PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Ismiyati Nurul Hidayah, Sudiyanto . ., Muhtar . .

Abstract

Abstract

The objective of this research is to improve critical thinking ability of students through application of mind mapping media-assisted problem-based learning in Accounting learning of the students in Grade XI. This research used the classroom action research with two cycles. Each cycle consisted of four stages, namely: planning, implementation, observation, and reflection. Its subjects were the students as many as 29 in Grade XI of Accounting Expertise Program. Data of the research were collected through observation, test, and documentation. They were validated with content validity technique, and analyzed by using the descriptive model of analysis. The result of the research shows that the application of mind mapping media-assisted problem-based learning could improve the critical thinking ability in Accounting both in Cycle I and Cycle II. Prior to the treatment, percentage of critical thinking ability of the students was 48.28%. Following the treatments, it became 62.07% in Cycle I and 79.31% in Cycle II.
Keywords: Problem Based Learning, Mind Mapping, critical thinking ability

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantu media Mind Mapping pada pembelajaran akuntansi kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media Mind Mapping mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran akuntansi baik siklus I maupun siklus II. Pada tindakan siklus I dan siklus II penerapan model Problem Based Learning berbantu media Mind Mapping mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dari 48,28% menjadi 62,07%, dan dari 62,07%, menjadi 79,31%.
Kata kunci: Problem Based Learning, Mind Mapping, kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Amir, M.T. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning . Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Arends, R.I. (2013). Belajar untuk Mengajar.

Edisi 9 buku 2. Terj. Frida Yulia. Jakarta:

Salemba Humanika. (Buku asli diterbitkan 2012).

Budiyono.(2015). Pengantar Penilaian Hasil

Belajar. Surakarta:UNS Press.

Buran dan Filyukov. (2015). Mind Mapping

Technique in Language Learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences

Journal, 206 ( 2015 ), 215 – 218.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas

dan Penelitian Tindakan Sekolah beserta

contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava

Media

Donovan, R.(2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk

meningkatkan kemampuan siswa mata

pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA N

Sukoharjo Tahun ajaran 2016/2017.

Surakarta: Universitas Muhammadiyah

Surakarta.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah

Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata :

Erlangga. (Buku asli diterbitkan 2007).

Fun dan Maskat. (2010). Teacher-Centered

Mind Mapping vs Student-Centered

Mind Mapping in the Teaching of Accounting at Pre-U Level – An Action Research. Procedia Social and Behavioral

Sciences, 7(2010C), 240–246.

Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar.

Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan

Konstektual dalam Pembelajaran Abad

Kunci Sukses Implementasi kurikulum

Bogor: Ghalia Indonesia.

Jabar, F.A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan

Pemahaman Konsep Dan

Berpikir Kritis. Ekuivalent, 24 (2), 130-

Karim, A. (2018). Efektivitas Penggunaan

Metode Mind Map Pada Pelatihan

Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran. Journal of Social Science

Teaching, 1 (1), 1-22.

Kemdikbud. (2018, 17 Agustus). Tingkatkan

Mutu Pendidikan Melalui Empat Hal Ini.

Diperoleh pada 07 Januari 2019, dari

https://www.kemdikbud.go.id/main/

blog/2018/08/tingkatkan-mutupendidikan-melalui-empat-hal-ini.

Kuleksi dan Kumlu. (2015). Developing Critical

Thinking Skills in English Language

Teaching Classes Through Novel. International Journal of Language Academy,

(2), 76-90.

Nuraini, S. (2016). Penerapan Model Problem

Based Learning berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Kelas

IX H SMP N 15 Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang, Malang

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka

Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah

Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah

Kejuruan.

Republika (2019, 18 April) Rendahnya Kompetensi Guru Jadi Masalah Pendidikan Indonesia. Diperoleh pada 20 April 2019,

dari https://republika.co.id/berita/

pendidikan/eduaction/pq53k5368/

rendahnya kompetensi-guru-jadi-masalah

-pendidikan-indonesia.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran

Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widyatiningtyas, R., dkk (2015). The Impact of

Problem-Based Learning Approach to

Senior High School Students’ Mathemativs Critical Thinking ability. Journal on

Mathematics Education, 6 (2)30-38.

Windura, S. (2013). Mind Map untuk Siswa,

Guru dan Orang Tua . Jakarta: Elex Media Komputindo.

mengamati (observasi), menanya,

mengumpulkan informasi, menalar, dan

mengomunikasikan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.