PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTU KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK Y

Nefita Affriliana ., Sigit Santoso ., Khresna Bayu Sangka

Abstract

Abstract

This research aims to improve student’s learning motivation and achievement by implementing Make A Match cooperative learning assisted with quartet card at accounting subject in SMK Y. This research belongs to classroom action research (CAR). The subjects of this research are the students of Accounting class XI grade consisting 34 students. The instruments of this research consist of test, field notes of observation, questionnaire, and documentation. The researcher uses triangulation and content validation in validating the data. The data is in the form of quantitative data. The quantitative data was analyzed using statistical descriptive technique. The research will be valid if the student’s learning motivation and achievement can reach the indicator of research performance 80% or more. This action research was conducted for 2 cycles consisting 4 stages, they are: planning, acting, observing, and reflecting. The result of this research showed that there was an improvement of the student’s learning motivation and achievement on accounting subject especially at the student’s cognitive ability. This research concludes that the implementation of Make A Match cooperative learning can improve student’s learning motivation and achievement at accounting subject Y.
Keywords :Learning Model, Make A Match, Quartet Card, Student’s Learning Motivation, Student’s Learning Achievement.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantu kartu kuartet pada pembelajaran akuntansi di SMK Y. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari tes prestasi belajar, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi dan validitas isi. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik statistik deskriptif . Penelitian akan berhasil apabila motivasi dan prestasi belajar mencapai indikator kinerja penelitian sebesar 80%. Proses pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar kemampuan kognitif siswa. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantu kartu kuartet dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK Y.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Make A Match, Kartu Kuartet, Motivasi Belaja Siswa, Prestasi Belajar Siswa

References

DAFTAR PUSTAKA

Fatimah, D. (2017). Penerapan Model Pembelaaran Make A Match dengan Media

Kartu Bergambar untuk Meningkatkan

Motivasi dan Hasil Belajar Siswa.

Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1),28-37.

Gunawan, I., & Anggarini, R.P. (2016). Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif:

Kerangka Landasaan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penelitian. Jurnal

Penelitian Humaniora, 1(1), 98-117.

Hamzah, B.U. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hanifah, N. & Suhana, C. (2009). Konsep

Strategi Pembelajaran. Bandung: PT

Refika Aditama.

Huda, M. (2015). Model-Model pembelajaran

Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Idris, Z. (2010). Dasar-Dasar Kependidikan .

Padang: Angkasa Raya.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektivitas

pembelajaran Kelompok. Bandung:

Alfabeta.

Kordaki, M. (2015). A Constructivist, Modeling

Methodology For The Design Of Educational Card Games. Procedia Social

and Behavioral Science, 191, 26-30.

Marzuki. (2015). Penerapan Make A Match Berbantu Media untuk Meningkatkan dan

Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan

IPS, 2 (2), 158-169.

Puspita. (2015). Pengembangan Media Kartu

Kuartet pada Materi Asam Basa untuk

Meningkatkan Motivsi dan Aktivitas

Belajar Siswa Kelas VII di SMP

Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2 (1), 1

-10.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran

Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Bandung: PT Rajagrafindo Persada.

Sanaky, H.A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Setyorini, dkk. (2013). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet pada Mata Pelajaran IPS unutk Peningkatan Hasil Belajar

Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD

FIP Universotas Negeri Surabaya, 2 (1).

Sjukur, S. (2012). Pengaruh Blanded Learning

terhadap Motivasi Belajar dan Hasil

Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal

Pendidikan Vokasi, 2(3), 368-378.

Suparta. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran

Kooperatif Teknik Make A Match Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS. E-Jurnal Pascasarjana Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan

Dasar 2, 1-12.

Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Sutarniyati. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Make A

Match pada Pelajaran IPA Kelas V.

Jurnal Pendidikan Matematika dan

Sains, 211-217.

Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Prenada Group.

Yamin, M. (2008). Desain Pembelajaran

Berbsis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.