HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU DAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) DENGAN MINAT MENJADI GURU AKUNTANSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Candra Kusuma Dewi, Sigit Santoso ., Jaryanto . .

Abstract

Abstract

This study aims to determine whether there is the correlation between: 1) the perception of teaching as a profession with the interest in becoming a teacher of Accounting Education Students Sebelas Maret University; 2) self-efficacy with the interest in becoming a teacher of Accountung Education Students Sebelas Maret University ;3) the perception of teaching as a profession and self-efficacy with the interest in becoming a teacher of Accounting education Students Sebelas Maret University. The research method used in this study is a quantitative method with ex post facto type of research. The results of this research are as follows: First, there were a positive and significant correlation between the perception of teaching as a profession with the interest in becoming a teacher of Accounting education Students Sebelas Maret University. This state indicated by the significant value of simple correlation 0,014 (sig < 0,05). Second, there were a positive and significant correlation between self-efficacy with the interest in becoming a teacher of Accounting Education Student Sebelas Maret University. This state indicated by the significant value in simple correlation of 0,031 (sig < 0,05). Third, there were a positive and significant correlation between students the perception of teaching as a profession and self-efficacy with the interest in becoming a teacher of Accounting education Students Sebelas Maret University. This state indicated by the significant value of F test, 0,012 (sig < 0,05).
Keywords: Perception of Teaching as a Profession, Self-efficacy,The interest in becoming a teacher

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara: 1) persepsi tentang profesi guru dengan minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret; 2) efikasi diri dengan minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret; 3) persepsi tentang profesi guru dan efikasi diri dengan minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang profesi guru dengan minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada korelasi sederhana sebesar 0,014 (Sig < 0,05). Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada korelasi sederhana sebesar 0,031 (Sig< 0,05). Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang profesi guru dan efikasi diri dengan minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji F 0,012 (Sig < 0,05).
Kata kunci: Persepsi tentang Profesi Guru, Efikasi Diri, Minat menjadi Guru Akuntansi

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior, (2nd

edition), Berkshire, UK : Open University Press

– McGraw Hill Education

Ardyani, A & Latifah, L. (2014). Analisis Faktor-Faktor

Yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi

Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas

Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3 (2), 232-240. Diperoleh pada 10

Oktober 2018, dari http:// journal. unnes.ac.id/

sju/index.php /eeaj/article /view/3861/ 3809

Atkinson, J.W. (1995). Pengantar Psikologi

(Terjemahan Nurdjanah dan

Rukmini). Jakarta: Erlangga.

Astarini, Ita, dan Amir Mahmud. (2015). Pengaruh

Self Efficacy, Prestise Profesi Guru dan

Status Sosial ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi

Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

FE Universitas Negeri Semarang.

Skripsi.Economic Education Analysis

Journal, 4 (2) 2015. Hal 468 -481. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Retrieved fromhttps://journal.unnes.ac.id/

sju/index.php/eeaj/article/view/6778

Bandura, A. (1986). Self Efficacy :To Ward A Uniflying

Theory of Behavioral Change, Psychological Preview, 84, 191-215. Jurnal Psychologi

Badan Pusat Statistik. (2018). Potret Pendidikan

Indonesia Statistik Pendidikan 2018.

Jakarta : Badan Pusat Statistik

Desmita. (2011). Psikologi PerkembanganPeserta

Didik.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Feist, J & Gregory, J.F. (2010) Teori Kepribadian. Jakarta : Salemba Empat

Hurlock, E. (2010). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta:

Penerbit Erlangga

Khairani, M. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Lunenburg, Fred C. (2011). “Self-Efficacy in the Workplace: Implication for Motivation and Performance”. International Journal of management,Business, and Administration Volume 14,

Number 1

Mulyasa.(2007). Menjadi Guru Profesional:

Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Cetakan ke-10. Bandung :

PT. Remaja Rosdakarya Offset

Masjumi.(2012). Hubungan Motivasi Mengajar

Guru Dengan Hasil Belajar Penjasorkes

Siswa Di Kabupaten Maros. Jurnal

Penelitian Pendidikan "Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi", 3 (3). Pp. 1-

ISSN 2086-4408

Rahmanto, A. (2011). Persepsi Mahasiswa Program Studi

Pendidikan Teknologi Bangunan FPTK UPI

Tentang Minat Kerja. Skripsi pada FPTIK UPI ;

Tidak diterbitkan

Republik Indonesia.(2007). Peraturan Menteri

Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun

tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta :

Depdiknas

Rosmiati, Siswandari dan Sohidin. (2017). Hubungan

Lingkungan Keluarga dan Persepsi Profesi

Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Sebelas Maret. Jurnal “Tata Arta” UNS

Vol. 3, No.2, hlm 72-84. Diperoleh dari https://

jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php.

Shaleh, R & Wahab, A. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta : Kencana

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya.Jakarta : Rineka Cipta

United Nations Development Program (UNDP). (2018).

Human Development Report 2018. Diperoleh

pada 24 November 2018, darihttp://

hdr.undp.org/en/2018-update.

Wahyuni, D & Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi

Profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri

terhadap minat menjadi guru. Economyc Education Analysis Journal, 6 (3), 669 – 682. Diperoleh pada 7 Januari 2019 dari https://

journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/

view/20279

Walgito,B.(2010). Pengantar Psikologi

Umum.Yogyakarta; Penerbit Andi

Zulkosky, K. (2009). Self-Efficacy: A Concept Analysis.

Journal Compilation

Refbacks

  • There are currently no refbacks.