Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Inka Pantow

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dari pada pembelajaran dengan metode ekspositori/konvensional pada kelas VII-A di SMP N 1 Tompaso tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus tindakan. Setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan dalam pembelajaran. Data aktivitas siswa diperoleh melalui observasi atau pengamatan selama proses pemberian tindakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (62,50%), siklus II (87,50%). Rata-rata aktivitas belajar siswa tiap siklus meningkat yaitu siklus I (66,67%), siklus II (91,67%).

Full Text:

PDF

References

Anni, Catharina Tri. 2005. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.

Arifin, Zainal. 1991. Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto Suharsimi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, Jakarta.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Hermawan Hendy. 2006. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV Citra Praya.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. USA: The Jhons Hopkins University.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Azyumardi Azra, Tradisidan Modernisasi Menuju Melenium Baru, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 2002)

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Sinar Baru Algensindo

Suharno. 2008. Teori Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.