of Accounting education Students Sebelas Maret University. This state indicated by the significant value of simple correlation 0,014 (sig < 0,05). Second, there were a positive and significant correlation between self-efficacy with the interest in becoming a teacher of Accounting Education Student Sebelas Maret University. This state indicated by the significant value in simple correlation of 0,031 (sig < 0,05). Third, there were a positive and significant correlation between students the perception of teaching as a profession and self-efficacy with the interest in becoming a teacher of Accounting education Students Sebelas Maret University. This state indicated by the significant value of F test, 0,012 (sig < 0,05).
Keywords: Perception of Teaching as a Profession, Self-efficacy,The interest in becoming a teacher
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara: 1) persepsi tentang profesi guru dengan minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret; 2) efikasi diri dengan minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret; 3) persepsi tentang profesi guru dan efikasi diri dengan minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang profesi guru dengan minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada korelasi sederhana sebesar 0,014 (Sig < 0,05). Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada korelasi sederhana sebesar 0,031 (Sig< 0,05). Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang profesi guru dan efikasi diri dengan minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji F 0,012 (Sig < 0,05).
Kata kunci: Persepsi tentang Profesi Guru, Efikasi Diri, Minat menjadi Guru Akuntansi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior, (2nd
edition), Berkshire, UK : Open University Press
– McGraw Hill Education
Ardyani, A & Latifah, L. (2014). Analisis Faktor-Faktor
Yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi
Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas
Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3 (2), 232-240. Diperoleh pada 10
Oktober 2018, dari http:// journal. unnes.ac.id/
sju/index.php /eeaj/article /view/3861/ 3809
Atkinson, J.W. (1995). Pengantar Psikologi
(Terjemahan Nurdjanah dan
Rukmini). Jakarta: Erlangga.
Astarini, Ita, dan Amir Mahmud. (2015). Pengaruh
Self Efficacy, Prestise Profesi Guru dan
Status Sosial ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi
Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi
FE Universitas Negeri Semarang.
Skripsi.Economic Education Analysis
Journal, 4 (2) 2015. Hal 468 -481. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Retrieved fromhttps://journal.unnes.ac.id/
sju/index.php/eeaj/article/view/6778
Bandura, A. (1986). Self Efficacy :To Ward A Uniflying
Theory of Behavioral Change, Psychological Preview, 84, 191-215. Jurnal Psychologi
Badan Pusat Statistik. (2018). Potret Pendidikan
Indonesia Statistik Pendidikan 2018.
Jakarta : Badan Pusat Statistik
Desmita. (2011). Psikologi PerkembanganPeserta
Didik.Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Feist, J & Gregory, J.F. (2010) Teori Kepribadian. Jakarta : Salemba Empat
Hurlock, E. (2010). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta:
Penerbit Erlangga
Khairani, M. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Lunenburg, Fred C. (2011). “Self-Efficacy in the Workplace: Implication for Motivation and Performance”. International Journal of management,Business, and Administration Volume 14,
Number 1
Mulyasa.(2007). Menjadi Guru Profesional:
Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan. Cetakan ke-10. Bandung :
PT. Remaja Rosdakarya Offset
Masjumi.(2012). Hubungan Motivasi Mengajar
Guru Dengan Hasil Belajar Penjasorkes
Siswa Di Kabupaten Maros. Jurnal
Penelitian Pendidikan "Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi", 3 (3). Pp. 1-
ISSN 2086-4408
Rahmanto, A. (2011). Persepsi Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Teknologi Bangunan FPTK UPI
Tentang Minat Kerja. Skripsi pada FPTIK UPI ;
Tidak diterbitkan
Republik Indonesia.(2007). Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun
tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta :
Depdiknas
Rosmiati, Siswandari dan Sohidin. (2017). Hubungan
Lingkungan Keluarga dan Persepsi Profesi
Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Sebelas Maret. Jurnal “Tata Arta” UNS
Vol. 3, No.2, hlm 72-84. Diperoleh dari https://
jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php.
Shaleh, R & Wahab, A. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta : Kencana
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya.Jakarta : Rineka Cipta
United Nations Development Program (UNDP). (2018).
Human Development Report 2018. Diperoleh
pada 24 November 2018, darihttp://
hdr.undp.org/en/2018-update.
Wahyuni, D & Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi
Profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri
terhadap minat menjadi guru. Economyc Education Analysis Journal, 6 (3), 669 – 682. Diperoleh pada 7 Januari 2019 dari https://
journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/
view/20279
Walgito,B.(2010). Pengantar Psikologi
Umum.Yogyakarta; Penerbit Andi
Zulkosky, K. (2009). Self-Efficacy: A Concept Analysis.
Journal Compilation
Refbacks
- There are currently no refbacks.