HUBUNGAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN EFIKASI DIRI DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI
Abstract
ABSTRACT
The objectives of this research are to investigate correlation between (1) logical-mathematical intelligence and high order thinking skill, (2) self-efficacy and high order thinking skill, and (3) simultaneous correlation of logical-mathematical intelligence and self-efficacy with high order thinking skill. This research used associative research method. Its population was the students as many 104 in Grade XI of Accounting Department. Simple random sampling was employed to determine its samples. The data of the research were collected through observation, documentation, test, and questionnaire. They were analyzed by using the Pearson’s Product Moment Correlation and Multiple Correlation. The results of the research are as follows (1) the logical-mathematical intelligence had a positive correlation with the high order thinking skill (0,533 > 0,230), (2) there is no correlation between the self-efficacy with the high order thinking skill (-0,125 < 0,230), and (3) the logical-mathematical intelligence and the self-efficacy had a positive correlation with the high order thinking skill (0,555 > 0,230).
Keywords: : logical-mathematical intelligence, self-efficacy, high order thinking skill
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara (1) kecerdasan logis-matematis dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi, (2) diri dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan (3) kecerdasan logis-matematis dan efikasi diri dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan akuntansi sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan korelasi Product Moment dan hubungan ganda. Hasil penelitian yaitu (1) terdapat hubungan positif antara kecerdasan logis-matematis dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (0,533 > 0,230), (2) tidak terdapat hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (-0,125 < 0,230), dan (3) terdapat hubungan positif antara kecerdasan logis-matematis dan efikasi diri dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (0,555 > 0,230).
Kata Kunci : Kecerdasan logis-matematis, efikasi diri, keterampilan berpikir tingkat tinggi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Basito,dkk. (2018). Hubungan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Siswa SMK Program Keahlian Teknik
Bangunan pada Mata Pelajaran Mekanika
Teknik. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil.
Vol , No 1.
Gunawan, A.W. (2006). Genius Learning Strategy. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Greenberg, R.A., & Baron, R.A. (2003). Behavior in organizations, 8th ed. Upper Saddle
River. NJ: Prentice-Hall.Ghozali.
Gulo, Vinsensia. (2018). Pengaruh Efikasi Diri
dan Self Regulated Learning terhadap
Prestasi Belajar Teori Ekonomi Mikro Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Ekonomi.. Universitas Danata Dharma,
Hamalik, Oemar. (2003). Pendidikan Tenaga
Kerja Nasional: Kejuruan, Kewirausahaan,
dan Manajemen. Bandung: Citra Aditya
Bakti.
Gardner, Howard. (1993). Mutiiple lntelligeces;
Tbe Theory in a Practice. New York: Basic
Books.
Ismail, dkk. (2017). The Relationship between
Self-Efficacy and GPA Grade Score of
Students. International Jornal of Psychology 7(2):44-47
Janatin, Mulafi. (2015). Hubungan Antara Self
Efficacy Dengan Prestasi Belajar Siswa
Kelas IV SD se-Gugus Ii Kecamatan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas
Negeri Yogyakarta.
Leonard & Nanda. (2018). Pengaruh Kecerdasan
Logis-Matematis dan Kecerdasan Musikal
terhadap Higher Order Thinking Skills
(HOTS). Kalamatika Jurnal Pendidikan
Matematika Volume 3, No. 2.
Muhamad, R. & Sulaiman, N.A. (2013). Higherorder or Critical Thinking Skills: Does Accounting Education Need Reforms?. Journal of Accounting Perspectives, Vol. 6, December 2013.
OECD. (2018). PISA - Result in Focus – OECD
(Online), (http://www.oecd.org/pisa/
pisa-2015-results-in-focus.pdf)
Puspaningtyas, Nur Astuti (2018) Peningkatan
Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan
Kemampuan Berpikir (SPPKB) pada Pembelajaran Ekonomi Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wates. Fakultas Ekonomi UNY.
http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59666
.
Pehlivan & Durgut. (2017). The Effect of Logi
cal-Mathematical Intelligence on Financial
Accounting Achievement According to
Multiple Intelligence Theory. Journal of
Education & Social Policy, Vol. 4, No. 3.
Sanusi, A. (2013). Kepemimpinan Pendidikan:
Strategi Pembaruan, Semangat Pengabdian,
Manajemen Modern. Bandung: Nuansa
Cendekia.
Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar
Mengajar. Bandung: Sinau Baru Algesindo
Refbacks
- There are currently no refbacks.