FAKTOR- FAKTOR YANG MEMENGARUHI KESIAPAN KERJA SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK

Apristha Indraputri ., Siswandari . ., Renata Zoraifi .

Abstract

Abstract

The objectives of this research are to investigate: (1) factors affecting the employment preparedness of the students in Grade XII of Accounting Expertise Program of Vocational High School in Academic Year 2018/2019, and (2) the most dominant factor affecting the employment preparedness of the students in Grade XII of Accounting Expertise Program of Vocational High School in Academic Year 2018/2019. This research used the descriptive quantitative research method. Its population was all of the students as many as 314 of Accounting Expertise Program of Vocational High School. Purposive sampling technique was used to determine its samples. They consisted of 98 students in Grade XII of Accounting Expertise Program of the school. The data of the research were collected through documentation and questionnaire. They were then analyzed by using the exploratory factor analysis (EFA) aided the computer software of SPSS Version 22 for Windows. The result of the research shows that nine new factors out of 15 variables (35 indicators) were formed, namely: (1) Students’ Personality (34.381%); (2) Interest (10.573%); (3) School’s Environment (5.966%); (4) Gained Score (4.547%); (5) Work Insight (4.058%); (6) Talent (3.576%); (7) Soft Skills (3.511%); (8) Community Environment (3.073%); and (9) Industrial Work Practices (2.934%). The Students’ Personality was the most dominant factor affecting their employment preparedness.
Keywords: employment preparedness, Vocational High School, factors affecting employment preparedness.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang memengaruhi kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMK X tahun ajaran 2018/2019; dan (2) faktor kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMK X tahun ajaran 2018/2019 yang paling dominan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian akuntansi SMK X yang berjumlah 314 siswa. Sampel yang terpilih adalah seluruh siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMK X yang berjumlah 98 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kesiapan kerja siswa program keahlian akuntansi SMK X adalah Exploratory Factor Analysis dengan bantuan software SPSS versi 22 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbentuk sembilan faktor baru dari 15 variabel (35 indikator) yang diuji yaitu: 1) Pribadi Siswa (34,381%); 2) Minat (10,573%); 3) Lingkungan Sekolah (5,966%); 4) Nilai (4,547%); 5) Wawasan Kerja (4,058%); 6) Bakat (3,576%); 7) Kemampuan Soft Skills (3,511%); 8) Lingkungan Masyarakat (3,073%); dan Prakerin (2,934%). Faktor pribadi siswa merupakan faktor kesiapan kerja siswa Program Keahlian Akuntansi SMK X yang paling dominan.
Kata Kunci: kesiapan, kerja, SMK, faktor-faktor kesiapan kerja.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Alfian, M. Z. (2014). Pengaruh Bimbingan Karir dan Lingkungan Sekolah Melalui

Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan

Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi

Keahlian Akuntansi SMK Negeri 2

Magelang. Economic Education Analysis

Journal, 3 (1).

Amundson, N. E., Bowlsbey, J. H. & Niles, S.

G. (2016). Elemen-Elemen Penting dalam Konseling Karier Berbagai Proses

dan Teknik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik. (2018). Keadaan

Ketenagakerjaan Indonesia Agustus

Diperoleh pada 27 Februari 2019,

dari https://www.bps.go.id/pressrelease/

/11/05/1485/agustus-2018—tingkat pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-34

-persen.html

Bukit, M. (2014). Strategi dan Inovasi Pendidikan Kejuruan; Dari Kompetensi ke Kompetensi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Datadiwa, D. & Widodo, J. (2015). Analisis

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 1

Warureja Tahun 2014. Economic Education Analysis Journal, 4 (1).

Pujianto & Arief, S. (2016). Pengaruh Pengalaman On The Job Training dan Motivasi

Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education

Analysis Journal, 6 (1).

Rojuli, S., Rahayu, A. & Disman. (2017). Observational Learning on Industry Work

Practices Toward Job Readiness. Educational Research and Reviews, 12 (9), 554

-558.

Saifuddin, A. (2018). Kematangan Karier: Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan

Merencanakan Karier. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Sutopo, E. Y. & Slamet, A. (2017). Statistika

Inferensial. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Triwahyuni, H. & Setiyani, R. (2016).

Pengaruh Prakerin, Prestasi Akademik

Mata Diklat Produktif Akuntansi, dan

Pemanfaatan Bank Mini Terhadap

Kesiapan Kerja Siswa SMK Kompetensi

Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5 (1).

Yulianti, I. & Khafid, M. (2015). Pengaruh

Pengalaman Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Kemampuan Soft Skill Terhadap Tingkat

Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK

Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran

/2015. Economic Education Analysis Journal, 4 (2)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.