PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI
Abstract
Abstract
The objective of this research is to improve critical thinking ability of students through application of mind mapping media-assisted problem-based learning in Accounting learning of the students in Grade XI. This research used the classroom action research with two cycles. Each cycle consisted of four stages, namely: planning, implementation, observation, and reflection. Its subjects were the students as many as 29 in Grade XI of Accounting Expertise Program. Data of the research were collected through observation, test, and documentation. They were validated with content validity technique, and analyzed by using the descriptive model of analysis. The result of the research shows that the application of mind mapping media-assisted problem-based learning could improve the critical thinking ability in Accounting both in Cycle I and Cycle II. Prior to the treatment, percentage of critical thinking ability of the students was 48.28%. Following the treatments, it became 62.07% in Cycle I and 79.31% in Cycle II.
Keywords: Problem Based Learning, Mind Mapping, critical thinking ability
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantu media Mind Mapping pada pembelajaran akuntansi kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media Mind Mapping mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran akuntansi baik siklus I maupun siklus II. Pada tindakan siklus I dan siklus II penerapan model Problem Based Learning berbantu media Mind Mapping mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dari 48,28% menjadi 62,07%, dan dari 62,07%, menjadi 79,31%.
Kata kunci: Problem Based Learning, Mind Mapping, kemampuan berpikir kritis
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Amir, M.T. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning . Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Arends, R.I. (2013). Belajar untuk Mengajar.
Edisi 9 buku 2. Terj. Frida Yulia. Jakarta:
Salemba Humanika. (Buku asli diterbitkan 2012).
Budiyono.(2015). Pengantar Penilaian Hasil
Belajar. Surakarta:UNS Press.
Buran dan Filyukov. (2015). Mind Mapping
Technique in Language Learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences
Journal, 206 ( 2015 ), 215 – 218.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas
dan Penelitian Tindakan Sekolah beserta
contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava
Media
Donovan, R.(2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk
meningkatkan kemampuan siswa mata
pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA N
Sukoharjo Tahun ajaran 2016/2017.
Surakarta: Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah
Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata :
Erlangga. (Buku asli diterbitkan 2007).
Fun dan Maskat. (2010). Teacher-Centered
Mind Mapping vs Student-Centered
Mind Mapping in the Teaching of Accounting at Pre-U Level – An Action Research. Procedia Social and Behavioral
Sciences, 7(2010C), 240–246.
Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar.
Jakarta: Bumi Aksara.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan
Konstektual dalam Pembelajaran Abad
Kunci Sukses Implementasi kurikulum
Bogor: Ghalia Indonesia.
Jabar, F.A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan
Pemahaman Konsep Dan
Berpikir Kritis. Ekuivalent, 24 (2), 130-
Karim, A. (2018). Efektivitas Penggunaan
Metode Mind Map Pada Pelatihan
Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran. Journal of Social Science
Teaching, 1 (1), 1-22.
Kemdikbud. (2018, 17 Agustus). Tingkatkan
Mutu Pendidikan Melalui Empat Hal Ini.
Diperoleh pada 07 Januari 2019, dari
https://www.kemdikbud.go.id/main/
blog/2018/08/tingkatkan-mutupendidikan-melalui-empat-hal-ini.
Kuleksi dan Kumlu. (2015). Developing Critical
Thinking Skills in English Language
Teaching Classes Through Novel. International Journal of Language Academy,
(2), 76-90.
Nuraini, S. (2016). Penerapan Model Problem
Based Learning berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan
Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Kelas
IX H SMP N 15 Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang, Malang
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka
Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah
Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah
Kejuruan.
Republika (2019, 18 April) Rendahnya Kompetensi Guru Jadi Masalah Pendidikan Indonesia. Diperoleh pada 20 April 2019,
dari https://republika.co.id/berita/
pendidikan/eduaction/pq53k5368/
rendahnya kompetensi-guru-jadi-masalah
-pendidikan-indonesia.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran
Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Widyatiningtyas, R., dkk (2015). The Impact of
Problem-Based Learning Approach to
Senior High School Students’ Mathemativs Critical Thinking ability. Journal on
Mathematics Education, 6 (2)30-38.
Windura, S. (2013). Mind Map untuk Siswa,
Guru dan Orang Tua . Jakarta: Elex Media Komputindo.
mengamati (observasi), menanya,
mengumpulkan informasi, menalar, dan
mengomunikasikan
Refbacks
- There are currently no refbacks.