PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTU KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK Y
Abstract
Abstract
This research aims to improve student’s learning motivation and achievement by implementing Make A Match cooperative learning assisted with quartet card at accounting subject in SMK Y. This research belongs to classroom action research (CAR). The subjects of this research are the students of Accounting class XI grade consisting 34 students. The instruments of this research consist of test, field notes of observation, questionnaire, and documentation. The researcher uses triangulation and content validation in validating the data. The data is in the form of quantitative data. The quantitative data was analyzed using statistical descriptive technique. The research will be valid if the student’s learning motivation and achievement can reach the indicator of research performance 80% or more. This action research was conducted for 2 cycles consisting 4 stages, they are: planning, acting, observing, and reflecting. The result of this research showed that there was an improvement of the student’s learning motivation and achievement on accounting subject especially at the student’s cognitive ability. This research concludes that the implementation of Make A Match cooperative learning can improve student’s learning motivation and achievement at accounting subject Y.
Keywords :Learning Model, Make A Match, Quartet Card, Student’s Learning Motivation, Student’s Learning Achievement.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantu kartu kuartet pada pembelajaran akuntansi di SMK Y. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari tes prestasi belajar, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi dan validitas isi. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik statistik deskriptif . Penelitian akan berhasil apabila motivasi dan prestasi belajar mencapai indikator kinerja penelitian sebesar 80%. Proses pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar kemampuan kognitif siswa. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantu kartu kuartet dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK Y.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Make A Match, Kartu Kuartet, Motivasi Belaja Siswa, Prestasi Belajar Siswa
References
DAFTAR PUSTAKA
Fatimah, D. (2017). Penerapan Model Pembelaaran Make A Match dengan Media
Kartu Bergambar untuk Meningkatkan
Motivasi dan Hasil Belajar Siswa.
Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1),28-37.
Gunawan, I., & Anggarini, R.P. (2016). Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif:
Kerangka Landasaan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penelitian. Jurnal
Penelitian Humaniora, 1(1), 98-117.
Hamzah, B.U. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hanifah, N. & Suhana, C. (2009). Konsep
Strategi Pembelajaran. Bandung: PT
Refika Aditama.
Huda, M. (2015). Model-Model pembelajaran
Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Idris, Z. (2010). Dasar-Dasar Kependidikan .
Padang: Angkasa Raya.
Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektivitas
pembelajaran Kelompok. Bandung:
Alfabeta.
Kordaki, M. (2015). A Constructivist, Modeling
Methodology For The Design Of Educational Card Games. Procedia Social
and Behavioral Science, 191, 26-30.
Marzuki. (2015). Penerapan Make A Match Berbantu Media untuk Meningkatkan dan
Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan
IPS, 2 (2), 158-169.
Puspita. (2015). Pengembangan Media Kartu
Kuartet pada Materi Asam Basa untuk
Meningkatkan Motivsi dan Aktivitas
Belajar Siswa Kelas VII di SMP
Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2 (1), 1
-10.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran
Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Bandung: PT Rajagrafindo Persada.
Sanaky, H.A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Setyorini, dkk. (2013). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet pada Mata Pelajaran IPS unutk Peningkatan Hasil Belajar
Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD
FIP Universotas Negeri Surabaya, 2 (1).
Sjukur, S. (2012). Pengaruh Blanded Learning
terhadap Motivasi Belajar dan Hasil
Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal
Pendidikan Vokasi, 2(3), 368-378.
Suparta. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Teknik Make A Match Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS. E-Jurnal Pascasarjana Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan
Dasar 2, 1-12.
Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Sutarniyati. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Make A
Match pada Pelajaran IPA Kelas V.
Jurnal Pendidikan Matematika dan
Sains, 211-217.
Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Prenada Group.
Yamin, M. (2008). Desain Pembelajaran
Berbsis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.