PENGEMBANGAN KOMIK AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LAPORAN KEUANGAN

Casey Melverna, Sri Witurachmi, Nurhasan Hamidi

Abstract

ABSTRACT
The objective of research was to examine (1) the feasibility of Accounting Comic as learning media; (2) the effectiveness of Accounting Comic learning media as the attempt of improving students’ learning motivation. This study was a research and development using Borg and Gall’s development model. The subject of research consisted of media expert, material expert, practitioners and students. The instruments used were documentation and questionnaire used to examine feasibility and to measure effectiveness. Data analysis was carried out using statistic descriptive and statistic inferential analyses. The results of research were as follows. 1) Accounting Comic was feasible to be developed. Consider-ing the result of validation experts, such as material, media experts and practitioners, it can be found that the result of material expert validation was 75% or feasible, media experts scored 97% or very fea-sible, and practitioners scored 81.7% or very feasible, and result of small-scale trial was 91% or very feasible. 2) Accounting comic effectively improved the students’ learning motivation. It could be seen from the increase in mean score of learning motivation in experiment group from 68.87 to 120.73 and the result of pairwise t-test showed significance value of 0.000 < 0.050, and the mean score of learning motivation for experiment group was 120.73 higher than that for 70.40 for control group, and the result of pairwise t-sample showed significance level of 0.000 < 0.050. Considering the result of research, it could be concluded that the development of accounting comic in the financial statement of service com-pany material could improve the students’ learning motivation.
Keyword: Accounting Comic, Learning Media, Learning Motivation
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji : (1) kelayakan Komik Akuntansi sebagai media pembelajaran; (2) keefektivan media pembelajaran Komik Akuntansi sebagai upaya untuk peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Develop-ment) dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, praktisi dan siswa. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi dan angket yang digunakan untuk menguji kelayakan dan mengukur keefektifan. Analisis data yang digunakan da-lam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menun-jukan bahwa : 1) Komik Akuntansi layak untuk dikembangkan. Berdasarkan hasil dari para ahli vali-dasi, seperti ahli materi, ahli media, dan praktisi dapat diketahui hasil validasi ahli materi sebesar 75% atau layak layak, ahli media memberikan skor sebesar 97% atau sangat layak, praktisi memberikan skor sebesar 81,7% atau sangat layak, dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 91% atau sangat layak. 2) Komik Akuntansi efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan rata-rata motivasi belajar pada kelompok eksperimen dari 68,87 menjadi 120,73 dan hasil uji t dua sampel berpasangan menunjukan bahwa Sig. sebesar 0,000 < 0,050 serta rata-rata motivasi belajar kelompok eksperimen yaitu 120,73 lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yaitu 70,40 dan hasil uji t dua sampel independen menunjukan bahwa Sig. 0,000 < 0,050. Berdasarkan hasil penelitian dapat disim-pulkan bahwa pengembangan komik akuntansi pada materi laporan keuangan perusahaan jasa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata kunci : Komik Akuntansi, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.