PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO BERKOMBINASI TEKA-TEKI SILANG TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN
Abstract
ABSTRACT
This research aims to examine the effect use of the video combined crossword towards students interest learning on the subjects of banking basics in SMK Surakarta. The research used quasi experimental method with non-equivalent control group research design. This research used a sample of 59 accounting students of class X. The selected sample class X Accounting 1 as experiment class which amounted to 29 students and X Accounting 2 as control class which amounted to 30 student as the sample random sampling. Data collection techniques were questionnaires for students learning interest. The technique of analyzing data was Independent Sample T-test with requirement test consisting of normality test and homogeneity test data. The result showed that video combined crossword has an effect on students interest. This can be seen from the result of hypothesis testing that shows the value of Sig. (2-tailed) of 0,000 or t-test equal to 4,045>2,002; with an average csore for the experiment class higher than the control class (83,93>62,53). Thus the use of video combined crossword has an effect on student learning interests and can increase student learning interest.
Keywords: video, crossword puzzle, and interest learning.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh video berkombinasi teka-teki silang terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Perbankan di SMK Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 59 siswa. Sampel yang terpilih adalah kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa dan X Akuntansi 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk memperoleh data minat belajar siswa. Analisis data menggunakan Independent Sampel T-test dengan uji persyaratan yang terdiri atas uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video berkombinasi teka-teki silang berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 atau t hitung sebesar 4,045 > 2,002; dengan skor rata-rata untuk kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (83,93>62,53). Dengan demikian penggunaan video berkombinasi teka-teki silang berpengaruh terhadap minat belajar siswa serta dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Kata Kunci : Video, Teka-Teki Silang, Minat Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.