UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Neli Fitra Murni

Abstract

Pendidik perlu memahami setiap karakter siswa dalam menerima pembelajaran dan mampu mendorong siswa supaya aktif selama proses pembelajaran agar penyampaian materi atau proses pembelajaran menjadi lancar dan sukses sehingga tercapainya tujuan pembelajaran. Pendidik juga perlu memahami upaya-upaya yang harus dilakukan untuk merangsang keatifan siswa dalam proses pembelajaran.Tujuan kajian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan keaktifan siswa dalam belajar; (2) mendeskripsikan ciri-ciri siswa aktif; (3) mendeskripsikan upaya- upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Siswa aktif adalah siswa yang secara terus menerus berpartisipasi secara fisik, psikis, intelektual dan emosional, membentuk suatu proses membandingkan materi yang diterima; (2) Ciri-ciri siswa aktif adalah: a. berani mengeluarkan pendapat, kemauan serta kehendaknya dan berupaya melaksanakan kegiatan pembelajaran, b. Ikut serta  pada saat persiapan, pemprosesan dan kelanjutan kegiatan pembelajaran hingga menginformasikan nilai pembelajaran, c. menunjukan upaya pembelajaran yang berbeda guna mencapai keberhasilan (pembelajaran kreatif), d. belajar mencari dan menemukan sendiri ilmu pengetahuan yang di dapat. (3) Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dapat menggunakan pembelajaran kooperatif, media interaktif, video pembelajaran, dan metode diskusi.

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hollingsworth, P., & Lewis, G. (2008). Pembelajaran Aktif Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas Jakarta: Macana Jaya Cemerlang.

Sardiman. (2008). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugandi, A. (2004). Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES Press.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.