HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN BERPIKIR POSITIF DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS CALON GURU AKUNTANSI

Gian Sakti Jagaddhito, Sri Sumaryati

Abstract

ABSTRACT This study aims to (1) determine the corelation between self-confidence and anxiety speaking in front of the class accounting pre-service teachers FKIP UNS, (2) determine the corelation between positive thinking and anxiety speaking in front of the class accounting pre-service teachers FKIP UNS, and (3) determine the corelation between self-confidence and positive thinking with anxiety speaking in front of the class accounting pre-service teachers FKIP UNS. The subjects of this study used proportional random sampling method and data analysis through questionnaires. The results of multiple linear regression analysis showed that self-confidence (t-test -4.888) and positive thinking (t-test -4.555) both have a significant negative relationship with anxiety speaking in front of the class. The regression analysis also revealed a simultaneous significant relationship between self-confidence and positive thinking with classroom speaking anxiety (f count 93.891). The regression model obtained was Y = 41.275 - 0.140X1 - 0.127X2. Keywords: self-confidence, positive thinking, speaking anxiety in front of the class, accounting preservice teacher ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan kelas calon guru akuntansi FKIP UNS, (2) mengetahui hubungan antara berpikir positif dengan kecemasan berbicara di depan kelas calon guru akuntansi FKIP UNS, serta (3) mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan berpikir positif dengan kecemasan berbicara di depan kelas calon guru akuntansi FKIP UNS. Subjek penelitian ini menggunakan metode proportional random sampling dan analisis data melalui angket. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa kepercayaan diri (t hitung -4,888) dan berpikir positif (t hitung -4,555) keduanya terdapat hubungan yang negatif signifikan dengan kecemasan berbicara di depan kelas. Analisis regresi juga mengungkapkan hubungan signifikan secara simultan antara kepercayaan diri dan berpikir positif dengan kecemasan berbicara di depan kelas (f hitung 93,891). Model regresi yang diperoleh adalah Y = 41,275 – 0,140X1 – 0,127X2. Kata Kunci: Kepercayaan diri, Berpikir Positif, Kecemasan Berbicara di Depan Kelas, Calon Guru Akuntansi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.