HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF AKUNTANSI DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DENGAN KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI X SURAKARTA
Abstract
ABSTRACT
The objectives of this research are to investigat: (1) correlation between cognitive learning achievement in Accounting and employment readiness of students in Grade XII of Accounting Expertise Program SMK Negeri X Surakarta, (2) correlation between industrial work practice experience and employment readiness of students in Grade XII of Accounting Expertise Program SMK Negeri X Surakarta, and (3) correlation of correlation between cognitive learning achievement in Accounting and industrial work practice experience with employment readiness of students in Grade XII of Accounting Expertise Program SMK Negeri X Surakarta. This research used expost-facto research method. Samples of the research included 97 students in Grade XII of Accounting Expertise Program of State Vocational High School X of Surakarta. They were then analyzed by using the correlation analysis and multiple regression analysis. The results of the research show that: (1) the cognitive learning achievement in Accounting had a significant and positive correlation with the employment (rstat. = 0.445 > rcrit. = 0.168 and the p-value < 0.05); (2) the industrial work practice experience had a significant and positive correlation with the employment readiness (rstat. = 0.426 > rcrit. = 0.168 and the p-value < 0.05); and (3) the cognitive learning achievement in Accounting and the industrial work practice experience had a significant and positive correlation with the employment readiness (F change = 16, 441 and that of sig. F change = 0.000 < 0.05).
Keywords: cognitive learning achievement in ccounting, industrial work practice experience, employment readiness
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan prestasi belajar kognitif akuntansi dengan kesiapan kerja siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri X Surakarta, (2) hubungan pengalaman praktik kerja industri dengan kesiapan kerja siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri X Surakarta, dan (3) hubungan prestasi belajar kognitif akuntansi dan pengalaman praktik kerja industri dengan kesiapan kerja siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri X Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian expost-facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 97 siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri X Surakarta. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara prestasi belajar kognitif akuntansi dengan kesiapan kerja, (rhitung = 0,445 > rtabel = 0,168; p < 0.05); (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengalaman praktik kerja industri dengan kesiapan kerja (rhitung = 0,426 > rtabel = 0,168; p < 0,05); (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara prestasi belajar kognitif akuntansi dan pengalaman praktik kerja industri dengan kesiapan kerja (sig. F change = 0,000 < 0,05).
Kata kunci: Prestasi Belajar Kognitif Akuntansi, Pengalaman Praktik Kerja Industri, Kesiapan Kerja
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anoraga, P. (2009). Psikologi Kerja. Jakarta:
Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik. Keadaan Ketenagakerjaan
Tahun 2016. Diakses di https://
jateng.bps.go.id/ pada 23 September 2018.
Bossaert, G; S. Doumen; E.Buyse; K.
Verschueren (2011). Predicting Students'
Academic Achievement after theTransition
to First Grade: A Two-Year LongitudinalStudy. Journal of Applied Developmental Psychology 32: 47–57.
Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta:
Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional, (2003). Undang-undang RI No.20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:
Depdiknas.
Dikmenjur. (2008). Kurikulum SMK. Jakarta:
Dikmenjur.
Fitriyanto, A. (2006). Ketidakpastian Memasuki
Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta:
Dineka Cipta.
Halim, A. (2007). Akuntansi Sektor Publik:
Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta:
Salemba Empat.
Hamalik, O. (2005). Perencanaan Pengajaran
Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta:
PT. Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2007). Pengembangan Sumber
Daya Manusia, Manajemen Pelatihan
Ketenagakerjaan, Pendekatan Terpadu.
Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.
Bandung: Pustaka Setia.
Handayani, U. S. & Setiyani, R. (2015).
Pengaruh Prestasi Akademik Mata Diklat
Produktif Akuntansi, Praktik Kerja Industri, dan Lingkungan Keluarga terhadap
Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK
Negeri 1 Kebumen Program Keahlian
Akuntansi Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Educaion Analysis Journal, 4 (3),
-875.
Hoffman, M., Snyder, T.D., & Sonneberg, B.
(1996). Historically Black Colleges and
Universities: 1976-1994. U.S. Departement of Education. Office of Educational
Research and Improvement, 13-21.
Kardimin, A. (2004). Strategi Melamar Kerja
dan Bimbingan Karier. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Kartono, K. (1991). Menyiapkan dan Memandu
Karier. Jakarta: Rajawali Pers.
Ketut, S. D. (1993). Psikologi Pemilihan Karir.
Jakarta: P.T Rineka Cipta.
Lestari, I. & Siswanto, B. T. (2015). Pengaruh
Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar
Produktif dan Dukungan Sosial terhadap
Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5 (2), 183-194.
Mu’ayati R. & Margunani. (2014). Pengaruh
Praktik Kerja Industri (Prakerin), Penguasaan Mata Diklat Produktif Akuntansi
dan Minat Kerja Siswa terhadap Kesiapan
Menghadapi Dunia Kerja Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi di SMKN 1
Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3 (2),
-335.
Muktiani, E. E. (2014). Pengaruh Praktik Kerja
Industri dan Prestasi Akademik Mata
Diklat Produktif Akuntansi terhadap
Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program
Keahlian Akuntansi SMK Nasional Pati
Tahun Pelajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 3 (1), 166-172.
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muyasaroh, H. B., Ngadiman, & Hamidi, N.
(2013). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Locus of Control terhadap
Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK
Negeri 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan
UNS, 1 (1), 1-11.
Pool, L. D., & Sewell, P. (2007). The Key to
Employability: Developing A Practical
Model Of Graduate Employability. Education And Training Journal, 277-289.
Somantri, H. (2007). Memahami Akuntansi SMK
Seri A. Bandung: Armico.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.
Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan dengan
Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Tirtonegoro, S. (2001). Anak Supernormal dan
Pendidikannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Triani, D. & Arief, S. (2016). Pengaruh Praktik
Kerja Industri, Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi, dan Motivasi Memasuki
Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa
Akuntansi. Economic Education Analysis
Journal, 5 (3), 849-859.
Triwahyuni, H. & Setiyani, R. (2016). Pengaruh
Prakerin, Prestasi Akademik Mata Diklat
Produktif Akuntansi, dan Pemanfaatan
Bank Mini terhadap Kesiapan Kerja Siswa
SMK Kompetensi Keahlian Akuntansi.
Economic Education Analysis Journal, 5
(1), 58-71.
United Nations Development Program (UNDP).
(2018). Human Development Report 2018.
Diperoleh pada 31 Desember 2018, dari
http://hdr.undp.org/en/countries/profiles/
IDN.
Warren, dkk. (2006). Pengantar Akuntansi, Edisi 21. Jakarta: Salemba Empat.
Yamsih, U. & Khafid, M. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja, Bimbingan Karier, dan Prestasi Belajar Akuntansi terhadap Kesiapan
Kerja. Economic Education Analysis Journal, 5 (3), 1010-1019.
Yati, R. & Ansofino. (2014). Pengaruh Motivasi
Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman
Praktik Kerja Industri terhadap Kompetensi Kerja Peserta Didik Kelas XII SMK
Muhammadiyah I Padang Tahun Pelajaran
/2013. Journal of Economic and Economic Education, 2 (2), 99-105
Refbacks
- There are currently no refbacks.