HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF AKUNTANSI DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI X SURAKARTA

Diana Uyun Rahmawati, Muhtar . ., Jaryanto . .

Abstract

ABSTRACT

The objectives of this research are to investigat: (1) correlation between cognitive learning achievement in Accounting and employment readiness of students in Grade XII of Accounting Expertise Program SMK Negeri X Surakarta, (2) correlation between industrial work practice experience and employment readiness of students in Grade XII of Accounting Expertise Program SMK Negeri X Surakarta, and (3) correlation of correlation between cognitive learning achievement in Accounting and industrial work practice experience with employment readiness of students in Grade XII of Accounting Expertise Program SMK Negeri X Surakarta. This research used expost-facto research method. Samples of the research included 97 students in Grade XII of Accounting Expertise Program of State Vocational High School X of Surakarta. They were then analyzed by using the correlation analysis and multiple regression analysis. The results of the research show that: (1) the cognitive learning achievement in Accounting had a significant and positive correlation with the employment (rstat. = 0.445 > rcrit. = 0.168 and the p-value < 0.05); (2) the industrial work practice experience had a significant and positive correlation with the employment readiness (rstat. = 0.426 > rcrit. = 0.168 and the p-value < 0.05); and (3) the cognitive learning achievement in Accounting and the industrial work practice experience had a significant and positive correlation with the employment readiness (F change = 16, 441 and that of sig. F change = 0.000 < 0.05).
Keywords: cognitive learning achievement in ccounting, industrial work practice experience, employment readiness

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan prestasi belajar kognitif akuntansi dengan kesiapan kerja siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri X Surakarta, (2) hubungan pengalaman praktik kerja industri dengan kesiapan kerja siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri X Surakarta, dan (3) hubungan prestasi belajar kognitif akuntansi dan pengalaman praktik kerja industri dengan kesiapan kerja siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri X Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian expost-facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 97 siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri X Surakarta. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara prestasi belajar kognitif akuntansi dengan kesiapan kerja, (rhitung = 0,445 > rtabel = 0,168; p < 0.05); (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengalaman praktik kerja industri dengan kesiapan kerja (rhitung = 0,426 > rtabel = 0,168; p < 0,05); (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara prestasi belajar kognitif akuntansi dan pengalaman praktik kerja industri dengan kesiapan kerja (sig. F change = 0,000 < 0,05).
Kata kunci: Prestasi Belajar Kognitif Akuntansi, Pengalaman Praktik Kerja Industri, Kesiapan Kerja

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Anoraga, P. (2009). Psikologi Kerja. Jakarta:

Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. Keadaan Ketenagakerjaan

Tahun 2016. Diakses di https://

jateng.bps.go.id/ pada 23 September 2018.

Bossaert, G; S. Doumen; E.Buyse; K.

Verschueren (2011). Predicting Students'

Academic Achievement after theTransition

to First Grade: A Two-Year LongitudinalStudy. Journal of Applied Developmental Psychology 32: 47–57.

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta:

Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, (2003). Undang-undang RI No.20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:

Depdiknas.

Dikmenjur. (2008). Kurikulum SMK. Jakarta:

Dikmenjur.

Fitriyanto, A. (2006). Ketidakpastian Memasuki

Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta:

Dineka Cipta.

Halim, A. (2007). Akuntansi Sektor Publik:

Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta:

Salemba Empat.

Hamalik, O. (2005). Perencanaan Pengajaran

Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta:

PT. Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2007). Pengembangan Sumber

Daya Manusia, Manajemen Pelatihan

Ketenagakerjaan, Pendekatan Terpadu.

Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.

Bandung: Pustaka Setia.

Handayani, U. S. & Setiyani, R. (2015).

Pengaruh Prestasi Akademik Mata Diklat

Produktif Akuntansi, Praktik Kerja Industri, dan Lingkungan Keluarga terhadap

Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK

Negeri 1 Kebumen Program Keahlian

Akuntansi Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Educaion Analysis Journal, 4 (3),

-875.

Hoffman, M., Snyder, T.D., & Sonneberg, B.

(1996). Historically Black Colleges and

Universities: 1976-1994. U.S. Departement of Education. Office of Educational

Research and Improvement, 13-21.

Kardimin, A. (2004). Strategi Melamar Kerja

dan Bimbingan Karier. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Kartono, K. (1991). Menyiapkan dan Memandu

Karier. Jakarta: Rajawali Pers.

Ketut, S. D. (1993). Psikologi Pemilihan Karir.

Jakarta: P.T Rineka Cipta.

Lestari, I. & Siswanto, B. T. (2015). Pengaruh

Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar

Produktif dan Dukungan Sosial terhadap

Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5 (2), 183-194.

Mu’ayati R. & Margunani. (2014). Pengaruh

Praktik Kerja Industri (Prakerin), Penguasaan Mata Diklat Produktif Akuntansi

dan Minat Kerja Siswa terhadap Kesiapan

Menghadapi Dunia Kerja Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi di SMKN 1

Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3 (2),

-335.

Muktiani, E. E. (2014). Pengaruh Praktik Kerja

Industri dan Prestasi Akademik Mata

Diklat Produktif Akuntansi terhadap

Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program

Keahlian Akuntansi SMK Nasional Pati

Tahun Pelajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 3 (1), 166-172.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muyasaroh, H. B., Ngadiman, & Hamidi, N.

(2013). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Locus of Control terhadap

Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK

Negeri 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan

UNS, 1 (1), 1-11.

Pool, L. D., & Sewell, P. (2007). The Key to

Employability: Developing A Practical

Model Of Graduate Employability. Education And Training Journal, 277-289.

Somantri, H. (2007). Memahami Akuntansi SMK

Seri A. Bandung: Armico.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan dengan

Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Tirtonegoro, S. (2001). Anak Supernormal dan

Pendidikannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Triani, D. & Arief, S. (2016). Pengaruh Praktik

Kerja Industri, Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi, dan Motivasi Memasuki

Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa

Akuntansi. Economic Education Analysis

Journal, 5 (3), 849-859.

Triwahyuni, H. & Setiyani, R. (2016). Pengaruh

Prakerin, Prestasi Akademik Mata Diklat

Produktif Akuntansi, dan Pemanfaatan

Bank Mini terhadap Kesiapan Kerja Siswa

SMK Kompetensi Keahlian Akuntansi.

Economic Education Analysis Journal, 5

(1), 58-71.

United Nations Development Program (UNDP).

(2018). Human Development Report 2018.

Diperoleh pada 31 Desember 2018, dari

http://hdr.undp.org/en/countries/profiles/

IDN.

Warren, dkk. (2006). Pengantar Akuntansi, Edisi 21. Jakarta: Salemba Empat.

Yamsih, U. & Khafid, M. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja, Bimbingan Karier, dan Prestasi Belajar Akuntansi terhadap Kesiapan

Kerja. Economic Education Analysis Journal, 5 (3), 1010-1019.

Yati, R. & Ansofino. (2014). Pengaruh Motivasi

Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman

Praktik Kerja Industri terhadap Kompetensi Kerja Peserta Didik Kelas XII SMK

Muhammadiyah I Padang Tahun Pelajaran

/2013. Journal of Economic and Economic Education, 2 (2), 99-105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.