HUBUNGAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN EFIKASI DIRI DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Hasna Alfasina ., Siswandari . ., Asri Diah Susanti

Abstract

ABSTRACT

The objectives of this research are to investigate correlation between (1) logical-mathematical intelligence and high order thinking skill, (2) self-efficacy and high order thinking skill, and (3) simultaneous correlation of logical-mathematical intelligence and self-efficacy with high order thinking skill. This research used associative research method. Its population was the students as many 104 in Grade XI of Accounting Department. Simple random sampling was employed to determine its samples. The data of the research were collected through observation, documentation, test, and questionnaire. They were analyzed by using the Pearson’s Product Moment Correlation and Multiple Correlation. The results of the research are as follows (1) the logical-mathematical intelligence had a positive correlation with the high order thinking skill (0,533 > 0,230), (2) there is no correlation between the self-efficacy with the high order thinking skill (-0,125 < 0,230), and (3) the logical-mathematical intelligence and the self-efficacy had a positive correlation with the high order thinking skill (0,555 > 0,230).
Keywords: : logical-mathematical intelligence, self-efficacy, high order thinking skill

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara (1) kecerdasan logis-matematis dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi, (2) diri dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan (3) kecerdasan logis-matematis dan efikasi diri dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan akuntansi sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan korelasi Product Moment dan hubungan ganda. Hasil penelitian yaitu (1) terdapat hubungan positif antara kecerdasan logis-matematis dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (0,533 > 0,230), (2) tidak terdapat hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (-0,125 < 0,230), dan (3) terdapat hubungan positif antara kecerdasan logis-matematis dan efikasi diri dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (0,555 > 0,230).
Kata Kunci : Kecerdasan logis-matematis, efikasi diri, keterampilan berpikir tingkat tinggi

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Basito,dkk. (2018). Hubungan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Siswa SMK Program Keahlian Teknik

Bangunan pada Mata Pelajaran Mekanika

Teknik. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil.

Vol , No 1.

Gunawan, A.W. (2006). Genius Learning Strategy. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Greenberg, R.A., & Baron, R.A. (2003). Behavior in organizations, 8th ed. Upper Saddle

River. NJ: Prentice-Hall.Ghozali.

Gulo, Vinsensia. (2018). Pengaruh Efikasi Diri

dan Self Regulated Learning terhadap

Prestasi Belajar Teori Ekonomi Mikro Mahasiswa Program Studi Pendidikan

Ekonomi.. Universitas Danata Dharma,

Hamalik, Oemar. (2003). Pendidikan Tenaga

Kerja Nasional: Kejuruan, Kewirausahaan,

dan Manajemen. Bandung: Citra Aditya

Bakti.

Gardner, Howard. (1993). Mutiiple lntelligeces;

Tbe Theory in a Practice. New York: Basic

Books.

Ismail, dkk. (2017). The Relationship between

Self-Efficacy and GPA Grade Score of

Students. International Jornal of Psychology 7(2):44-47

Janatin, Mulafi. (2015). Hubungan Antara Self

Efficacy Dengan Prestasi Belajar Siswa

Kelas IV SD se-Gugus Ii Kecamatan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas

Negeri Yogyakarta.

Leonard & Nanda. (2018). Pengaruh Kecerdasan

Logis-Matematis dan Kecerdasan Musikal

terhadap Higher Order Thinking Skills

(HOTS). Kalamatika Jurnal Pendidikan

Matematika Volume 3, No. 2.

Muhamad, R. & Sulaiman, N.A. (2013). Higherorder or Critical Thinking Skills: Does Accounting Education Need Reforms?. Journal of Accounting Perspectives, Vol. 6, December 2013.

OECD. (2018). PISA - Result in Focus – OECD

(Online), (http://www.oecd.org/pisa/

pisa-2015-results-in-focus.pdf)

Puspaningtyas, Nur Astuti (2018) Peningkatan

Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan

Kemampuan Berpikir (SPPKB) pada Pembelajaran Ekonomi Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Wates. Fakultas Ekonomi UNY.

http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59666

.

Pehlivan & Durgut. (2017). The Effect of Logi

cal-Mathematical Intelligence on Financial

Accounting Achievement According to

Multiple Intelligence Theory. Journal of

Education & Social Policy, Vol. 4, No. 3.

Sanusi, A. (2013). Kepemimpinan Pendidikan:

Strategi Pembaruan, Semangat Pengabdian,

Manajemen Modern. Bandung: Nuansa

Cendekia.

Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar

Mengajar. Bandung: Sinau Baru Algesindo

Refbacks

  • There are currently no refbacks.