PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI TERHADAP PARTISIPASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENYUSUNAN JURNAL TRANSAKSI

Naomi Trias Hapsari Putri, Sri Sumaryati, Lies Nurhaini

Abstract

ABSTRACT This study examines the effect of using an educational game on student’s learning participation in preparation of transaction journal learning. This study used a quasi experimental method with non-equivalent control group design. The subjects of this study were 72 high school students. This re search used a quasi experimental method with a quantitative approach. The sampling technique in this study used cluster random sampling technique. Data collection techniques with questionnaires and documentation. The prerequisite test of this research was the normality test with Kolmogorov Smirnov and the homogeneity test with Levene. The data analysis technique used was the independent sample t-test. The results showed a significant educational game affecting student’s learning partici pation. That would be evidenced by the acquisition of an independent sample t-test test with a signifi cance level of 0.000< 0,05. In addition, the average learning participation of students in the experi mental class after treatment was 82.94 higher than the control class, which had an average of 76.83. Thus, it can be concluded that educational game affect student’s learning participation in transaction journal learning. Keywords: Educational Games, Participation, Transaction Journal ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan game edukasi terhadap partisipasi peserta didik pada pembelajaran penyusunan jurnal transaksi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini sebanyak 72 pe serta didik SMA. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuanti tatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Uji prasyarat penelitian ini adalah uji normalitas dengan kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas dengan levene. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh penggunaan game edukasi terhadap partisipasi belajar peserta didik yang signifikan. Hal ini dibuk tikan dengan perolehan hasil uji independent sample t-test dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu, rata-rata partisipasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen setelah perlakuan sebesar 82.94 lebih tinggi dari kelas kontrol yang memiliki rata-rata 76.83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi berpengaruh terhadap partisipasi belajar peserta didik pada pem belajaran jurnal transaksi. Kata Kunci: Game Edukasi, Partisipasi, Jurnal Transaksi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.