PEMANFAATAN MICROSOFT EXCEL BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII.A, TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMP PLUS GUNUNG JEMBAR KOTA TASIKMALAYA

Mula Mulyani

Abstract

Pemanfaatan microsoft excel bagi peserta didik kelas VIII.A, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikanb Di SMP Plus Gunung Jembar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar TIK bagi peserta didik serta mempermudah pekerjaan dan memperbaiki kualitas kerja bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, riset ini merupakan riset aksi kelas (PTK) yang dilaksanakan sepanjang 3 siklus. Objek dari riset yang dilakukan adalah Peserta Didik, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Teknik akumulasi informasi yang digunakan merupakan wawancara, yang digunakan merupakan wawancara, investigasi serta uji. Validitas data memperuntukkan triangulasi teknis serta triangulasi sumber. Hasil dari riset ini membuktikan kalau pemanfaatan microsoft excel dapat meningkatkan hasil belajar TIK bagi peserta didik, serta mempermudah pekerjaan bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

Full Text:

PDF

References

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/1793

Susandra. (2010). Modul panduan microsoft excel.

Musyafa. (2014, November 18). Dari Masa ke Masa Aplikasi Pengolah Angka. Academia. https://www.academia.edu/9530670/Aplikasi_Pengolah_Angka

Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sumarno. (2020, Januari 29). Perancangan dan Implementasi Alat Penghitung Roti Otomatis Menggunakan Arduino Uno dan Modul Sensor Infrared. Jurnal Media Informatika Budidarma. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=ncic-zQAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&citation_for_view=ncic-zQAAAAJ:_kc_bZDykSQC

Susandra. (2012). http://eprints.polsri.ac.id/2386/3/BAB%20II.pdf

Sobri, M. et al. (2017). Pengantar Teknologi Informasi - Konsep dan Teori. Yogyakarta: ANDI.

Suyanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tin dakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Dirjen Dikti.

Depdikbud. (2015). Permendikbud No. 45 tahun 2015. Perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 68 tahun 2014 bahwa peran guru teknologi informasi dan komunikasi dan guru keterampilan komputer dan pengelolaan informasi dalam implementasi kurikulum 2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.